Jamu Herbal Radang Gusi

Jamu herbal radang gusi dari tanaman tradisional,- Anda sedang mengidap radang gusi dan memilih cara alami untuk mengobatinya? Disini di website www.jamuobatherbal.com akan membahas tentang radang gusi dan pengobatannya. Untuk pengobatan radang gusi bisa dengan cara alami dan pengobatan yang kami rekomendasikan adalah dengan jamu herbal radang gusi dari tanaman tradisional.

jamu herbal radang gusi

Jamu Herbal Radang Gusi – Pengertian serta Faktor Risiko Dan Gejalanya

Mengenal Radang Gusi

Radang gusi atau disebut juga dengan nama gingivitis ialah peradangan pada gusi. Radang gusi adalah penyakit yang harus diobati, karena bila tidak diobati dengan benar dapat berkembang jadi periodontitis. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengidap radang gusi sebaiknya obati segera mungkin.

Penyebab dan Faktor Risiko Radang Gusi

Penyebab radang gusi ialah penumpukan plak. Dan berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena radang gusi diantaranya:

  • Kurang menjaga kesehatan mulut
  • Penggunaan gigi palsu dengan ukuran yang tidak pas
  • Kekurangan nutrisi
  • Orang yang menderita diabetes
  • Faktor usia
  • Infeksi akibat virus tertentu dan jamur
  • Orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang menurun seperti karena kemoterapi dan HIV

Gejala Radang Gusi

  • Gusi mengalami pembengkakan
  • Warna gusi menjadi merah tua
  • Gusi mudah mengalami perdarahan, biasanya terjadi ketika menyikat gigi
  • Bau mulut

Jamu Herbal Radang Gusi Dari Tanaman Tradisional

jamu herbal radang gusi dari tanaman tradisional

Alternatif lain untuk mengobati radang gusi secara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman tradisional. Berikut tanaman tradisional yang bisa dibuat sebagai jamu herbal radang gusi:

  • Kunyit

Kunyit bisa dibuat sebagai jamu herbal radang gusi. Sebab kunyit memiliki kandungan antioksidan dan antiradang yang mampu mengurangi radang, rasa nyeri dan juga pembengkakan.

Caranya: Sediakan 1/4 sendok teh kunyit, campurkan dengan air dan aduk sampai menjadi pasta. Lalu oleskan pasta kunyit tersebut pada area gusi yang bengkak. Diamkan selama 5 menit, lalu berkumurlah dengan air hangat. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

  • Lidah buaya

Selain kunyit, lidah buaya juga bisa dijadikan bahan alami sebagai jamu herbal radang gusi. Sebab lidah buaya memiliki kandungan anti-radang yang mampu meredakan radang. Selain itu juga memiliki kandungan anti-bakteri yang berfungsi mampu menghambat pertumbuhan plak penyebab bakteri di mulut.

Caranya: Sediakan lidah buaya, dan ambil gel nya. Lalu gosokkan gel lidah buaya pada gusi yang bengkak sampai pijat lembut gusi anda selama 1 hingga 2 menit. Lalu berkumur-kumur dengan air hangat. Lakukan cara ini beberapa kali sehari.

  • Bayam duri

Jamu herbal radang gusi dari bayam duri bisa anda racik sendiri untuk anda yang sedang mengidap radang gusi. Cara membuat ramuan tersebut sangat mudah yaitu bakar bayam duri diatas alas, tumbuk sampai halus dan oleskan ke area gusi yang meradang dan bengkak.

  • Krokot

Selain bayam duri, bahan alami yang bisa digunakan sebagai jamu herbal radang gusi adalah krokot. Cara membuatnya sangat mudah yaitu sediakan dahulu 200 tanaman krokot, cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air sampai airnya mendidih sampai tersisa 1 gelas saja. Angkat dan biarkan air rebusannya dingin. Bila sudah dingin, minum air rebusan tersebut.

  • Gambir

Bahan alami yang bisa bantu atasi radang gusi adalah gambir dan kunyit. Sediakan gambir 3 potong dan kunyit setengah ruas saja. Cuci kedua bahan tersebut, iris tipis-tipis dan rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Kumur-kumur dengan ramuan tersebut 3 kali sehari.

  • Daun sirih

Jamu herbal radang gusi dari daun sirih bisa anda buat bila memang anda memilih pengobatan radang gusi secara alami. Sediakan daun sirih, cuci bersih dan haluskan bersama garam. Tambahkan air secukupnya, lalu jadikan ramuan tersebut sebagai obat kumur. Kumur-kumurlah dengan ramuan tersebut 2 kali sehari di pagi dan menjelang tidur.

  • Minyak cengkeh

Cara mengobati radang gusi secara alami yaitu dengan minyak cengkeh sebab cengkeh memiliki kandungan anti bakteri. Campurkan minyak cengkeh dengan garam secukupnya dan oleskan ramuan tersebut pada area gusi yang meradang.

  • Sambiloto

Selain daun sirih, anda juga bisa membuat jamu herbal radang gusi dari tanaman sambiloto. Sediakan sambiloto, kunyit dan air jeruk nipis. Rebus semua bahan dengan air sampai mendidih. Saring dan ambil airnya. Bila sudah dingin, tambahkan dengan madu dan aduk sampai rata. Minum ramuan tersebut secara teratur.

  • Madu

Pengobatan radang gusi secara alami yaitu dengan madu. Oleskan madu pada gusi yang sedang meradang, bengkak dan nyeri. Lakukan cara ini 3 kali sehari.

  • Peppermint

Bahan alami selanjutnya yang digunakan sebagai jamu herbal radang gusi adalah peppermint. Sebab tanaman ini memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang berfungsi untuk meredakan peradangan juga bakteri.

Caranya: Sediakan daun peppermint, cuci bersih, kemudian tumbuk hingga halus. Masukan peppermint yang sudah ditumbuk tersebut ke dalam air dan rendam selama 30 menit. Gunakan ramuan tersebut sebagai obat kumur. Kumur-kumurlah dengan ramuan tersebut 2-3 kali sehari.

Demikian informasi tentang jamu herbal radang gusi dari tanaman tradisional. Setelah mengetahui tanaman tradisional apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi radang gusi secara alami. Maka bagi anda yang sedang mengidap radang gusi yang ingin dengan cara alami pengobatannya, maka anda bisa membuat ramuan diatas.

Tags: