Khasiat Brotowali Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Khasiat Brotowali Untuk Pengobatan Dan Kesehatan,- Khasiat brotowali untuk kesehatan maupun pengobatan sudah diketahui banyak orang. Hanya saja mungkin masih ada belum berani memanfaatkan brotowali untuk pengobatan. Karena tanaman ini memiliki rasa yang sangat pahit. Bagian dari tanaman brotowali yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan adalah batang dan daunnya.

Kali ini di website www.jamuobatherbal.com tidak hanya membahas tentang khasiatnya saja, tapi juga kandungan yang ada pada brotowali. Sama dengan tanaman lainnya, brotowali juga mengandung zat kimia yang diperlukan tubuh seperti alkaloid, pati, damar lunak, kolumbina, glikosida, kokulin, kolumbin, berberin, palmatin, pikrotetosoid dan pikroretin.

Tidak hanya itu, brotowali juga mempunyai berbagai sifat seperti analgesik, antipiretik, antinoplastik, antidiabetik, antioksidan, imunologi, anti alergi dan lain-lain. Sifat analgesik yang ada didalamnya yaitu mampu meredakan rasa sakit. Antineoplastik yaitu mampu mencegah pertumbuhan tumor dan kanker. Sedangkan antidiabetik mampu membantu mengontrol kadar gula darah.

Khasiat Brotowali Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Khasiat Brotowali Untuk Pengobatan Dan Kesehatan Serta Cara Pengolahannya

  • Meredakan nyeri pinggang dan punggung

Khasiat brotowali sebagai pengobatan nyeri punggung dan pinggang adalah membantu meredakan nyeri punggung dan pinggang. Hal ini disebabkan karena brotowali memiliki sifat analgesik yang merupakan sebagai penghilang rasa sakit atau nyeri.

Cara mengolah dan penggunaannya yaitu sediakan brotowali, cuci bersih dan tumbuk sampai halus. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada punggung dan pinggang yang terasa nyeri.

  • Mengobati malaria

Khasiat brotowali untuk kesehatan adalah membantu mengobati penyakit malaria. Cara penggunaan dan pengolahannya yaitu rebus daun brotowali dengan air dan tambahkan mau, minum air rebusannya selagi hangat sebanyak 3 kali sehari.

  • Mengobati gatal di kulit

Teras agatal-gata di kulit? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan brotowali. Cara mengolahnya yaitu rebus beberapa lembar daun brotowali dengan air dan tambahkan dengan belerang. Kemudian berendamlah pada air hangat hasil rebusan daun brotowali tersebut selama 20 menit.

  • Mengobati rematik

Khasiat brotowali tidak hanya sebagai pengobatan sakit punggung saja, tapi juga sebagai pengobatan rematik. Bagian tanaman brotowali yang dimanfaatkan untuk rematik adalah batangnya.

Cara mengolahnya: Sediakan batang brotowali dan cuci bersih. Rebus dengan 1/2 gelas air dan biarkan hingga mendidih. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari.

  • Mengobati sakit kuning

Mengidap sakit kuning dan mencari pengobatan secara alami? obat sakit kuning tradisional dari brotowali bisa menjadi pilihan pengobatan alternatif untuk penderita sakit kuning.

Cara mengolahnya: Sediakan batang brotowali dan cuci bersih. Rebus dengan air sampai mendidih. Angkat dan biarkan sampai air rebusannya hangat. Tambahkan madu dan minum 3/4 air rebusan tersebut 2 kali sehari.

  • Membantu menurunkan demam

Anda sedang demam? atasi dengan cara alami yaitu dengan brotowali. Karena tanaman ini memiliki sifat antipiretik dan analgesik yang dapat menurunkan demam.

Cara mengola dan penggunaannya: Rebus batang brotowali sampai mendidih. Tambahkan madu secukupnya dan minum air rebusannya selagi hangat.

  • Mengobati diabetes

Selain dijadikan pengobatan rematik, khasiat brotowali juga bisa dijadikan sebagai pengobatan diabetes. Karena brotowali memiliki sifat antidiabetik mampu membantu mengontrol kadar gula darah. Sehingga cocok dijadikan pengobatan diabetes.

Cara mengolahnya: Sediakan bahan-bahannya yaitu batang brotowali, daun sambiloto dan daun kumis kucing. Cuci semua bahan kemudian rebus dengan air sampai mendidih. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari.

  • Mengobati penyakit kulit

Khasiat brotowali juga adalah untuk mengobati penyakit kulit. Sehingga brotowali bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan penyakit kulit.

Cara mengolahnya: Cuci bersih beberapa helai daun brotowali, tumbuk sampai halus dan campurkan dengan belerang serta minyak kelapa. Oleskan pada bagian kulit yang terkena scabies atau kudis.

  • Mengobati luka

Khasiat brotowali untuk kesehatan adalah untuk menyembukan luka luar. Cara pengolahan dan penggunaannya yaitu tumbuk daun brotowali sampai halus kemudian tempelkan pada kulit yang terkena luka. Cara yang kedua yaitu rebus batang brotowali sampai mendidih, angkat dan biarkan sampai dingin. Kemudian cuci luka tersebut dengan air rebusan batang brotowali.

  • Penambah nafsu makan

Tidak hanya temulawak tanaman yang bisa dijadikan obat nafsu makan. Brotowali pun bisa dijadikan obat nafsu makan tradisional. Minumlah air rebusan brotowali yang telah dicampurkan dengan madu.

Demikian informasi tentang khasiat brotowali bagi pengobatan dan kesehatan lengkap dengan cara pengolahannya. Bahkan masih banyak lagi khasiat brotowali. Ingat! bagian brotowali yang dimanfaatkan adalah batang dan daunnya bukan akarnya.

Tags: