Khasiat Daun Legundi

Khasiat daun legundi bagi kesehatan dan pengobatan,- Apakah anda pernah memanfaatkan daun legundi sebagai tanaman obat tradisional? Sama dengan tanaman obat lainnya, daun legundi juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Hanya saja tidak banyak orang yang tahu tentang khasiat daun legundi. Padahal daun legundi bisa dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk obat herbal.

Daun legundi memiliki kandungan yang cukup kompleks diantaranya sterol, artemetin, casticin, minyak atsiri, casticin, tripenoid, viteksin, flaonoid dan masih banyak lagi. Sehingga tak heran banyak orang yang memanfaatkan daun legundi sebagai obat tradisional.

khasiat daun legundi

Khasiat Daun Legundi Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

  • Mengobati sesak nafas

Khasiat daun legundi untuk pengobatan adalah mengobati sesak nafas. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengidap sesak nafas obati sesak nafas anda dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun legundi.

Caranya: sediakan dahulu bahannya yaitu 9 lembar daun legundi, 3 lembar daun sembung dan 3 lembar daun serawung. Cuci semua bahan dan rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas. Lalu minum air rebusan tersebut 2 kali sehari di pagi dan sore hari.

  • Mengobati muntah darah

Tidak hanya dijadikan sebagai obat sesak nafas alami saja, daun legundi juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati muntah darah. Cara membuat ramuan tradisional dari daun legundi sangat mudah yaitu sediakan daun legundi sebanyak 9 lembar, daun sembung 3 lembar dan daun serawung 3 lembar. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih, bila sudah tersisa segelas maka angkat air rebusannya dan biarkan sampai dingin atau dalam keadaan hangat. Lalu minum air rebusannya 2 kali sehari.

  • Meredakan sakit tenggorokan

Terasa sakit pada tenggorokan? maka atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman daun legundi. Cara membuat ramuan tradisional dari daun legundi sangat mudah yaitu rebus 7 gram daun legundi dengan 1 liter air, biarkan sampai mendidih. Angkat dan biarkan air rebusannya dingin. Setelah itu jadikan air rebusannya sebagai obat kumur. Dan kumur-kumurlah dengan air rebusan tersebut secara rutin.

  • Mengobati penyakit limpa

Khasiat daun legundi untuk kesehatan adalah mengobati penyakit limpa. Cara membuat ramuan tradisional dari daun legundi sebagai obat penyakit limpa adalah sediakan segenggam daun legundin dan cuka. Tumbuk daun legundi dan tambahkan cuka sedikit. Campurkan dan balurkan ramuan tersebut pada perut bagian kiri.

  • Mengobati batuk

Berbagai ramuan tradisional untuk mengobati dan salah satunya adalah dari daun legundi. Caranya sediakan dahulu bahan-bahannya yaitu 5 gram daun legundi, 6 gram kencur, dan 5 gram kunyit. Potong-potong semua bahan dan rebus dengan air sebanyak 115 mili liter, dan biarkan hingga mendidih selama 15 menit. Diamkan sampai air rebusannya agak hangat, lalu saring dan minum ramuan tersebut 1 kali sehari.

  • Mengobati penyakit paru-paru

Khasiat daun legundi bagi kesehatan adalah membantu mengobati penyakit paru-paru. Cara membuat ramuan dari daun legundi sebagai obat penyakit paru-paru adalah sediakan bahan-bahannya yaitu setengah genggam daun legundi, 5 lembar daun waru lengis, 1 sendok makan bidara upas yang sudah diparut, 1 sendok makan yang sudah diparut dan 1/4 genggam daun pegagan. Rebus semua bahan dengan air sebanyak 6 gelas dan biarkan sampai mendidih sampai airnya tersisa 3 gelas saja. Biarkan air rebusannya dingin, lalu minumlah 4 kali sehari.

  • Mengobati penyakit TBC

Selain mengobati penyakit paru-paru, khasiat daun legundi juga mampu mengobati penyakit TBC. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengidap penyakit TBC manfaatkanlah daun legundi yang bisa anda buat menjadi ramuan tradisional.

Caranya: Sediakan 1/2 genggam daun legundi, 5 lembar daun waru lengis, 1 sendok makan bidara upas yang sudah diparut, 1 sendok makan yang sudah diparut dan 1/4 genggam daun pegagan. Rebus dengan 6 gelas air dan biarkan sampai mendidih sampai airnya tersisa setengah. Bila air rebusannya sudah dingin, saring dan minumlah airnya 4 kali sehari.

  • Mengobati cacingan

Khasiat daun legundi juga adalah untuk mengobati cacingan. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu sediakan 15 gram daun legundi, cuci bersih dan rebus dnegan air selama 15 menit. Saring dan minum air rebusannya bila sudah dingin.

Demikian informasi tentang khasiat daun legundi bagi kesehatan dan pengobatan serta cara pengolahan juga penggunaannya. Bila disekitar anda anda tanaman legundi, maka manfaatkan tanaman tersebut sebagai tanaman obat.

Tags: