Khasiat Daun Beluntas

Khasiat daun beluntas untuk kesehatan,- Tahukah anda apa itu khasiat daun beluntas untuk kesehatan dan pengobatan? Pada dasarnya banyak orang yang telah mengetahui bentuk tanaman beluntas termasuk daunnya. Hanya saja kandungan dan khasiat daun beluntas belum diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal daun beluntas bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. Dan pemanfaatan daun beluntas dapat dijadikan sebagai obat herbal alternatif.

Daun beluntas memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Dan kandungan tersebut diantaranya fosfor, natrium, lemak, magnesium, minyak astiri, asam amino, alkaloid, flavonoid, tannin, kalsium, vitamin A dan C.

Khasiat Daun Beluntas

Khasiat Daun Beluntas Dan Cara Penggunaannya

  • Mengatasi asma

Khasiat daun beluntas untuk kesehatan adalah untuk mengatasi asma. Tidak hanya mengatasi asma, khasiat lainnya daun beluntas adalah mengatasi gangguan paru-paru. Cara mengolah dan penggunaan daun beluntas sebagai obat asma alami sangat mudah yaitu sediakan beberapa lembar daun beluntas serta batangnya, cuci bersih, dan rebus dengan air sampai mendidih. Angkat dan diamkan hingga dingin. Bila air rebusannya sudah dingin makan minumlah secara rutin.

  • Mengatasi demam

Manfaat daun beluntas bagi kesehatan adalah untuk mengatasi demam. Cara pengolahan dan penggunaannya sangatlah mudah yaitu rebus 15 gram daun beluntas dengan 1 gelas air hingga airnya mendidih. Angkat dan diamkan sampai air rebusannya agak hangat. Lalu minum air rebusan daun beluntas tersebut selagi hangat.

  • Mengobati perut kembung

Perut kembung adalah salah satu masalah pada pencernaan. Untuk mengatasinya bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman tradisional daun beluntas. Cara pengolahan dan penggunaannya sangat mudah yaitu rebus beberapa lembar daun beluntas hingga mendidih, angkat air rebusannya dan diamkan sampai dingin. Lalu minum air rebusan tersebut secara teratur.

  • Mengatasi TBC kelenjar leher

Untuk mengatasi TBC kelenjar leher secara tradisional yaitu dengan memanfaatkan tanaman daun beluntas. Cara pengolahan dan penggunaanya sangat mudah yaitu sediakan ekstrak daun beluntas dan batangnya, rumput laut dan gelatin dari kulit sapi. Tim semua bahan yang sudah disediakan tersebut, lalu konsumsi secara teratur.

  • Menghilangkan bau badan

Selain mengobati berbagai macam penyakit, khasiat daun beluntas juga dapat mengatasi masalah bau badan. Cara penggunaan daun beluntas sebagai obat penghilang bau badan alami yaitu konsumsi daun beluntas secara langsung yaitu sebagai lalapan.

  • Mengobati malaria

Khasiat daun beluntas sangat banyak dan salah satunya adalah mengobati malaria. Maka dari itu, bagi anda yang mengidap penyakit malaria manfaatkan tanaman tradisional daun beluntas bila memang anda memilih cara alami untuk mengobati malaria.

Sediakan 15 lembar daun beluntas, 5 lembar daun sembung, 1 genggam daun asam muda dan 3 lembar daun sirih. Cuci semua bahan hingga bersih, lalu rebus dengan 1 liter air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengah. Lalu minum air rebusannya bila sudah dingin, aturan konsumsinya yaitu 3 kali sehari.

  • Mengobati tekanan darah tinggi

Selain mengobati malaria, khasiat daun beluntas juga adalah untuk mengobati tekanan darah tinggi. Cara penggunaan daun beluntas sebagai pengobatan alami tekanan darah tinggi yaitu rebus daun beluntas dengan air secukupnya hingga airnya tersisa setengah. Lalu minum air rebusannya ketika sudah dingin, aturan konsumsinya yaitu 3 kali sehari.

  • Mengobati kista ovarium

Khasiat dari daun beluntas berikutnya adalah untuk mengobati kista ovarium. Maka dari itu, bagi anda yang mengidap kista ovarium manfaatkan daun beluntas bila pengobatannya ingin secara alami. Cara penggunaannya yaitu sediakan 4 tangkai pucuk daun beluntas dan 7 butir cengkeh. Rebus cengkeh dengan 5 gelas air hingga airnya mendidih dan tersisa 3 gelas. Lalu seduh daun beluntas dengan 3 gelas air rebusan cengkeh dan diamkan selama 15 menit. Saring, ambil airnya dan minumlah. Aturan konsumsinya yaitu 2 kali sehari 3 hari berturut-turut.

  • Menghilangkan bau mulut

Tidak hanya menghilangkan batu badan, khasiat lainnya dari daun beluntas untuk kesehatan adalah menghilangkan bau mulut. Cara penggunaannya yaitu konsumsi daun beluntas secara langsung. Cara kedua yaitu olah daun beluntas dengan cara direbus, lalu jadikan air rebusannya sebagai obat kumur.

  • Mengobati rematik

Anda sedang mengidap penyakit rematik? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman tradisional daun beluntas. Cara penggunaannya sangat mydah yaitu rebus daun beluntas dengan air hingga mendidih. Lalu minum air rebusannya selagi hangat.

  • Mengatasi gangguan menstruasi

Manfaat daun beluntas untuk wanita adalah untuk mengatasi gangguan menstruasi. Untuk mengatasi masalah ini, cara penggunaanya sangat mudah yaitu rebus 20 lembar daun beluntas dengan segelas air, tambahkan asam jawa dan garam secukupnya. Saring air rebusannya dan minumlah airnya 3 kali sehari, aturan konsumsinya yaitu 1 gelas setiap kali minum.

  • Meredakan pegal linu

Selain mengobati rematik, manfaat lainnya dari daun beluntas adalah untuk meredakan pegal linu. Cara penggunaan daun beluntas sebagai obat pegal linu alami yaitu rebus daun beluntas dengan air hingga airnya mendidih. Angkat dan diamkan hinggi dingin. Lalu konsumsi air rebusannya 3 kali sehari.

  • Mengobati sakit pinggang

Terasa sakit di pinggang? jangan langsung minum obat, tapi manfaatkan dahulu bahan alami disekitar kita. dan salah satu bahan alami yang bisa bantu atasi sakit pinggang secara alami yaitu daun beluntas. Rebus daun beluntas dengan air hingga mendidih airnya tersisa setengah. Lalu konsumsi air rebusannya secara teratur.

Masih banyak lagi khasiat lainnya dari daun beluntas. Setelah mengetahui beberapa khasiat daun beluntas untuk kesehatan dan cara penggunaannya. Maka anda pun bisa memanfaatkan daun beluntas yang bisa anda buat sendiri dirumah.