Cara Mengobati Penyakit Croup Pada Anak

Cara Mengobati Penyakit Croup Pada Anak,- Selamat datang bagi anda yang berkunjung di website informasi penyedia artikel kesehatan yaitu wwwjamuobatherbal.com. Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan  membahas artikel tentang cara mengobati penyakit croup pada anak. Croup sering terjadi pada anak-anak serta balita, jadi buat anda para orang tua yang belum mengetahui apa penyakit croup itu? serta bagaimana gejala, penyebab dan pengobatannya?

Silakan untuk menyimak penjelasan artikel dibawah ini!!

Cara Mengobati Penyakit Croup Pada Anak

Cara Mengobati Penyakit Croup Pada Anak

Penyakit croup merupakan suatu infeksi pernapasan yang sering menyerang saluran pernafasan anak serta bayi yang baru berusia enam bulan. Penyakit ini terjadi disebabkan adanya pembengkakan atau iritasi pada laring (kotak suara), trakea (batang tenggorokan) dan bronkus (saluran udara ke paru-paru) sehingga bisa menyebabkan batuk parah. Croup ini sendiri masuk kedalam jenis penyakit menular, apalagi dimulai pada hari pertama anak anda terserang penyakit croup, atau diwaktu saat demam pada anak anda menghilang.

Penyebab Penyakit Croup

Penyebab penyakit croup pada anak sering disebabkan adanya virus seperti parainfluenza RSV, adenovirus, influenza dan campak yang tersebar lewat udara yang mana telah terkontaminasi oleh batuk dari orang yang menderita penyakit tersebut. Partikel virus ini mungkin bertahan pada mainan serta benda lainnya.

Selain itu, infeksi bisa terjadi ketika anak anda menyentuh mainan serta benda lainnya yang telah terkontaminasi lalu kemudian menyentuh mata, mulut atau hidunya. Penyakit croup juga bisa disebabkan oleh alergi, asam lambung tinggi dan menghirup sesuatu yang bisa mengganggu saluran nafas anda.

Gejala Penyakit Croup Pada Anak

Berikut gejala yang akan muncul jika anak anda terserang penyakit croup:

  • Batuk keras seperti menggonggong
  • Pilek
  • Suara serak disertai suara napas yang kasar
  • Demam

Gejala akan lebih parah ketika anak anda berbaring disertai menangis. Selain itu gejala croup juga akan lebih terasa di malam hari.

Pengobatan Penyakit Croup Pada anak

Secara umum dari sebagian kasus penyakit croup pada anak bisa diatasi di rumah, dengan cara memberikan anak/balita anda minum banyak air putih atau ASI agar mencegah terjadi dehidrasi. tetapi bila gejala anak masih bertahan lebih dari 3 atau 5 hari atau semakin parah, sebaiknya bawa anak anda kedokter anak agar dokter bisa meresepkan obat untuk membantu mengurangi peradangan di saluran pernapasan, yaitu obat jenis steroid (glukokortikoid). Adapun bila anak anda mempunyai riwayat masalah pernapasan maka anak anda perlu dirawat inap di rumah sakit, agar mendapatkan perawatan menggunakan adrenalin dan oksigen lewat masker.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi anda semua. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini di media sosial lainnya. Terimakasih

Tags: