Jamu Herbal Nyeri Sendi Yang Mudah Dibuat Sendiri

Jamu Herbal Nyeri Sendi Pada Lutut, Leher, Dan Pergelangan Tangan,- Nyeri sendi bisa dialami oleh siapa saja. Persendian yang paling umum mengalami nyeri adalah sendi lutut, sendi leher, pergelangan tangan dan juga kaki.

Untuk hari ini, kami akan berbagi ulasan lengkap terkait dengan mekanisme nyeri sendi (terjadinya nyeri pada sendi), gejala, serta penanganannya menggunakan rekomendasi Jamu Herbal Nyeri Sendi dari bahan-bahan alami yang mudah di dapat. Jadi, jangan sampai melewatkan informasi penting berikut ini.

Jamu Herbal Nyeri Sendi

Jamu Herbal Nyeri Sendi Yang Mudah Dibuat Sendiri.

Nyeri sendi merupakan kondisi dimana rasa sakit muncul di bagian tubuh yang menjadi penghubung antar tulang. Contohnya yaitu lutut, pergelangan tangan maupun kaki, dan leher. Nyeri sendi pada bagian-bagian tubuh tersebut bervariasi dalam jenis sakitnya. Mulai dari sakit yang ringan, menengah, hingga berat yang menyebabkan penderitanya tidak dapat menjalani aktifitas secara normal seperti biasa.

Penyebab Nyeri Sendi Pada Umumnya.

Nyeri sendi dapat terjadi pada siapapun, entah mereka mengalami cedera ligamen, bursa, tulang rawan, otot tendon, atau pun pada tulang-tulang di sekitar sendi yang sakit. Nyeri sendi dikelompokkan ke dalam 2 jenis, yaitu nyeri yang hanya terjadi pada satu sendi, serta nyeri sendi pada beberapa sendi.

Penyebab nyeri sendi juga terbagi kedalam kategori yang lebih spesifik. Berikut di antaranya :

  • Inflamasi atau peradangan.

Merupakan reaksi tubuh terhadap kondisi tubuh tertentu. Biasanya terjadi ketika sel darah putih di dalam tubuh seseorang menyerang ‘benda asing’ seperti bakteri dan virus. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh menjadi demam. Inflamasi atau perangan ini juga termasuk proses yang terjadi saat seseorang menderita penyakit sendi artritis.

  • Efusi.

Efusi sendi terjadi saat terdapat cairan dengan jumlah yang tidak seperti biasanya. Cairan ini terakumulasi pada sendi serta jaringan di sekitarnya.

  • Terkilir (Dislokasi).

Kondisi dimana tulang ataupun sendi tidak berada pada tempatnya. Hal ini terjadi akibat cedera, deformitas genetik, hingga trauma.

  • Asam urat.

Asam urat menjadi salah satu kemungkinan penyebab lain dari nyeri sendi yang terkait dengan encok (gout). Asam ini merupakan bentuk / hasil dari purin, yang diketahui terdapat pada sejumlah jenis makanan termasuk Daging. Saat kita makan-makanan yang mengandung purin di dalamnya, tubuh kemudian akan menghasilkan pruin lebih banyak dan akhirnya membentuk kristal. Kristal ini nantinya dapat tersangkut diantara sendi dan membuat nyeri.

  • Penuaan.

Dengan semakin bertambahnya usia kita, tidak hanya kulit yang mengalami penuaan. Namun, pada tulang dan sendi akan menjadi aus dan rentan mengalami nyeri sendi.

Pengobatan Nyeri Sendi Dengan Jamu Obat Herbal.

Jika Anda tidak menjalani pengobatan nyeri sendi melalui medis, Anda bisa tetap membantu perawatan nyeri sendi dengan melalui cara herbal atau tradisional. Salah satunya dengan bahan-bahan alami berikut, yang bisa kita olah sendiri di rumah menjadi jamu obat herbal nyeri sendi.

Berikut adalah bahan-bahan ramuan jamu herbal nyeri sendi adalah :

  • Lidah buaya.

Jamu Herbal Nyeri Sendi

Banyak ramuan atau jamu herbal yang memilih lidah buaya dalam komposisinya. Tanaman yang satu ini memang cukup populer sebagai tanaman yang memiliki lendir / gel bermanfaat untuk kesehatan terutama rambut, kulit dll.

Adapun manfaat lidah buaya yang lain juga dikatakan dapat membantu pengobatan radang dan nyeri sendi. Hal ini berdasarkan kandungan utama pada gel lidah buaya yang terdiri dari Vitamin A, C, D dan E, asam folat, magnesium, kalsium serta zat besi yang sangat baik bagi penderita nyeri sendi.

Cara menggunakan lidah buaya sebagai jamu herbal nyeri sendi tidak diminum. Cukup dioleskan saja pada bagian sendi yang terasa sakit selama beberapa menit. Lakukan setiap hari.

  • Bubuk Kunyit.

Jamu Herbal Nyeri Sendi

Ramuan jamu herbal nyeri sendi yang kedua bisa dibuat dari bubuk kunyit. Kunyit sejatinya sudah dari dulu di kenal memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Jamu gendong yang biasa dijajakan oleh mbak penjual jamu juga berbahan dasar kunyit. Pada kunyit, ditemukan kandungan Curcumin, Minyak atsiri, serta antioksidan yang kuat dan bersifat antiinflamasi (anti peradangan).

Cara membuat jamu herbal nyeri sendi dari bubuk kunyit cukup mudah. Yaitu :

  • Siapkan bahan-bahannya yaitu bubuk kunyit dan minyak kelapa secukupnya.
  • Campurkan kedua bahan tersebut, dan aduk hingga hingga terbentuk pasta.
  • Oleskan pada area yang sakit selama beberapa jam atau hingga benar-benar kering.
  • Lakukan rutin setiap hari.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai nyeri sendi beserta rekomendasi pengobatannya dengan jamu herbal nyeri sendi. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini melalui sosial media berikut. Salam sehat!

Tags: