Jamu Herbal Trakhoma

Jamu herbal trakhoma serta gejala dan pencegahannya,- Tidak hanya glaukoma dan katarak saja yang termasuk penyakit mata, trakhoma juga merupakan penyakit yang menyerang mata. Namun tahukah anda bagaimana gejalanya dan apa penyebabnya? Kali ini di website jamu obat herbal akan memberikan informasi tentang trakhoma serta penyebab, gejala dan tips pencegahannya.

Jamu Herbal Trakhoma

Jamu Herbal Trakhoma Serta Gejala Dan Pencegahannya

Jamu herbal trakhoma serta gejala dan pencegahannya,- Tidak hanya glaukoma dan katarak saja yang termasuk penyakit mata, trakhoma juga merupakan penyakit yang menyerang mata. Namun tahukah anda bagaimana gejalanya dan apa penyebabnya? Kali ini di website jamu obat herbal akan memberikan informasi tentang trakhoma serta penyebab, gejala dan tips pencegahannya.

Jamu herbal trakhoma,- Trakhoma ialah penyakit mata yang bisa menular. Penularannya bisa lewat kontak dengan penderita dengan memegang benda yang terpapar bakteri penyebab trakhoma. Biasanya trakhoma diawali dengan rasa gatal. Selain itu juga iritasi pada kelopak mata. Trakhoma bisa dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa,namun penyakit mata yang satu ini lebih umum menyerang anak-anak.

Penyebab Trakhoma

Jamu herbal trakhoma serta gejala dan pencegahannya,- Trakhoma adalah infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri chlamydia trachomatis. Bakteri ini bisa menyebabkan peradangan pada lapisan dalam dari kelopak mata dan juga bisa menyebabkan infeksi. Infeksi yang terus berulang tersebut dapat menyebabkan kelopak mata jadi terlipat ke dalam, bahkan pertumbuhan bulu mata pun ikut tumbuh ke dalam.

Bakteri yang menjadi penyebab terjadinya trakhoma bisa menginfeksi mata jika bertukar handuk atau pakaian dengan penderita trakhoma. Dan ada beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko penularan trakhoma yaitu kondisi lingkungan yang tidak bersih, penggunaan jamban bersama, tidak adanya air bersih dan populasi yang hidup dalam kemiskinan.

Gejala-gejala Trakhoma

Jamu herbal trakhoma serta gejala dan pencegahannya,- Sama seperti penyakit mata lainnya, trakhoma juga menimbulkan gejala. Berikut adalah gejala-gejala trakhoma:

  • Gatal-gatal ringan di mata dan kelopak mata
  • Terasa sakit pada mata
  • Mata menjadi bengkak
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Keluarnya cairan dari mata, cairna tersebut berupa nanah atau lendir
  • Meningkatnya detak jantung

Bila anda atau anak anda ataupun salah satu anggota keluarga anda mengalami gejala diatas, maka periksakan pada dokter. Untuk memastikan apakah keluhan yang anda alami tersebut merupakan gejala trakhoma atau gejala penyakit mata lainnya.

Pengobatan Trakhoma

Bila hasil pemeriksaan tersebut adalah anda terkena trakhoma, maka segera melakukan pengobatan. Ada beberapa pengobatan untuk penderita trakoma diantaranya pemberian obat antibiotik misalnya obat minum azithromucin atau salep mata tetracycline. Selain itu, pengobatan trakhoma pun bisa dengan bedah mata.

Komplikasi

Trakhoma harus segera diobati, karena bila tidak diobati bisa menyebabkan komplikasi serius seperti:

  • Kelopak mata melipat ke arah dalam dan bulu mata tumbuh ke arah dalam.
  • Jaringan parut pada kornea mata
  • Jaringan parut pada permukaan bagian dalam kelopak mata
  • Berkuranganya penglihatan sebagian atau hilang sepenuhnya

Tips Pencegahan Trakhoma

Jamu herbal trakhoma serta gejala dan pencegahannya,- Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan trakhoma diantaranya:

  • Biasakan untuk selalu mencuci muka dan tangan.
  • Kurangi populasi lalat, misalnya dengan mengelola pembuangan sampah.
  • Menjaga kebersihan lingkungan seperti menjaga sumber air bersih

Demikian sedikit informasi tentang trakhoma dari mulai penyebab, gejala, pengobatan dan tips pencegahannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan anda. Sehingga selain mengetahui informasi tentang katarak dan glaukoma, maka ketahui juga informasi tentang trakhoma.

Tags: