Jamu Herbal Herpangina

Jamu herbal herpangina serta penyebab dan gejalanya,- Selamat datang kembali di website jamu obat herbal. Sama seperti sebelum-sebelumnya yang selalu memberikan informasi tentang kesehatan, penyakit dan pengobatan. Dan kali ini pun akan memberikan informasi tentang penyakit yaitu penyakit herpangina serta penyebab dan gejala-gejalanya.

Jamu Herbal Herpangina

Jamu Herbal Herpangina Serta Penyebab Dan Gejalanya

Jamu herbal herpangina,- Herpangina ialah penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditandai dengan gejala adanya ulkus kecil di langit-langit mulut seperti lepuhan. Selain itu, gejala lainnya herpangina yaitu sakit leher, demam, sakit tenggorokan dan sakit kepala. Penyakit ini biasanya terjadi pada anak-anak. Oleh karena itu, bagi anda para orang tua harus mengetahui informasi tentang herpangina.

Penyebab Herpangina

Jamu herbal herpangina serta penyebab dan gejalanya,- Penyebab herpangina adalah kelompok A coxsackieviruses. Bisa juga disebabkan oleh kelompok virus lainnya yaitu kelompok B coxsackievirus, enterovirus71 dan echovirus.

Herpangina adalah salah satu jenis penyakit menular. Penularan virus yang menyebabkan herpangina melalui kontak dengan cairan yang keluar dari orang yang bersin atau batuk dimana orang tersebut sudah terinfeksi virus penyebab terjadinya herpangina. Selain itu, penularan pun bisa melalui kontak dengan kotoran yang telah terkonstaminasi oleh virus tersebut dan kontak dengan benda yang telah terkonstaminasi cairan bersin atau batuk yang telah terinfeksi virus.

Gejala-gejala Herpangina

Jamu herbal herpangina serta penyebab dan gejalanya,- Gejala yang dialami setiap penderita berbeda-beda. Dan berikut adalah gejala-gejalanya:

  • Sakit leher
  • Tiba-tiba demam
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Kesulitan menelan
  • Bengkaknya kelenjar getah bening
  • Berkurangnya nafsu makan

Sedangkan gejala herpangina pada bayi dan anak-anak adalah meneteskan air liur, muntah-muntah, timbulnya ulkus kecil di bagian belakang tenggorokan dan mulut. Ulkus kecil tersebut baisanya hanya berlangsung selama 7 hari, lalu sembuh dengan sendirinya.

Namun segera periksakan ke dokter, bila anda mengalami mulut kering, tubuh mudah lelah, demam tinggi tidak kunjung turun, luka di mulut, sakit tenggorokan. urine berwarna gelap, mata cekung dan mengalami penurunan kadar air mata.

Pengobatan Herpangina

Pengobatan herpangina adalah dengan pemberian obat-obatan seperti asetaminofen dan ibuprofen. Kedua obat ini bisa mengurangi rasa nyeri dan juga mengurangi demam. Selain itu, dokter akan memberikan anestesi topikal seperti lidokain dimana obat ini bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Penderira herpangina disarankan untuk penambahan asupan cairan.

Tips Pencegahan Herpangina

Jamu herbal herpangina serta penyebab dan gejalanya,- Bagi anda yang pernah atau belum pernah mengidap herpangina, sebaiknya lakukan pencegahan.Ada beberapa cara untuk mencegah herpangina yang disebabkan oleh virus yaitu:

  • Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan
  • Mencuci tangan setiap sesudah beraktivitas, menggunakan toilet dan sebelum serta sesudah makan. Oleh karena itu latih anak anda yang masih kecil untuk selalu cuci tangan.
  • Biasakan menutup hidung dan mulur saat bersin atau batuk

Itulah informasi tentang herbal serta penyebab, gejala, pengobatan dan pencegahannya. Karena penyakit ini rentan terjadi pada anak-anak bahkan bayi, maka bagi para orang tua harus mengetahui informasi tentang herpangina.

Tags: