Jamu Herbal Varikokel

Jamu herbal varikokel serta gejala dan penyebabnya,- Penyakit reproduksi tidak hanya dialami wanita saja, namun juga dialami oleh pria. Dan salah satu penyakit reproduksi pada pria adalah varikokel. Mungkin bagi sebagian pria belum pernah mendengar informasi tentang varikokel. Bila belum pernah mendengar informasi varikokel, maka anda bisa berkunjung ke website jamu obat herbal yang akan memberikan informasi tentang varikokel.

Jamu Herbal Varikokel

Jamu Herbal Varikokel Serta Gejala Dan Penyebabnya

Jamu herbal varikokel,- Varikokel ialah suatu kondisi abnormal pada skrotum (kantung pembungkus testis), dimana terjadinya pelebaran atau pembesaran pembuluh darah balik (vena) yang mempengaruhi proses pembentukan serta kualitas sperma. Kondisi ini bisa terjadi di sisi kanan atau kiri skrotum. Namun, varikokel lebih sering terjadi pada skrotum bagian kiri dan kondisi ini terjadi pada masa pubertas.

Ada beberapa stadium pada penderita varikokel yaitu varikokel stadium 1, varikokel stadium 2 dan varikokel stadium 3. Varikokel stadium 1 ialah jenis varikokel yang tidak tampak gejalanya, kecuali melalui pemeriksaan dokter.

Varikokel stadium 2 ialah jenis varikokel yang ditandai dengan pembuluh darah vena menonjol dan berkelok-kelok saat diraba. Sedangkan varikokel stadium 3 ialah jenis varikokel yang bisa terlihat gejalanya. Dan gejalanya adalah mengalami pembengkakan pada kantung testis, bahkan bila dirasa akan terasa seperti ada gumpalan urat. Selain itu, akan terasa nyeri di sekitar organ reproduksi serta ukuran testis jadi mengecil.

Penyebab Varikokel

Jamu herbal varikokel serta gejala dan penyebabnya,- Penyebab varikokel belum diketahui pasti. Akan tetapi, para ahli menduga bahwa varikokel terjadi karena adanya kelemahan katup di pembuluh darah vena yang ada di skrotum. Selain itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi varikokel yaitu orang yang tinggi dan orang mempunyai berat badan berlebih.

Gejala-gejala Varikokel

Jamu herbal varikokel serta gejala dan penyebabnya,- Pada umumnya varikokel tidak menunjukan gejala. Walaupun demikian, tidak smeua penderita varikokel tidak menimbulkan gejala apapun, karena mungkin saja ada penderita yang mengalami gejalanya. Berikut adalah gejala-gejalanya:

  • Terasa nyeri di bagian kantong zakarnya, dan gejala ini bisa terjadi ketika penderita berdiri atau sedang melakukan aktivitas gfisik terlalu lama.
  • Terasa tidak nyaman seperti tertusuk-tusuk dan tertekan pada bagian skrotum.
  • Teraba ada benjolan di salah satu testis
  • Mengalami pembengkakan di daerah skrotum
  • Pembuluh darah vena yang terlihat jelas di kulit skrotum

Bagi pria yang sedang mengalami gejala diatas, sebaiknya memeriksakan diri anda pada dokter. Karena bila memang hasil pemeriksaan tersebut merupakan gejala varikokel, maka anda pun akan mendapatkan penanganan yang tepat.

Pengobatan Varikokel

Penanganan pada penderita varikokel harus dilakukan, bila varikokel menimbulkan gejala rasa nyeri, gangguan kesuburan, mengalami penyusutan testis dan mengalami ketidaknyamanan. Dan tindakan penanganan tersebut adalah dengan minum obat paracetamol untuk meredakan rasa sakit. Namun, jika dengan minum obat tidak membantu, maka penanganan kemungkinan dengan operasi seperti embolisasi dan operasi terbuka.

Komplikasi Varikokel

Jamu herbal varikokel serta gejala dan penyebabnya,- Gejala varikokel harus segera diobati, karena bila dibiarkan tanpa melakukan pengobatan dikhwatirkan menimbulkan komplikasi seperti:

  • Penyusutan testis
  • Kemandulan
  • Ketidaksuburan

Tips Pencegahan Varikokel

Jamu herbal varikokel serta gejala dan penyebabnya,- Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya pria terhindar dari varikokel diantaranya:

  • Hindari memakai celana ketat terlalu sering
  • Olahraga secara teratur
  • Makan makanan yang mengandung serat tinggi
  • Minum banyak air putih
  • Hindari minum minuman alkohol
  • Kurangi minum minuman kafein
  • Hindari duduk terlalu lama

Demikian sedikit informasi tentang varikokel serta penyebab, gejala, komplikasi, dan pencegahannya. Selain itu juga lengkap dengan pengobatannya. Supaya informasi kesehatan ini diketahui banyak pria, maka bagikan artikel kesehatan ini.

Tags: