Khasiat Daun Kenikir

Khasiat daun kenikir untuk kesehatan dan pengobatan,- Daun kenikir adalah salah satu tanaman yang sering kita jumpai, karena daun kenikir sering diolah sebagai lalapan dan olahan sayuran. Padahal tanaman ini juga bisa digunakan untuk pengobatan, sehingga tanaman ini bisa anda buat menjadi ramuan jamu herbal. Hanya saja khasiat daun kenikir untuk kesehatan dan pengobatan tidak diketahui orang banyak.

Daun kenikir memiliki kandungan zat saponin, terpenoid, flavonoid, hidroksieugenol, polifenol, tokoferol, kuersetin, magnesium, kalsium, mineral dan antioksidan. Bahkan daun kenikir juga memiliki kandungan vitamin A, C dan E.

Khasiat Daun Kenikir

Khasiat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

  • Mengatasi bau mulut

Khasiat daun kenikir untuk kesehatan adalah dapat membantu mengatasi bau mulut. Sehingga bagi anda yang tidak percaya diri karena bau mulut, maka manfaatkan daun kenikir. Caranya cuci bersih terlebih dahulu daun kenikir, kunyah dan berkumur. Cara kedua yaitu diolah dengan cara direbus dengan air garam, jadikan ramuan ini menjadi obat kumur. Lakukan 2 kali sehari.

  • Meningkatkan nafsu makan

Daun kenikir juga berkhasiat meningkatkan nafsu makan. Sebab daun kenikir mempunyai kandungan senyawa kuersetin yang mampu meningkatkan nafsu makan. Jadikan daun kenikir tersebut sebagai lalapan. Konsumsi daun kenikir 3 kali seminggu.

  • Menguatkan tulang

Khasiat daun kenikir selanjutnya adalah untuk menguatkan tulang. Karena daun kenikir mempunyai kandungan kalsium, magnesium dan mineral untuk membantu pertumbuhan tulang. Konsumsilah daun kenikir secara langsung dalam bentuk lalapan. Cara lainnya yaitu diolah dengan cara direbus. Cuci bersih daun kenikir, rebus dengan air sampai airnya tersisa setengah dan saring. Ambil airnya dan tambahkan madu. Lalu minumlah ramuan tersebut.

  • Mengobati gondongan

Khasiat daun kenikir untuk penyakit gondongan adalah mampu meredakan peradangan akibat gindingan. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengidap gondongan, atasi dengan cara alami yaitu dengan daun kenikir.

Caranya: Sediakan daun kenikir, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Bila sudah halus, campurkan dengan cuka. Lalu oleskan ramuan alami tersebut pada area yang terasa sakit akibat gondongan, aturan pakainya yaitu 3 kali sehari.

  • Melawan kanker

Khasiat daun kenikir untuk kanker adalah mampu melawan kanker. Sebab daun kenikir memiliki kandungan terpenoid, flavonoid, saponin dan antioksidan yang mampu melawan kanker. Cara mengolah daun kenikir bagi penderita kanker yaitu rebus daun kenikir dengan air hingga airnya mendidih, angkat dan diamkan hingga dingin. Lalu saring dan minum air rebusan yang sudah disaring tersebut.

  • Mengobati lemah jantung

Selain melawan jenis kanker, khasiat daun kenikir untuk pengobatan adalah mengobati lemah jantung. Cara mengolah daun kenikir sebagai obat lemah jantung alami sangatlah mudah yaitu rebus 5 lembar daun kenikir dengan 250 ml air sampai airnya mendidih. Angkat dan biarkan dingin. Lalu minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

  • Mengobati asam urat

Manfaat daun kenikir tidak hanya dijadikan sebagai lalapan saja, tapi bermanfaat pula sebagai obat asam urat alami. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengidap asam urat serta memilih cara alami untuk mengobatinya. Maka atasi dengan daun kenikir.

Caranya mengolah daun kenikir sebagai obat asam urat alami yaitu sediakan daun kenikir, cuci bersih, lalu rebus dengan air sampai airnya mendidih. Angkat dan biarkan sampai dingin, Lalu minum air rebusan tersebut secara teratur.

Masih banyak lagi khasiat daun kenikir untuk kesehatan dan pengobatan serta cara pengolahan dan penggunaanya. Setelah mengetahui kandungan dan khasiatnya, maka manfaat daun kenikir sebagai obat tradisional.

Tags: