Khasiat Daun Andong Merah

Khasiat daun andong merah bagi kesehatan dan pengobatan,- Andong merah adalah salah satu tanaman yang sering dijadikan sebagai hiasan taman atau pagar. Tanaman ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dan bagian dari tanaman ini dijadikan sebagai bahan obat herbal adalah daunnya. Khasiat daun andong merah bagi kesehatan cukup beragam, sebab mempunyai kandungan zat penting yang sangat diperlukan tubuh. Dan kandungan tersebut diantaranya polisakarida, streoida dan saponin.

Khasiat Daun Andong Merah

Khasiat Daun Andong Merah Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

  • Mengobati TBC

Khasiat daun andong merah adalah mengobati TBC. Sehingga bagi anda yang sedang mengidap penyakit TBC, anda dapat memanfaatkan daun andong merah. Caranya sediakan daun andong merah yang kering, rebus sampai airnya mendidih sampai airnya tersisa setengahnya. Lalu minum ekstrak rebusannya 3 kali sehari.

  • Mengobati batuk darah

Khasiat daun andong merah selanjutnya yaitu mengobati batuk berdarah. Cara mengolah daun andong merah dimanfaatkan sebagai obat batuk berdarah alami sangat mudah yaitu rebus daun andong merah kering dengan air hingga airnya mendidih sampai airnya tersisa setengah. Dan minumlah ekstrak rebusan daun andong merah tersebut 3 kali sehari.

  • Mengobati nyeri lambung

Salah satu khasiat daun andong merah untuk kesehatan adalah mengobati nyeri lambung. Sediakan akar, bunga dan daun andong merah. Rebus semuanya dengan air hingga airnya mendidih sampai airnya tersisa setengah. Minum air rebusannya 2 kali sehari bila sudah dingin.

  • Mengobati nyeri ulu hati

Selain mengobati nyeri lambung, khasiat lainnya dari daun andong merah yaitu mengobati nyeri ulu hati. Cara mengolah andong merah sebagai obat nyeri ulu hati alami sangat mudah yaitu rebus akar, bunga dan daun andong merah dengan air hingga airnya mendidih sampai airnya tersisa setengah. Angkat dan tunggu hingga dingin, lalu minum air rebusannya 2 kali sehari.

  • Mengatasi gangguan menstruasi

Menstruasi anda tidak lancar? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun andong merah. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu rebus daun andong merah yang masih segar, lalu ekstrak airnya dan minum air rebusanna 2 kali sehari.

  • Mengobati radang gusi

Khasiat andong merah bagi kesehatan adalah untuk mengoati radang gusi. Bagian yang digunakan dari tanaman ini yaitu kikisan kulit kayu andong merah. Campurkan kikisan kulit kayu andong merah dengan garam, lalu oleskan pada gusi yang sedang meradang.

  • Mengobati wasir

Khasiat daun andong merah juga dapat mengobati wasir secara alami. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengidap wasir manfaatkanlah daun andong merah. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan bahannya yaitu 3 helai daun andong merah dan 7 helai daun wungu. Cuci keduanya dan potong-potong. Lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas saja. Saring dan ambil sarinya lalu minumlah secara teratur.

  • Mengobati kencing berdarah

Selain mengobati wasir, khasiat daun andong merah juga untuk mengobati kencing berdarah. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 60-100 gram daun andong merah , cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa 2 gelas saja, Saring dan ambil airnya dan minumlah 2 kali sehari di pagi dan malam hari. 1/2 gelas setiap kali minumnya.

  • Mengobati disentri

Khasiat daun andong merah untuk pengobatan adalah mengobati disentri. Cara mengolahnya sangat mudah yaitu sediakan 90 gram daun andong merah yang sudah dikeringkan, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Saring dan ambil airnya. Lalu minum air rebusan tersebut 3 kali sehari dengan 1/3 gelas setiap kali minumnya.

Itulah beberapa khasiat daun andong merah untuk kesehatan maupun pengobatan. Setelah mengetahui kandungan dan khasiat dari daun andong merah. Maka manfaatkanlah daun andong merah tersebut sebagai obat tradisional.

Tags: