Khasiat Daun Johar

Khasiat daun johar untuk kesehatan,- Apakah anda pernah mendegar nama tanaman johar? Bagi sebagian mungkin akan terdengar asing dengan tanaman ini. Padahal tanaman ini dapat digunakan sebagai obat herbal yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Johar memiliki nama latin Senna siamea. Bagian dari tanaman ini digunakan sebagai jamu tradisional adalah kulit, akar, biji dan daunnya. Namun, kali ini akan membahas tentang khasiat daun johar.

Khasiat Daun Johar

Khasiat Daun Johar Untuk Kesehatan Yang Harus Diketahui

  • Mengobati malaria

Khasiat daun johar untuk kesehatan adalah mengobati malaria. Cara mengolah johar yang digunakan sebagai obat malaria alami yaitu sediakan dahulu 1 hingga 2 genggam daun johar, cuci bersih, rebus dengan air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengah. Minum air rebusan tersebut 2 kali sehari. Sehingga daun johar bisa anda manfaatkan bagi pengidap malaria yang memilih pengobatan malaria secara alami.

  • Mengobati kencing manis

Selain mengobati malaria, khasiat daun johar lainnya adalah untuk mengobati penyakit kencing manis. Cara penggunaan daun johar sebagai obat kencing manis alami yaitu sediakan segenggam daun johar, cuci bersih, rebus dengan segelas air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengahnya. Saring dan minum air tersebut 2 kali sehari. Sehingga bagi anda yang sedang mengidap kencing manis, tak ada salahnya untuk mencoba khasiatnya.

  • Mengobati diabetes

Manfaat daun johar untuk kesehatan adalah mengobati diabetes. Ada beberapa cara untuk mengobati diabetes dengan memanfaatkan daun johar yaitu cuci terlebih dahulu segenggam daun johar, lalu rebus dengan segelas air sampai airnya tersisa setengahnya. Saring dan minum air rebusan yang sudah disaring tersebut 2 kali sehari. Maka dari, bagi anda yang sedang mengidap diabetes manfaatkanlah daun johar tersebut sebagai obat diabetes alami.

  • Menyembuhkan peradangan

Khasiat lainnya dari daun johar untuk pengobatan adalah untuk mengobati peradangan. Sebab daun johar bersifat anti inflamasi yakni dapat menyembuhkan peradangan. Selain itu juga bersifat anti virus yang berfungai untuk membunuh virus serta kuman yang menyerang tubuh.

  • Mengatasi kulit gatal dan bernanah

Kulit terasa gatal-gatal dan juga bernanah? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman tradisional. Dan salah satu tanaman tradisional yang bisa bantu atasi kulit gatal dan bernanah adalah daun johar. Cara penggunaannya daun johar sebagai obat alami kulit gatal dan bernanah yaitu rebus 30 gram daun johar dengan air sampai airnya mendidih. Dan pastikan sebelum direbus cuci terlebih dahulu daun johar tersebut. Angkat air rebusannya dan biarkan sampai dingin atau hangat. Lalu basuh kulit yang gatal dan bernanah dengan air rebusan tersebut. Lakukan cara ini 1 hingga 2 kali sehari.

Meredakan penyakit asma

Khasiat daun johar bagi pengobatan adalah meredakan penyakit asma. Maka dari itu, bagi anda yang sedang mengidap asma, cobalah memanfaatkan daun johar sebagai obat asma alami.

Itulah beberapa khasiat daun johar untuk kesehatan dan pengobatan dan cara pengolahan serta penggunaannya. Masih banyak lagi khasiat dari dari daun johar yang harus anda ketahui. Dan setelah mengetahui khasiat dan manfaat daun johar, anda pun tak ada salahnya untuk memanfaatkan daun johar tersebut.

Tags: