Cara Mengobati Virus Zika

Cara Mengobati Virus Zika – Gejala, Penyebab dan Pencegahannya,- Selamat datang bagi anda yang telah berkunjung di website www.jamuobatherbal.com, yang mana merupakan situs informasi kesehatan, adapun dikesempatan ini akan menjelasakan secara detail tentang virus Zika. Bagi anda yang belum mengetahuinya silakan simak penjelasan artikel dibawah ini.

Cara Mengobati Virus Zika Secara Alami

Virus Zika Merupakan Infeksi virus yang disebarkan melalui gigitan nyamuk spesiesAedes aegypti, jenis nyamuk ini juga yang dapat menularkan demam berdarah atau Virus dengue, demam kuning dan chikungunyah. Virus Zika sendiri dapat membawa dampak penyakit (Zika Zika) disease ataupun demam Zika (Zika fever). Jadi apa saja gejala, penyebab serta pencegahan terjadinya virus zika? dan bagaimana cara mengobati virus Zika? Berikut simak artikel kesehatan dibawah ini.

Cara Mengobati Virus Zika secara alami

Penyebab Virus Zika

Virus Zika merupakan suatu virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti dengan cara menggigit salah satu tubuh seseorang yang sudah terinfeksi virus zika kemudian menularkannya ke seseorang yang sehat atau yang belum terinfeksi. Seseorang yang tergigit oleh nyamuk ini akan menyebabkan sakit ringan yang sering dikenal dengan demam zika atau penyakit zika.

Virus Zika juga dapat ditularkan bukan hanya melalui gigitan nyamuk saja, virus Zika juga dapat ditularkan melalui seorang ibu yang terinfeksi virus lalu menyebar kedalam janin kandungannya. Ibu hamil yang terinfeksi virus Zika beresiko keguguran serta dapat mengakibatkan anak lahir dengan mikrosefali, dimana lingkar kepala lebih kecil dari kondisi normal karena otak tidak berkembang dengan baik di dalam kandungan atau berhenti tumbuh ketika lahir. Sedangkan infeksi virus Zika belum pernah ditemukan penularannya melalui ibu menyusui, jadi dokter tetap membolehkan seorang ibu yang terinfeksi untuk menyusi bayinya. Saat ini mungkin belum ada obat yang bisa mengobati virus zika, maka dari itu kita harus sering menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita agar terhindar dari virus zika serta nyamuk  Aedes aegypti.

Virus Zika juga dapat di tularkan melalui proses tranfusi darah, hubungan seksual dan pergi ke daerah yang terinfeksi, tetapi untuk kasus ini jarang sekali terjadi. Bagaimana tanda gejala virus zika?

Gejala Virus Zika

Untuk gejala virus Zika dalam kebanyakan kasus orang yang terinfeksi virus ini sering kali tidak menunjukan gejala atau tanda terinfeksi sama sekali, biasanya untuk gejala akan bersifat ringan serta akan muncul 3 atau 12 hari setelah kena gigitan. Berikut Gejala-gejala umum virus Zika :

  • Seluruh badan terasa lemah dan lelah
  • Kepala sakit dan pusing
  • Nyeri sendi serta terjadi pembengkakan pada persendian
  • Nyeri otot
  • Demam
  • Mata menjadi merah (Konjungtivitis) atau peradangan kelopak mata

Untuk gejala ini biasanya akan terjadi selama beberapa hari. Mungkin untuk satu dari 5 orang yang terinfeksi virus ini akan merasakan sakit. Meskipun jarang sekali virus Zika ini dianggap sebagai kasus berat atau bahkan menyebabkan kematian. Untuk itu silakan anda simak, berikut cara mengobati virus Zika secara alami.

Cara Mengobati Virus Zika

Untuk saat ini belum ada obat-obatan yang dapat mengobati virus Zika dengan total atau membunuh virus Zika. Tetapi untuk pengobatan virus zika difokuskan untuk dapat mengurangi gejala yang di rasakan pasien. Berikut beberapa penanganan yang bisa dilakukan :

  • Perbanyak minum air mineral untuk mencegah dehidrasi dan kehilangan cairan yang berlebihan.
  • Istirahat yang cukup
  • Mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit dan demam seperti, paracetamol.
  • Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jenis obat aspirin atau obat nonsteroid anti peradangan lainnya (NSAID).

Bagaimana cara mencegah virus Zika?

Mungkin sampai saat ini belum ada pengobatan yang bisa mengobati virus zika sampai bisa sembuh total, untuk mereka yang terinfeksi jangan sampai menyerah tetap semangat, berusaha dan jangan lupa berdoa untuk kesembuhan. Sedangkan bagi yang tidak terinfeksi kami akan jelaskan cara pencegahan agar tidak terkena virus zika. Mencegah gigitan nyamuk merupakan salah satu tindakan pencegahan awal yang dapat dilakukan agar tidak terinfeksi virus Zika. Berikut beberapa caranya:

  • Memakai Baju yang lengan panjang serta celana panjang dan kaus kaki.
  • Menggunakan losion antinyamuk.
  • Ketika di dalam ruangan gunakan pendingin ruangan karena nyamuk tidak suka tempat dingin.
  • Selalu bersihkan bak mandi setiap minggunya serta tutup agar mencegah nyamuk tidak berkembang biak.
  • Selalu periksa barang yang kemungkinan menjadi genangan air seperti, pot bunga dan ember
  • Untuk membunuh larva nyamuk agar tidak berkembang biak, selalu taburkan bubuk larvasida di dalam penampungan air.

Apabila anda mempunyai bayi. berikut beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk melindungi bayi atau anak anda dari virus Zika :

  • Selalu pastikan bayi anda memakai baju yang bisa melindungi dari gigitan nyamuk.
  • Memasang kelambu anti nyamuk di tempat tidur bayi.
  • Untuk bayi atau balita yang belum berusia di bawah 2 bulan hindari pemakaian losion antinyamuk.

Ada beberapa cara mengobati virus Zika khusus bagi anda yang sering berpergian ke daerah yang memiliki riwat virus Zika, diantaranya :

  • Melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter sebelum pemberangkatan, kurang lebih dari 4-6 minggu.
  • Mencari informasi tentang fasilitas kesehatan yang tersedia di daerah yang rencananya anda kunjungi.
  • Melakukan pemeriksaan atau tes virus Zika sekembalinya anda dari daerah yang mempunyai riwayat penyebaran virus Zika.

Terimakasih telah menyimak informasi artikel kesehatan tentang Cara Mengobati Virus Zika, gejala, penyebab serta pencegahannya sampai selesai. Semoga apa yang telah disampaikan bisa bermanfaat. Jangan lupa untuk dibagikan kepada pengguna sosial media lainnya.

Tags: