Khasiat Blustru Untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat Blustru Kaya Akan Kandungan Bermanfaat Untuk Kesehatan,- Blustru mungkin termasuk tanaman biasa saja yang pada umumnya tumbuh merambat di pagar rumah, di pantai dan di pinggir sungai. Namun siapa yang mengira jika tanaman yang satu ini memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan dan menjadi tanaman yang bermanfaat sebagai pengobatan tradisional terbaik untuk mengatasi Wasir.

Ingin tahu bagaimana selengkapnya tentang khasiat Blustru? Berikut ini kami hadirkan informasinya hanya untuk Anda pengunjung setia website Jamu Obat Herbal kami.

Khasiat Blustru

Khasiat Blustru Untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat Blustru,- Blustru termasuk tanaman semak (liar) yang biasanya ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini tumbuh merambat pada pohon lainnya, atau sengaja dirambatkan di pagar-pagar rumah. Blustru termasuk tanaman yang masih satu family dengan labu-labuan dan memiliki nama ilmiah yaitu Luffa ageyptica.

Kandungan Khasiat Blustru.

Blustru memiliki sejumlah kandungan alami di dalamnya yang terdiri antara :

  • Protein.
  • Xylan.
  • Lemak.
  • Saponin.
  • Cucurbitacin B.
  • Vitamin B dan C (pada getahnya).
  • Squalene.
  • A-spinasterol.
  • Minyak lemak.
  • Protein (pada bijinya).
  • Luffein / zat pahit.

Sedangkan khasiat Blustru sebagai obat tradisional diantaranya meliputi :

  • Mengatasi Wasir.

Penyakit wasir pada umumnya disebabkan oleh pola makan yang buruk. Tanaman Blustru dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit wasir.

Adapun cara menggunakannya adalah : Daun Blustru diiris-iris segenggam. Kemudian rebus dengan 8 liter air selama kurang lebih 10 menit. Gunakan airnya untuk berendam di bagian tubuh bawah Anda (yang terdapat wasir). Ulangi cara pengobatan tersebut hingga wasir membaik.

  • Meredakan Migrain.

Sakit kepala sebelah atau Migrain tentu sangat menyiksa bagi penderitanya, terlebih saat Migrain kambuh. Nah, Blustru dapat dimanfaatkan untuk mengatasi Migraine tanpa efek samping rasa kantuk dan jantung berdebar.

Caranya : Ambil akar Blustru sebanyak 150 gram. Cuci dengan air yang bersih dan kemudian potong- potong akarnya. Rebus bersama 3 gelas air, tambahkan 2 telur itik. Didihkan hingga air tersisa segelas saja. Setelah airnya menjadi dingin, segera diminum. Makan telurnya sampai habis.

  • Mengobati batuk.

Batuk membandel bisa diredakan dengan bunga Blustru. Caranya adalah : Siapkan 15 gram Bunga Blustru, lalu air cukup 3 gelas saja. Panaskan kedalam air hingga mendidih sampai beberapa saat. Tambahkan madu untuk menambah rasa manis, minum selagi hangat.

  • Meredakan sakit pinggang, pegal dan linu.

Saat seseorang menjalani aktivitas berat, sakit pinggang dan pegal-pegal pasti dapat terjadi. Anda bisa memanfaatkan Blustru untuk mengatasi keluhan tersebut.

Caranya : Gunakan segenggam biji Blustru. Kemudian, goreng tanpa minyak atau disangrai. Setelahnya biji Blustru mulai hangus, giling hingga hancur dan menjadi bubuk. Masukkan bubuk ini ke dalam botol kosong. Untuk menggunakan ramuan jamu herbal dari biji Blustru, Anda bisa menggunakan 10 gram bubuk tersebut dan tambahkan sedikit air. Aduk dan biarkan hingga mengendap, lalu minum airnya. Balurkan ampasnya pada pinggang yang terasa sakit.

  • Mengatasi sesak nafas.

Sejumlah penyebab sesak nafas diantaranya adalah batuk rejan, tersedak, saluran nafas yang tersumbat, keracunan karbon monoksida, dll. Untuk melonggarkan nafas, petiklah selembar pucuk daun Blustru. Lalu, panaskan di atas api kecil hingga layu. Setelah itu, makan daun ini sebagai lalapan. Lakukan cara ini di pagi dan sore hari.

  • Mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur termasuk salah satu masalah kesehatan yang sering dialami oleh wanita. Untuk membantu mengatasi kondisi tersebut Anda bisa memanfaatkan Blustru dengan cara tradisional.

Caranya : Ambil 4 jari buah Blustru, cuci sampai bersih, kemudian parut. Tambahkan sedikit garam dan ½ cangkir air matang, lalu remas. Campur keseluruhan bahan, peras lalu saring. Minum airnya 3 kali sehari.

Itu dia sejumlah Khasiat Blustru yang bisa dimanfaatkan mulai dari akar, daun dan keseluruhan dari tanaman. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa bagikan melalui sosial media dibawah ini ya!

Tags: