Khasiat Daun Saga

Khasiat daun saga yang luar biasa untuk kesehatan,- Tahukah anda apa tanaman saga itu? Saga memiliki nama ilmiah Abrus precatorius. Tanaman ini sangat mudah ditemui, karena tumbuh liar di kebun, pinggir jalan dan di pekarangan rumah. Hanya saja tanaman ini dianggap sebagai tanaman gulma atau pengganggu, sehingga tanaman ini jarang dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Padahal salah satu bagian dari tanaman ini yaitu daunnya bisa dijadikan bahan obat herbal. Karena daun saga mempunyai khasiat yang untuk kesehatan. Namun, tidak banyak orang yang mengetahui tentang khasiat daun saga untuk kesehatan.

Sama seperti beberapa tanaman lainnya, daun saga juga memiliki segudang kandungan yang baik untuk kesehatan, dan kandungan tersebut diantaranya kalsium oksalat, flisirizinat, glisirzin, pentosan, polygalacturomic, flavonoid, saponin, protein serta vitamin A, B1, B6 dan C.

Khasiat Daun Saga

Khasiat Daun Saga Dan Cara Penggunaannya

  • Mengobati sariawan

Khasiat daun saga adalah untuk mengobati sariawan. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami sariawan dan memilih cara alami untuk mengatasinya maka manfaatkan daun saga. Caranya cuci bersih daun saga dan jemur sampai layu, lalu kunyah secara langsung namun jangan ditelan.

Cara kedua yaitu sediakan 10 gram daun saga, cuci bersih dan rebuslah dengan 1/2 liter air hingga airnya mendidih. Angkat dan tunggu hingga airnya dingin. Lalu saring dan ambil airnya. Berkumurlah dengan air rebusan daun saga yang sudah disaring tersebut.

  • Mengobati radang amandel

Khasiat daun saga selanjutnya adalah untuk mengobati radang amandel. Cara penggunaan daun saha sebagai obat radang amandel alami sangat mudah yaitu sediakan dahulu akar saga secukupnya, satu potong kayu manis dan gula batu secukupnya. Rebus akar saga, kayu manis dan gula batu dengan 5 gelas air sampai airnya mendidih. Bila airnya sudah berkurang menjadi setengah, saring dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari yaitu di pagi dan sore hari. Minumlah air rebusan tersebut bila sudah dingin.

  • Meredakan gejala panas dalam

Panas dalam adalah salah satu keluhan yang sering terjadi. Untuk meredakannya bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman saga. Sediakan 10-15 tangkai daun saga, cuci bersih dan revus dengan 2 gelas air hingga airnya mendidih dan tersisa setengah. Angkat dan biarkan hingga dingin. Saring dan minum air rebusannya 1 kali sehari.

  • Mengobati batuk kering

Anda sedang mengalami batuk kering? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman daun saga. Cara penggunaannya pun sangat mudah yaitu sediakan beberapa lembar daun saga, daun asam, lalu cuci bersih keduanya. Sediakan pula sepotong kayu manis, dan rebus semua bahan dengan air hingga airnya mendidih dan tersisa setengah. Lalu saring dan minum air rebusannya 2 kali sehari dengan takaran setengah gelas setiap kali minumnya.

  • Mengobati tekanan darah tinggi

Khasiat daun saga untuk pengobatan adalah membantu mengobati tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengidap tekanan darah tinggi dan pengobatannya ingin dengan cara alami maka manfaatkan daun saga.

Sediakan bahan-bahannya yaitu 10 lembar daun saga, daun selamagi, daun kejibeling, daun pegagan dan buah waluh putih. Cuci semua bahan dan potong-potong. Lalu rebus semua bahan tersebut dengan 4 gelas air hingga airnya mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring dan ambil airnya. Kemudian minum air rebusan tersebut.

  • Mengobati penyakit bronchitis

Selain mengobati batuk kering, khasiat daun saga untuk pengobatan juga untuk mengobati penyakit bronchitis. Cara penggunaan daun saga sebagai obat bronchitis alami sangat mudah yaitu sediakan daun saga 15 lembar, cuci bersih dan rebus dengan 500 ml air sampai airnya tersisa 250 ml. Bila sudah dingin, minum air rebusanya 1 kali sehari.

  • Mengobati penyakit kuning

Khasiat daun saga untuk pengobatan juga dapat mengobati penyakit kuning. Sediakan beberapa lembar daun saga, cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa segelas. Jika sudah dingin, minum ramuan alami tersebut 2 kali sehari di pagi dan sore hari.

  • Meningkatkan nafsu makan

Ketika nafsu makan berkurang biasanya minum obat atau suplemen peningkat nafsu makan. Padahal untuk meningkatkan nafsu makan bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun saga. Cobalah memasak nasi dengan memasukkan beberapa lembar daun saga, bila nasi sudah matang, maka diamkan 10 menit, lalu makan nasi dan daun sagu tersebut.

  • Meredakan sakit gigi

Anda sedang merasakan sakit pada gigi? Maka atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman tradisional daun saga. Cara penggunaannya sangat mudah yaitu cuci bersih terlebih dahulu daun saga, lalu rebus dengan air sampai airnya mendidih. Angkat dan biarkan sampai dingin. Lalu berkumur-kumurlah dengan air rebusan daun saga.

  • Mengobati batuk berdahak

Selain mengobati batuk kering, khasiat daun saga untuk kesehatan juga untuk mengobati batuk berdahak. Cara penggunaan daun saga sebagai obat batuk berdahak alami yaitu sediakan segenggam daun saga, satu rimpang jahe dan gula batu secukupnya. Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sampai airnya mendidih. Angkat dan biarkan airnya dingin, lalu saring dan minum air rebusannya dengan secara teratur.

Demikian informasi tentang kandungan dan khasiat daun saga yang luar biasa untuk kesehatan. Masih banyak lagi khasiat lainnya dari daun saga. Setelah mengetahui khasiatnya, maka jangan membabat daun saga disekitar pekarangan rumah anda. Tapi jadikan daun saga tersebut sebagai obat tradisional.

Tags: