Jamu Herbal Kriptorkismus

Jamu Herbal Kriptorkismus, Kelainan Pada Testis Bayi,- Selamat datang di website kesehatan kami, Jamu Obat Herbal. Kali ini penyakit yang akan kami bahas & ulas adalah mengenai Kriptorkismus.

Jamu Herbal Kriptorkismus,- Tahukah Anda penyakit Kriptorkismus? Kriptorkismus merupakan salah satu dari sekian banyak kelainan yang bisa terjadi pada bayi. Kriptorkismus sendiri merupakan kelainan pada testis bayi yang tidak turun ke dalam skrotum saat lahir. Bagaimana penjelasan dari kondisi tersebut? Berikut penjelasannya.

Jamu Herbal Kriptorkismus

Jamu Herbal Kriptorkismus, Kelainan Pada Testis Bayi

Apa itu Kriptorkismus?

Jamu Herbal Kriptorkismus,- Kriptorkismus merupakan kondisi dimana terjadi kelainan pada testis bayi. Kelainan disini yaitu testis tidak turun ke dalam skrotum saat lahir. Testis tumbuh di dalam rongga perut saat janin berkembang di dalam kandungan. Baru setelah dua bulan menuju proses persalinan, testis akan turun secara alami melalui saluran inguinal canal, lalu menempati skrotum.

Kriptorkismus lebih banyak terjadi pada kelahiran bayi prematur. Sebagian besar kasus Kriptorkismus yang terjadi, adalah testis yang tidak bisa turun menempati posisi seharusnya di skrotum pada waktu kurang lebih 3 sampai 6 bulan setelah kelahiran. Sedangkan untuk 1 persen penderitanya, testis masih berada di dalam rongga perut. Adapun tindakan penanganan Kriptorkismus dengan operasi adalah ketika bayi berusia 6 bulan.

Gejala dan Penyebab Kriptorkismus.

Jamu Herbal Kriptorkismus,- Sayangnya gejala dari Kriptorkismus belum dapat diketahui bahkan oleh para medis sekalipun. Namun sejumlah faktor risiko berikut ini diduga menjadi penyebab Kriptorkismus. Antara lain :

  • Kelahiran prematur.
  • Riwayat dalam keluarga.
  • Kelahiran dengan berat badan kurang dari normal (terlalu rendah)/
  • Mengalami gangguan pada janin dan menghambat pertumbuhannya, seperti masalah kesehatan Down Syndrome.
  • Terpapar zat pestisida.

Diagnosis dan Pengobatan Kriptorkismus.

Jamu Herbal Kriptorkismus,- Diagnosis dari Kriptorkismus dilakukan dengan perabaan pada testis. Jika pada saat pemeriksaan tidak teraba adanya testis, dokter kemudian akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan laparoskopi. Metode laraskopi dilakukan sebagai penunjang diagnosis, dan juga sebagai terapi. Akan tetapi dalam kasus tertentu tetap diperlukan tindakan operasi.

Pengobatan Kriptorkismus.

Bayi yang menderita Kriptorkismus, secepatnya akan dilakukan penanganan dengan penyuntikan Hormon Chrionic Gonadotropin (HCG) yang bermanfaat untuk merangsang proses turunnya testis sampai menempati Skrotum. Akan tetapi, terapi hormon tidak menjadi pilihan utama, karena keefektivitasnya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan penanganan melalui operasi.

Ada kasus di mana bayi tidak memiliki testis sama sekali, dan penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan implantasi testis. Sedangkan pada bayi yang masih memiliki satu testis yang sehat, bisa segera ditangani dengan bantuan terapi hormon. Hal tersebut cukup penting untuk mengingat kematangan secara fisik saat pubertas setelah anak tumbuh dewasa.

Sedangkan, untuk Jamu Herbal Kriptorkismus saat ini kami belum dapat memberikan rekomendasi yang tepat. Jadi, untuk itu kami menyarankan untuk segera dilakukan penanganan melalui medis. Dan ingat, tidak disarankan untuk melakukan diagnosis sendiri, sebab bisa jadi kondisi testis turun pada bayi bukan karena Kriptorkismus.

Semoga informasi diatas, bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan/share kembali artikel diatas bermanfaat. Salam sehat untuk Anda dan keluarga 🙂

Tags: