Jamu Herbal Penyakit Hirschsprung

Jamu herbal penyakit hirschsprung serta gejala dan penyebabnya,- Tidak hanya atresia ani yang merupakan kelainan bawaan pada bayi yang beru lahir, penyakit hirschsprung pun merupakan kelainan bawaan pada bayi yang baru lahir. Dan sebelumnya di website jamu obat herbal membahas tentang atresia ani, pada kesempatan kali ini akan membahas tentang penyakit hirschsprung.

Jamu Herbal Penyakit Hirschsprung

Jamu Herbal Penyakit Hirschsprung Serta Gejala Dan Penyebabnya

Jamu herbal penyakit hirschsprung,- Penyakit hirschsprung ialah kelainan bawaan yang biasanya diderita pada bayi yang baru lahir. Kelainan ini terjadi pada usus besar (kolon). Bayi yang mengidap penyakit ini seringkali mengalami sulit buang air besar. Penyakit ini 5 kali lebih sering ditemukan pada bayi berjenis kelamin laki-laki. Bahkan pernyakit ini pun terkadang disertai dengan kelainan bawaan lainnya seperti sondroma down.

Penyebab Penyakit Hirschsprung

Jamu herbal penyakit hirschsprung,- Hirschsprung terjadi karena adanya permasalahan pada persarafan usus besar paling bawah, mulai dari anus sampai usus diatasnya. Penyakit ini juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Bayi yang berjenis kelamin laki-laki mempunyai risiko terkena penyakit ini dibandingkan dengan bayi yang berjenis kelamin perempuan. Dan salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko mengalami penyakit hirschsprung adalah seseorang yang pernah mempunyai anak yang mengalami penyakit ini, anak-anak yang dileahirkan sesudahnya pun berisiko mengidap penyakit ini.

Gejala-gejala Hirschsprung

Jamu herbal penyakit hirschsprung,- Sama seperti atresia ani, penyakit hirschsprung menimbulkan gejala pada penderitanya. Dan berikut adalah gejalanya:

  • Muntah-muntah mengeluarkan cairan warna cokelat dan hijau.
  • Peruk membengkak
  • Hilangnya nafsu makan
  • Sembelit
  • Diare

Sedangkan gejala penyakit hirschsprung pada anak-anak yaitu:

  • Sembelit kronis
  • Perut kembung
  • Perkembangan terganggu
  • Sering merasa lelah
  • Mengalami pembengkakan di perut

Diagnosis Hirschsprung

Jamu herbal penyakit hirschsprung,- Ada beberapa pemeriksaan untuk mendiagnosis penyakit hirschsprung diantaranya:

  • Abdominal X-ray denganc aoram kontras
  • Mengukur kinerja otot di sekitar rektum
  • Mengambil sampel dari jaringan biopsi atau usus.

Bila sesudah melakukan pemeriksaan lalu anda atau si kecil mengidap penyakit hirschsprung, maka lakukan pengobatan sesuai saran dokter. Sebab bila penyakit ini tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka berpotensi menimbulkan komplikasi seperti infeksi usus parah atau disebut juga dengan enterokolitis.

Pengobatan Hirschsprung

Penanganan pada penderita penyakit hirschsprung adalah dengan operasi yaitu dengan operasi laparoskopi atau bedah minimal invasif lewat anus. Sebelum menjalani operasi, pasien tidak boleh mendapat asupan ASI dan mengkonsumsi makanan. Namun, sebagai gantinya, pasien diberi minuman atau makanan disalurkan lewat infus.

Anak-anak yang mengidap penyakit hirschsprung yang tergolong parah maka akan menjalani 2 tahap operasi yaitu stoma dan ostomy. Ada 2 tahap juga yang harus dilakukan dalam ostomy yaitu colostomy dan ileostomy. Sesudah operasi, perlahan-lahan pasien dapat melakukan buang air besar secara normal. Namun, sebagian dari pasien kemungkinan akan mengalami diare sesudah operasi.

Pemulihan Sesudah Operasi

Jamu herbal penyakit hirschsprung,- Sesudah operasi, pasien pun harus menjalani pemulihan dirumah sakit. Dan dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit pada pasien. Selain itu pasien juga akan mendapat asupan makan melalui infus hingga kondisi pasien membaik. Bahkan pasien juga harus mengkonsumsi banyak cairan selama masa pemulihan.

Pola Makan Bagi Penderita Penyakit Hirschsprung

  • Batasi konsumsi gula
  • Konsumsi makanan yang mengandung tinggi serat
  • Makan secara teratur 3 kali sehari

Demikian informasi tentang penyakit hirschsprung mulai dari penyebab, gejala, komplikasi, pengobatan dan pemulihannya. Karena penyakit ini diderita oleh bayi baru lahir, maka bagi anda para orang tua harus mengetahui informasi ini supaya bila anda menemukan gejala penyakit ini pada si kecil maka anda pun bisa langsung memeriksakannya pada dokter.

Tags: