Cara Mengobati Penyakit Xanthelasma – Gejala dan Penyebabnya

Selamat berkunjung di website https://jamuobatherbal.com, dimana situs yang memaparkan berbagai informasi tentang kesehatan. Untuk saat ini kami akan memberikan informasi tentang cara mengobati penyakit xanthelasma – gejala dan penyebabnya. Penyakit ini paling umum terjadi, terutama pada wanita usia paruh baya hingga usia senja. Untuk tahu lebih lanjut mari simak beberapa informasi di bawah ini.

Cara Mengobati Penyakit Xanthelasma - Gejala dan Penyebabnya

Cara Mengobati Penyakit Xanthelasma РGejala dan Penyebabnya 

Pengertian Penyakit Xanthelasma

Xanthelasma merupakan timbulnya plak kuning misal timbunan lemak di bawah ataupun di atas bagian kelopak mata, lebih umumnya di sudut mata atau chantus yang bisa bertumbuh sepanjang waktu. Gumpalan tersebut berposisi simetris di daerah kelopak mata yang dapat berbentuk semi padat, berkapur, serta berbentuk lembut. Gumpalan tersebut bisa muncul pada bagian atas serta pada bagian bawah sudut mata bagian dalam, pada bagian mata kanan sertabagian mata kiri. Meskipun penyakit ini tidak membahayakan, tetapi bisa menjadi suatu penyakit serius, misal penyakit jantung serta penyakit stroke. Penyakit ini juga membutuhkan bantuan medis untuk penanganannya karena tidak bisa hilang dengan sendirinya.

Penyebab Awal Penyakit Xanthelasma

Penyakit ini disebabkan oleh kelainan enzim yang terakumulasi di dalam sel kulit sehingga kolestrol jahat dalam darah terdorong keluar ke permukaan kulit serta membentuk gumpalan berwarna kuning seperti lemak atau lipid.

Berikut beberapa faktor yang mengakibatkan penyakit xanthelasma :

  • Rendahnya kadar kolestrol “baik” HDL dalam darah.
  • Memiliki riwayat penyakit kolestrol atau hiperkolestrolemia.
  • Memiliki penyakit sirosis bilier primer atau kerusakan pada saluran empedu hati.
  • Diabetes.
  • Tekanan darah tinggi.

Gejala Awal Penyakit Xanthelasma

Hal ini ditandai dengan timbulnya lipid atau lemak berwarna kekuningan yang terus berkembang didaerah kelopak mata. Gejala ini juga mempunyai kesamaan dengan penyakit kulit lainnya dan untuk orang yang menderitanya agar segera mendatangi dokter supaya bisa di diagnosa serta ditangani dengan efektif.

Diagnosis Penyakit Xanthelasma

Pertama, dokter akan memeriksa gumpalan yang ada pada kelopak mata, mulai dari warna serta ukurannya untuk mengetahui keberadaan penyakit tersebut. Lanjutkan untuk melakukan tes pemeriksaan tekanan darah, tes laboratorium serta tes kesehatan jantung, karena kondisi ini bisa dipicu oleh suatu kondisi lainnya.

Pengobatan Untuk Penyakit Xanthelasma

Meskipun penyakit ini tidak terlalu serius, tetapi sangat dianjurkan untuk melakukan pengobatan supaya lipid tidak terus berkembang serta menganggu pada penglihatan. Pengobatan ini dapat dilakukan melalui :

Mengubah Pola Hidup

  • Hal ini bertujuan untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta menekan perkembangan dari lipid.

Tindakan Bedah

  • Tindakan bedah ini dilakukan untuk mengangkat lapisan tersebut di daerah kelopak mata, juga besar sayatan yang dibutuhkan akan disesuaikan dengan kondisi lipid yang timbul.

Ada 2 cara mengobati penyakit xanthelasma selain melakukan tindakan bedah, yaitu dengan teknik cryotherapy serta electrodessication. Teknik cryotherapy dilakukan dengan suhu yang sangat dingin, sedangkan teknik electrodessication menggunakan gelombang listrik.

Selain cara-cara diatas ada juga cara mengobati penyakit xanthelasma lain seperti laser argon dengan menggunakan gas karbordiosida untuk menghancurkan lemak secara bertahap serta pasien diberikan suntikan anestsi lokal sebelum melakukan tindakan.

Setelah dokter mengobati dengan laser argon, dokter akan memberikan sebuah zat misal asam monokloroasetat, asam trikloroasetat, asam asetat diklorinasi, atau asam diklororoetat yang berfungsi untuk mematikan jaringan pada gumpalan agar tidak timbul efek samping seperti efek parut.

Dengan prosedur tersebut, tidak akan terlepas dari adanya risiko komplikasi. Contoh komplikasi yang mungkin terjadi diantaranya terjadi perubahan pada struktur kelopak mata, serta masalah pada pertumbuhan bulu mata.

Cara Pencegahan Penyakit Xanthelasma

Karena dampak awal terjadinya penyakit ini adalah kolestrol tinggi, oleh sebab itu cara mengobati penyakit xanthelasma dengan pencegahan utama yang harus dilakukan yaitu dengan pola makan serta mengkonsumsi obat-obatan menurut resep dokter secara rutin supaya kadar kolestrol tersebut berkurang. Selain untuk menurunkan kolestrol dapat juga membangtu menurunkan risiko terserang penyakit lainnya, seperti penyakit jantung atau stroke.

Demikian informasi dari kami seputar kesehatan terutama tentang cara mengobati penyakit Xanthelasma. Segera bagikan kepada sesama, sosial media, atau kerabat terdekat agar mereka dapat memahami tentang pengobatan, gejala dan penyebabnya serta bagi yang mengalami semoga segera diberikan kesembuhan amin. Semoga bermanfaat & Terima kasih.

Tags: