Khasiat Daun Kentut

Khasiat Daun Kentut(Paederia Scandens) Bagi Kesehatan,- Daun kentut memiliki nama latin Paederia Scandens. Daun kentut merupakan tanaman liar yang tumbuh di semak dan di pagar-pagar. Sehingga tanaman ini mudah ditemui. Tapi tidak banyak orang yang tahu tentang khasiat daun kentut. Padahal tanaman ini memiliki manfaat juga khasiat bagi kesehatan. Dan di website www.jamuobatherbal.com kali ini akan membahas tentang kandungan dan khasiat daun kentut.

Daun kentut dikenal dengan nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Orang sunda menyebutnya kahitutan, di jawa dikenal dengan nama kasembukan, di madura dikenal dengan nama bintaos dan kasembukan, di ternate dikenal dengan nama gumi siki, di sumatera dikenal dengan nama sembukan dan di china dikenal dengan nama ji shie teng.

Adanya manfaat dan khasiat daun kentut tidak lepas dari kandungan nutrisi dan gizinya. Tahukah anda apa saja kandungan yang ada pada daun kentut? Dan kandungan yang dimiliki daun kentut diantaranya alkaloid, fenol, flavonoid, terpenoid, physterol, asam lemak, minyak atsiri, friedelanol, sitosterol, asam ursolat, vitamin c dan masih banyak lagi.

Khasiat Daun Kentut

Khasiat Daun Kentut(Paederia Scandens) Bagi Kesehatan

  • Mengobati perut kembung

Khasiat daun kentut bagi kesehatan adalah untuk mengobati perut kembung. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami perut kembung yang ingin pengobatannya secara alami. Maka manfaatkan daun kentut.

Caranya sediakan 25 lembar daun kentuk, cuci bersih dan kukus. Dan konsumsi daun ketut yang sudah dikukus tersebut sebagai lalapan. Untuk pengobatan luar layukan daun kentut di atas api, lalu ikatkan pada bagian perut.

  • Mengobati herpes zooster

Khasiat daun kentut untuk pengobatan tradisional adalah untuk mengobati herpes zooster. Cara mengolah dan menggunakan daun kentut sebagai obat herpes zooster yaitu tumbuk daun kentut sampai halus, campurkan dengan sedikit garam. Dan aduk sampai merata. Kemudian balurkan pada kulit yang terkena herpes zooster.

  • Mengatasi kulit gatal

Kulit gatal adalah salah satu keluhan yang sering terjadi. Untuk mengatasi kulit gatal bisa engan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun kentut. Tumbuk daun kentut dan tambahkan sedikit garam, dan balurkan ramuan tersebut pada kulit yang terasa gatal.

  • Mengobati eksim

Eksim adalah salah satu penyakit kulit. Untuk mengobati eksim bisa dengan cara alami yaitu dengan menggunakan daun kentut. Cuci bersih daun kentut, dan tumbuk sampai halus. Kemudian tambahkan sedikirgaram dan aduk hingga tercmpur. Dan cara penggunaannya yaitu balurkan ramuan tersebut pada bagian yang eksim.

  • Mengobati mata bengkak

Khasiat daun kentut juga dapat mengobati mata bengkak. Cara penggunaan daun kentut sebagai obat tradisional untuk mata bengkak yaitu rebus daun kentut dengan sedikit air sampai airnya mendidih. Biarkan sampai air tersebut hangat, lalu bungkus daunnya dengan kain dan letakkan di atas mata yang bengkak dan sakit.

  • Mengobati sakit lambung

Mengobati sakit lambung secara alami tidak hanya dengan memanfaatkan kunyit saja. Tapi ada juga bahan alami lainnya yang mampu mengobati sakit lambung secara alami. Sediakan daun kentut, tumbuk hingga halus. Kemudian tambahkan sedikit air hangat dan garam dapur. Aduk sampai merata. Peras dan ambil airnya. Minum air perasan tersebut.

  • Mengobati sariawan

Selain mengobati sakit lambung, khasiat daun kentut juga adalah untuk mengobati sariawan secara alami. Sediakan 1 genggam daun kentut, 5 ruas kunyit dan 3 ruas rimpang temulawak. Tumbuk semua bahan dan rebus dengan air hingga mendidih. Lalu saring dan minum air rebusan tersebut saat masih hangat.

  • Mengobati disentri

Selain mengobati perut kembung,  manfaat sehat dari daun kentut adalah untuk mengobati disentri. Sediakan 15-60 daun kentut, cuci bersih dan tumbuk hingga halus hingga seperti bubur. Lalu tambahkan secangkir air matang dan 1-2 sendok teh garam. Aduk semuanya sampai tercampur, lalu saring dan ambil airnya. Minum ramuan tersebut sebelum makan.

Demikian informasi tentang kandungan dan khasiat daun kentut bagi kesehatan juga pengobatan tradisional. Masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan dari daun kentut tersebut. Setelah mengetahui khasiat yang luar biasa dari daun kentut. Maka Manfaatkan darun kentut untuk pengobatan tradisional, bila daun kentut tersebut ada disekitar anda.

Tags: