Khasiat Cocor Bebek

Khasiat cocor bebek,– Cocor bebek adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari Madagaskar yang cukup populer di kalangan masyarakat, memiliki kandungan air yang berkhasiat untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan. Tanaman ini memiliki bentuk yang unik sehingga sering digunakan sebagai tanaman hias yang biasanya sering disimpan di depan rumah, dan memiliki rasa agak asam serta dingin saat dikonsumsi.

Bagian tanaman yang sering banyak digunakan sebagai bahan obat tradisional yaitu bagian daunnya karena didalamnya terkandung beberapa senyawa aktif yang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya biofilin, asam formniat, damar, zat lendir, kalsium oksalat, glikosida, dan tanin. Selain itu, karena tanaman ini banyak ditemui sehingga banyak masyarakat yang menggunakan cocor bebek sebagai bahan obat tradisional.

Khasiat Cocor Bebek Untuk Kesehatan hingga Kecantikan

khasiat cocor bebek

1. Melancarkan BAB

Salah satu penyebab susah buang air besar bisa karena terlalu sering duduk di kantor, tidak berolahraga, atau kurang zat serat dalam makanan. Khasiat cocor bebek bisa sebagai obat melancarkan BAB, caranya anda cukup menjemur beebrapa helai daun cocor bebek hingga kering, kemudian lumat hingga menyerupai bubuk, dan bubuk daun ini bisa dikonsumsi seperti kopi bubuk.

2. Membantu program diet

Daun cocor bebek memiliki beberapa kandungan yang mampu melancarkan protwin, karbohidrat, lemak, sehingga menjadi lebih baik.

3. Suplemen alami untuk tulang

Daun cocor bebek memiliki kandungan zat magnesium dan kalsium yang mampu membantu menjaga kesehatan tulang, dan sangat bagus jika dikonsumsi secara rutin.

4. Mengurangi gejala asma

Beberapa khasiat daun cocor berbek yang di rebus hingga lunak dan di makan dapat mengurangi gejala asma yang sedang kamuh sehingga anda tidak usah terburu buru pergi ke dokter.

5. Mengurangi efek radikal bebas ditubuh

Jika mengonsumsi daun cocor bebek secara rutin, maka anda sudah melakukan penecagahan alami pada efek radikal bebas dalam tubuh.

6. Dapat mengusir hama tanaman

Ternyata khasiat cocor bebek selain untuk kesehatan dan kecantikan, dapat mengusir hama tanaman dengan cara menggunakan air rebusan daun cocor bebek untuk menyiram tanaman seperti cabai, kemangi dan jeruk.

7. Menghilangkan bekas jerawat

Khasiat cocor bebek bida menghilangkan jerawat, dengan mencampurkan daun cocor bebek yang telah dilumatkan dengan air dan letakan dibekas jerawat sehingga mampu membantu dalam membersihkan bekas jerawat maupun flek hitam.

8. Mengobati demam ringan

Ragam khasiat daun cocor bebek yang lain dapat mengurangi demam ringan, dengan cara merebus daun cocor bebek dan minumlah secara rutin. Cocor bebekl mengandung vitamin dan zat yang ada didaunnya secara alami perlahan mampu menurunkan demam.

9. Meringankan sakit kepala

Daun cocor bebek mengandung asam citric, asam formiat, magnesium, kalsium, asam malat, dan gula alami yang mampu membantu mengobati sakit kepala. Anda cukup mengkonsumsi tanaman ini secara langsung setelah dimasak, untuk membuat penyerapan kandungan yang ada dalam cocor bebek terserap dengan baik.

10. Mengurangi muntah darah

Khasiat daun cocor bebek bisa menjadi pertolongan pertama saat ada seorang yang mengalami muntah darah, berkhasiat agar frekuensi muntah menjadi berkurang dengan cara meminum air sari daun cocor bebek yang telah direbus dan dihancuekan, serta bisa juga dicampur dengan gula merah lalu seduh dengan air hangat dan diminum secara rutin.

11. Mengurangi tingkat stress

Cocor bebek mengandung kandungan magnesium yang membuat otot menjadi lebih rileks dan regulasi jantung menjadi lebih lancar.

12. Bisa menjadi antiseptik luka

Cocok bebek memiliki sifat antiinflamasi yang mampu menghentikan pendarahan ringan secara alami karena air daun cocor bebek bisa menggantikan cairan sterilisasi untuk luka yang terbuka dikulit. Caranya cukup mudah, hancurkan daun cocor bebek yang telah dicuci hingga membentuk pasta, kemudian tambahkan sedikit air dan aplikasikan pada luka.

13. Mengobati nyeri lambung

Dapat menimbulkan rasa nyeri dibagian perut apabila pola makan anda tidak baik. Maka khasiat cocor bebek bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional dengan cara membelnder beberapa helai daun cocor bebek lalu campur dengan air, setelah menjadi jus cocor bebek , saringlah dan bisa anda minum ramuan tersebut secara rutin.

14. Mengurangi kemerahan pada wajah akibat jerawat

Sifat antiinflamasi dalam daun cocor bebek mampu membantu mengurangi kemerahan akibat jerawat secara perlahan. Caranya cukup mudah, haluskan daun cocor bebek lalu campur dengan air mawar.

15. Mengobati amandel

Rasa tidak nyaman saat memakan makanan saat amandel timbul, gejala amandel seperti sakit kepala, meriang, dan demam. Cara mengobatinya, meminum sari dari daun cocor bebek yang sudah dihaluskan maupun diblender.

Demikianlah pembahasan mengenai khasiat cocor bebek untuk kesehatan dan kecantikan , semoga bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan tubuh.

Tags: