Jamu Herbal Akantosis Nigrikans

Jamu herbal akantosis nigrikans dan gejala serta penyebabnya,- Selamat datang kembali di website jamu obat herbal yang merupakan tempat penjualan obat herbal. Tidak hanya itu, disini juga menyediakan berbagai informasi tentang kesehatan, penyakit dan pengobatannya. Dan kali ini akan membahas informasi tentang akantosis nigrikans, berikut dengan gejala, penyebab dan pencegahannya.

Jamu Herbal Akantosis Nigrikans

Jamu Herbal Akantosis Nigrikans Dan Gejala Serta Penyebabnya

Mengenal Akantosis Nigrikans

Jamu Herbal Akantosis Nigrikans,- Akantosis Nigrikans ialah suatu keadaan kulit saat satu atau lebih area kulit berubah warna menjadi warna gelap bahkan menebal. Penyakit ini bukan termasuk penyakit yang menular. Namun, kondisi ini bisa menjadi tanda gangguan kesehatan ringan sampai berat. Bagian kulit yang terserang akantosis nigrikans yaitu leher, ketiak, siku, lipat paha, lutut, telapak tangan, buku-buku jari, telapak kaki dan bibir.

Jenis-jenis Akantosis Nigrikans

Jamu Herbal Akantosis Nigrikans,- Ada 9 jenis akantosis nigrikans yaitu diantaranya:

  • Obesity associated akantosis nigrikans adalah jenis akantosis nigrikans yang paling umum. Obesity associated akantosis nigrikans ini lebih sering terjadi pada orang dewasa. Jenis ini berhubungan dengan berat badan yang berlebih.
  • Syndromic akantosis nigrikans adalah jenis akantosis nigrikans yang berhubungan dengan berbagai sindroma seperti akromegali, gigantisme, syndrome, lupus erythematosus, prader-willi dan lain-lain.
  • Akral akantosis nigrikans adalah jenis akantosis nigrikans yang sering ditemukan pada orang yang berkulit gelap dan juga orang yang berketurunan ras afrika.
  • Unilateral akantosis nigrikans adalah jenis akantosis nigrikans yang dipercaya diturunkan secara autosomal dominan. Lesi kulit ini kerap ditemukan pada sisi tubuh.
  • Generalized akantosis nigrikans adalah jenis akantosis nigrikans yang jarang ditemukan.
  • Familial akantosis nigrikans adalah jenis akantosis nigrikans yang diturunkan secara autosomal dominan.
    Drug induced akantosis nigrikans adalah jenus akantosis nigrikans yang jarang ditemukan. Jenis ini bsia dipicu oleh obat seperti insulin, diethylstilbestrol dan kortikosteroid sistemik.
  • Malignant akantosis nigrikans adalah kondisi yang berkaitan dengan kanker.
  • Mixed type akantosis nigrikans adalah campuran dari berbagai tipe diatas.

Penyebab Akantosis Nigrikans

Jamu Herbal Akantosis Nigrikans,- Penyebab akantosis nigrikans belum diketahui pasti, namun ada beberapa hal dan kondisi yang menyebabkan akantosis nigrikans diantaranya:

  • Obesitas
  • Resistensi insulin
  • Penggunaan obat-obatan dan suplemen sepeti obat kontrasepsi oral, kortikosteroid.
  • Kelainan hormon
  • Kanker
  • Kelainan kelenjar hipofisis pada otak

Gejala-gejala Akantosis Nigrikans

Jamu Herbal Akantosis Nigrikans,- Ada beberapa gejala akantosis nigrikans yang harus diketahui yaitu diantaranya:

  • Area kulit berwana abu-abu kecoklatan
  • Lipatan-lipatan kulit menghitam dan menebal. Bahkan kondisi kulitnya kering, kasar dan terasa gatal.

Pengobatan Akantosis Nigrikans

Tidak ada pengobatan khusus untuk penderita akantosis nigrikans. Pengobatan umumnya untuk menangani penyebab akantosis nigrikans. Bila akantosis nigrikans disebabkan oleh kelainan hormon maka penanganannya adalah dengan mengkonsumsi obat untuk memperbaiki level hormon di dalam tubuh.

Bila mengidap diabetes, maka penanganannya adalah dengan obat-obatan yang dapat menurunkan gula darah. Menurunkan berat badan bila akantosis nigrikans disebabkan oleh obesitas. Namun, untuk pengidap penyakit kanker maka penanganannya adalah operasi, kemoterapi dan radioterapi.

Selain itu, ada beberaa jenis penanganan lainnya yaitu dengan krim antibiotik, krim pencerah wajah, sabun antibakteri, obat jerawat yang diminum dam terapi laser.

Tips Pencegahan Akantosis Nigrikans

Jamu Herbal Akantosis Nigrikans,- Setelah megetahui pengobatannya secara medis, maka ketahui juga pencegahannya. Dan cara pencegahannya adalah dengan mencegah penyebabnya. Berikut adalah cara pencegahannya:

  • Mengurangi berat badan yang berlebih dengan cara olahraga teratur dan menjalani pola makan yang baik.
  • Mengganti obat-obatan yang bisa memicu timbulnya akantosis nigrikans. Namun, dalam penggantian obat anda harus konsultasi pada dokter.

Itulah informasi tentang akantosis nigrikans lengkap dengan gejala, penyebab, pengobatan dan pencegahannya. Bila anda mengalami gejala akantosis nigrikans seperti kulit menghitam dan menebal, maka sebaiknya periksakan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sedini mungkin.

Tags: