Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami,- Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami www.jamuobatherbal.com yang selalu setia memberikan berbagai informasi tips dan kesehatan terkini. Kali ini kami akan memberikan tips cara menghilangkan komedo serta mengetahui penyebabnya.

Wajah anda penuh dengan komedo? Meskipun memiliki ukuran kecil, namun sumbatan sebum ini membuat kulit tampak berminyak dan kusam sehingga membuat penampilan menjadi tidak percaya diri terutama wanita.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

cara menghilangkan komedo

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang tergolong ringan, berbentuk benjolan kecil pada permukaan kulit wajah dan berwarna hitam maupun putih.

Menurut penelitian Suryadi RM Tahun 2008 dalam Jurnal Medika Indonesia, Prevalensi acne vulgasir pada wanita berusia 14-17 tahun mencapai 83-85%. Selain itu, pada pria berumur 16-19 tahun hampir 100% terkena acne vulgaris, beragam keluhan speerti timbul komedi, nodus, pustula, hingga papula. Meskipun komedo bukan termasuk penyakit yang berbahaya namun jika komedo dibiarkan, lama kelamaan akan berubah menjadi jerawat.

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Namun sebelumnya, anda harus mengetahui apa sih penyebab timbul komedo diwajah?

Penyebab Timbulnya Komedo Diwajah

Biasanya komedo jika dipencet akan terasa sakit bahkan mengeluarkan nanah, dan komedo sendiri terjadi saat ada sumbatan sebum dipori-pori kulit yang terdapat folikel rambut yang berbentuk bintik kecil dengan berwarna putih ataupun gelap.

Bermacam-macam penyebab timbulnya komedo mulai dari masalah hormonal hingga gaya hidup. Berikut ini ada beberapa penyebab utama timbulnya komedo, antara lain:

  • Malas mencuci wajah

Bebas dari sumbatan sebum bukan berarti terhindar dari komedo, debu dan kotoran yang menempel dikulit bisa jadi penyebab timbulnya komedo, pori-pori wajah akan tersumbat jika anda malas mencuci wajah.

  • Produksi sebum yang berlebih

Wanita maupun pria tentu memiliki hormon androgen. Meningkatkan produksi sebum karena jumlah hormon androgen yang berlebihan yang dapat menyebabkan penyumbatan pada folikel rambut dibawah kulit sehingga timbul komedo.

  • Penggunaan kosmetik

Jika anda suka memakai kosmetik berhati-hatilah karena penggunaan beberapa jenis alat rias dapat menyebabkan timbulnya komedo, speerti bedak, foundation, dan pelembab yang padat. Penggunaan kosmetik memang menjadi kebutuhan setiap hari terutama wanita, maka imbangilah dengan rajin mencuci wajah dan jangan tidur dalam kondisi wajah masih penuh riasan.

  • Sindrom pramenstruasi (PMS)

Produksi hormon estrogen dan progesteron menjelang menstruasi akan berkurang. Tetapi hormon androgen menjadi muncul sehingga merangsang aktivitas kelenjar sebum, hal ini secara bertahap menjadi penyebab timbulnya komedo.

  • Mengkonsumsi makanan berlemak

Pola makan yang tidak baik menjadi pemicu timbulnya komedo. Jika anda sering mengkonsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan produksi minyak dalam tubuh seperti makanan gorengan, keju, atau cokelat.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Selain aman, perawatan wajah dengan bahan-bahan alami tidak akan membuat kulit teriritasi atau alergi.

Agar anda bisa memiliki wajah bebas dari komedo tanpa perlu merasakan sakit, berikut dibawah ini penjelasannya.

  • Cara menghilangkan komedo dengan Masker madu

Sejak ratusan tahun madu sudah sering digunakan sebagai masker karena zat antibakteri yang terkandung pada madu dapat menghilangkan komedo secara cepat, sehingga anda bisa menjadikan madu sebagai masker alami agar nutrisinya terserap sempurna oleh kulit wajah.

  • Cara menghilangkan komedo dengan Masker putih telur

Kandungan asam amino tinggi yang terkandung pada putih telur dapat menutupi pori-pori secara bertahap dan mengurangi produksi sebum. Selain mengandung asam amino, putih telur juga mengandung asam folat yang sangat baik untuk menghaluskan kulit.

  • Cara menghilangkan komedo dengan Masker pepaya

Pepaya buah yang memiliki kandungan papain yang sangat efektif bekerja dalam mengangkat sel-sel kulit mati dan kandungan enzim proteotilitik yang dpaat menghilangkan komedo.

Untuk membuat masker, lumatkanlah pepaya terlebih dahulu lalu oleskan keseluruh wajah yang berkomedo kemudian diamkan selama 15 menit. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang optimal, maka lambat laun komedo diwajah anda akan berkurang.

  • Cara menghilangkan komedo dengan Gel lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki kandungan asam folat dan vitamin E yang bermanfaat untuk melembabkan kulit dan juga menghilangkan komedo diwajah.

  • Cara menghilangkan komedo dengan Teh hijau

Jika anda sering minum teh hijau dipagi hari , jangan lupa sisihkan ampasnya karena ampas teh hijau memiliki kandungan vitamin C, E dan antioksidan didalam teh ini dapat mengontrol produksi sebum dan salah satu cara menghilangkan komedo paling efektif, sehingga ampas ini cocok untuk dijadikan masker.

Itulah informasi mengenai penyebab dan cara menghilangkan komedo secara alami. Anda harus mengatur pola makan dan istirahat supaya komedo tidak timbul kembali. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke sosial media yang ada dibawah ini yaa.. Terimakasih.

Tags: