Khasiat Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI Dan Kesehatan

Khasiat daun katuk untuk memperlancar asi dan kesehatan,- Daun katuk adalah salah satu tanaman yang mudah dijumpai di pekarangan rumah. Bahkan bisa anda beli di pasar bila anda tidak menanam tanaman tersebut. Bahkan khasiat daun katuk sudah diketahui banyak orang, termasuk ibu menyusui. Karena daun katuk memiliki manfaat yang baik bagi ibu menyusui yaitu mampu memperlancar ASI. Bahkan selain untuk memperlancar ASI, daun katuk juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Di website www.jamuobatherbal.com akan membahas dahulu tentang kandungan gizi daun katuk. Berikut adalah kandungan gizi yang terdapat pada daun katuk yaitu protein, klorofil, karbohidrat, serat kasar, tanin, zat besi, flavonoid, saponin, asam seskuiterna dan alkaloid papaverin. Selain itu juga memiliki vitamin A, B1, C dan K.

Khasiat Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI Dan Kesehatan

Khasiat Daun Katuk Untuk Memperlancar ASI Dan Kesehatan

  • Memperlancar ASI

Khasiat daun katuk bagi ibu menyusui adalah memperlancar ASI. Karena daun katuk mengandung alkaloid dan sterol yang dapat merangsang kelenjar susu untuk memproduksi ASI lebih banyak. Sehingga bagi ibu menyusui produksi ASI nya tidak lancar atau hanya sedikit maka konsumsi air rebusan daun katuk. Selain rebus, untuk mengolahnya juga bisa dijadikan sayur bening.

  • Mengatasi sembelit

Selain membantu memperlancar ASI, khasiat daun katuk juga mampu mengatasi sembelit. Bagi anda yang sedang mengalami masalah sembelit, atasilah dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun katuk.

Sediakan beberapa lembar daun katuk, cuci terlebih dahulu, kemudian rebus dengan air. Angkat dan biarkan dingin. Saring dan minum airnya.

  • Mengobati borok

Khasiat daun katuk selain untuk mengatasi sembelit juga dapat mengobati borok. Cara mengolah daun katuk untuk obati borok yaitu tumbuk daun katuk hingga halus, kemudian aplikasikan pada kulit yang borok.

  • Mengobati bisul

Selain borok, bisul juga bisa diatasi dengan daun katuk. Caranya tumbuk daun katuk sampai halus, kemudian tempelkan pada area yang terkena bisul. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami bisul dan memilih cara alami untuk mengobatinya. Maka anda bisa memanfaatkan daun kaatuk.

  • Memperkuat tulang

Khasiat daun katuk untuk kesehatan adalah sangat baik untuk kesehatan tulang juga memperkuat tulang. Hal ini dikarenakan daun katuk memiliki kandungan kalsium yang bermanfaat dapat menjaga kesehatan tulang serta memperkuat tulang.

  • Mengobati anemia

Khasiat daun katuk untuk pengobatan yaitu mengobati anemia. Sehingga bagi anda yang sedang mengidap anemia, manfaatkan daun katuk dengan cara di rebus kemudian minum air rebusannya selagi hangat dalam kondisi dingin.

  • Kesehatan mata

Selain bagus untuk kesehatan tulang, khasiat daun katuk juga bagus untuk kesehatan mata. Karena daun katuk memiliki kandungan vitamin A dan betakaroten yang tinggi yang dpat mencegah gangguan pada mata.

  • Meningkatkan sistem imun

Manfaat daun katuk untuk kesehatan adalah mampu meningkatkan imun tubuh. Karena daun katuk memiliki kandungan karbohidrat, kalori dan protein yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anda. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin meningkatkan sistem imun secara alami tanpa obat maka makanlah sayur bening daun katuk.

Cara mengolah daun katuk untuk kesehatan dan pengobatan

Cara mengolah daun katuk yaitu dengan cara direbus. Sediakan 300 gram daun katuk, cuci bersih dan rebus dengan 1 1/2 gelas air selama 15 menit. Angkat dan minum airnya selagi hangat atau bila sudah dingin.

Daun katuk juga bisa dijadikan lalapan, rebus terlebih dahulu daun katuk. Kemudian jadikan lalapan. Dan cara memanfaatkan daun untuk menjaga kesehatan, cukup diolah jadi sayur asam atau sup bening.

Masih banyak lagi khasiat daun katuk kesehatan lainnya. Setelah mengetahui beberapa khasiat dan manfaat daun katuk. Maka anda pun bisa memanfaatkan daun katuk untuk kesehatan, pengobatan bahkan untuk memperlancar ASI.