Khasiat Akar Kuning Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Khasiat akar kuning yang luar biasa bagi kesehatan,- Akar kuning memiliki nama latin Arcangelisia Flava Merr. Tanaman ini sering dijadikan bahan pengobatan tradisional oleh masyarakat asli kalimantan. Karena tanaman ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga pengobatan tradisional. Namun tahukah anda apa saja khasiat akar kuning bagi kesehatan dan pengobatan? Dan di website jamu obat herbal kali ini akan membahas tentang kandungan serta khasiat akar kuning.

Sebutan nama akar kuning berbeda-beda disetiap daerah. Orang sunda menyebutnya nama ki koneng, didaerah jawa dikenal dengan nama sirawan, di maluku dikenal dengan nama daun bulan, malasyia dikenal dengan nama mengkunyit dan di thailand dikenal dengan nama suma atau abutra. Walaupun penyebutan nama akar berbeda-beda di setiap daerah, yang penting adalah mengetahui khasiat dan manfaat akar kuning dan memanfaatkan tanaman sebagai pengobatan tradisional.

Sama dengan tanaman lainnya, akar kuning memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan dan kandungan tersebut yaitu serat makanan, protein, kalsium, zat besi, karbohidrat, sodium, kalori dan vitamin C. Selain itu juga memiliki senyawa aktif yaitu bernama berberin yang berfungsi sebagai antikanker, antibakteri dan antimalaria.

Khasiat Akar Kuning Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Khasiat Akar Kuning Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

  • Mengatasi gangguan pernafasan

Khasiat akar kuning yaitu membantu mengatasi gangguan pernafasan seperti asma, alergi rhinitis dan lain-lain. Hal ini dikarenakan akar kuning memiliki sifat antiinflamasi.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Selain mengatasi gangguan pernafasan, khasiat akar kuning untuk kesehatan adalah membantu mengatasi gangguan pencernaan. Caranya sediakan dahulu akar kuning, kemudian rebus dengan air dan biarkan sampai mendidih. Minumlah airnya bila sudah dingin.

  • Mengatasi sembelit

Anda sedang mengalami sembelit? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman akar kuning. Rebus akar kuning dengan air dan biarkan sampai mendidih. Minumlah airnya bila sudah dingin.

  • Mengatasi diare

Tidak hanya mengatasi sembelit saja, akar kuning juga bermanfaat mampu mengatasi diare. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami diare dan mencari bahan untuk dijadikan pengobatan tradisional. Akar kuning bisa menjadi pilihan untuk anda.

Caranya: Sediakan tanaman akar kuning, rebus dengan air. Angkat dan ambil airnya. Minumlah ramuan tersebut bila sudah dingin.

  • Mengobati tukak lambung

Manfaat akar kuning bagi kesehatan selain untuk mengatasi diare adalah mengobati tukak lambung. Sehingga tidak hanya kunyit saja yang dijadikan bahan alami untuk pengobatan tukak lambung, akar kuning pun bisa digunakan sebagai pengobatan tukak lambung.

Caranya: Rebus tanaman akar kuning dengan air sampai mendidih. Angkat dan ambil airnya. Dan jadikan minuman ini sebagai teh.

  • Memperkuat daya tahan tubuh

Khasiat akar kuning bagi kesehatan adalah memperkuat daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam meningkatkan serta memperkuat daya tahan tubuh.

Khasiat akar kuning lainnya yaitu menurunkan kadar kolesterol tinggi, melancarkan sirkulasi darah, mengobati wasir, mengurangi gejala nyeri sendi dan masih banyak lagi. Sehingga tak heran banyak produk herbal yang berkomposisikan akar kuning. Dan salah produk herbal yang berkompisisi akar kuning adalah walatra sehat sendi.

Tags: