Khasiat Daun Salam Buat Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Khasiat daun salam buat kesehatan dan cara pengolahannya,- Daun salam adalah salah satu bumbu yang sering digunakan saat memasak. Padahal tidak hanya digunakan sebagain bumbu penyedap masakan saja, tapi juga bisa dijadikan ramuan tradisional. Karena daun salam memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan pengobatan. Hanya saja banyak orang yang belum mengetahui khasiat daun salam buat kesehatan.

Kandungan nutrisi yang dimiliki daun salam diantaranya protein, karbohidrat, serat, folat, vitamin A, B6 dan C. Bahkan memiliki berbagai mineral diantaranya mangan, seng, sodium, kalium, fosfor, besi, magnesium dan kalsium.

Khasiat Daun Salam Buat Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Khasiat Daun Salam Buat Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

  • Pengobatan batuk

Website jamu obat herbal kali ini akan membahas tentang khasiat daun salam. Dan salah satu khasiat daun salam buat pengobatan adalah untuk pengobatan batuk. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang batuk dan mencari pengobatan alternatif. Maka anda bisa memanfaatkan daun salam.

Caranya: Sediakan 2 hingga 3 lembar daun salam, cuci bersih, kemudian rebus dengan air dan biarkan sampai menguap selama 10 menit. Rendam kain ke dalam air rebusan tersebut, perat airnya dan letakkan kain tersebut di dada.

  • Mengobati gangguan ginjal

Salah satu khasiat daun salam adalah untuk mengobati gangguan ginjal seperti batu ginjal dan infeksi ginjal. Cara mengolah daun salam untuk penderita gangguan ginjal adalah dengan cara direbus.

Pertama-tama sediakan dahulu bahannya yaitu 5 gram daun salam, cuci bersih dan rebus daun salam dengan 200 ml air sampai airnya tersisa 50 ml. Saring dan minum airnya 2 kali sehari.

  • Mengobati asam urat

Khasiat daun salam bagi penyakit asam urat adalah mengurangi gejala asam urat. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami penyakit asam urat dan memilih pengobatan tradisional dengan bahan alami. Maka anda bisa memanfaatkan daun salam.

Caranya: Sediakan 10 lembar daun salam yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 10 gelas air hingga airnya tersisa 5 gelas. Saring minum airnya selagi hangat 2 kali sehari.

  • Mengobati sembelit

Sembelit adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi. Untuk mengobati sembelit bisa dengan cara alami yaitu dengan daun salam.

Caranya: sediakan 5 gram daun salam dan sepotong jahe. Rebus kedunya dengan air sekitar 200 ml, biarkan mendidih sampai airnya tersisa seperempatnya. Saring dan ambil airnya. Kemudian minumlah 2 kali sehari. Bila anda tidak suka rasanya, maka anda bisa menambahkan madu sedikit.

  • Mengobati perut kembung

Selain mengobati gangguan pencernaan, khasiat daun salam juga adalah dapat mengobati perut kembung. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami perut kembung atasi dengan cara alami yaitu dengan menggunakan daun salam.

Caranya: sediakan 5 gram daun salam dan sepotong jahe. Rebus kedunya dengan air sekitar 200 ml, biarkan mendidih sampai airnya tersisa seperempatnya. Tambahkan sedikit madu dan minumlah 2 kali sehari.

  • Pengobatan demam dan flu

Khasiat daun salam untuk pengobatan selain untuk pengobatan batuk adalah untuk pengobatan demam dan flu.

Cara mengolah untuk dijadikan pengobatan flu adalah cuci bersih terlebih dahulu daun salam, kemudian rebus dengan air dan biarkan sampai menguap selama 10 menit. Rendam kain ke dalam air rebusan tersebut, perat airnya dan letakkan kain tersebut di dada.

Sedangkan cara mengolah daun salam untuk pengobatan demam adalah cuci terlebih dahulu 3 lembar daun salam, rebus dengan 200 ml air sampai airnya tersisa seperempatnya. Saring dan ambil airnya kemudian minum.

  • Pengobatan tekanan darah tinggi

Anda sedang mengidap tekanan darah tinggi? atasi dengan cara alami yaitu dengan daun salam. Hal ini disebabkan daun salam memiliki kandungan tanin dan zat flavonoid yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sediakan 10 lembar daun salam, cuci terlebih dahulu, kemudian jemur hingga kering. Rebus daun salam dengan 200 ml air sampai airnya tersisa seperempatnya. Saring dan minum selagi lagi hangat airnya.

  • Pengobatan kolesterol tinggi

Kadar kolesterol anda tinggi dan anda mencari pengobatan alternatif dengan tanaman tradisional? Salah satu tanaman tradisional yang bisa dijadikan pengobatan kolesterol tinggi adalah daun salam.

Caranya: Siapkan 10-15 lembar daun salam yang masih segar, cuc bersih dan rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Saring dan minum airnya selagi hangat.

  • Menurunkan kadar gula darah tinggi

Khasiat daun salam juga mampu menurunkan kadar gula darah tinggi. Bila kadar gula darah anda tinggi, maka atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun salam.

Caranya: Sediakan 10 hingga 15 lembar daun salam segar, cuci bersih, rebus dnegan air 3 gelas sampai airnya tersisa segelas. Saring dan minum airnya bila sudah hangat. Minumlah ramuan ini 30 menit sebelum makan.

  • Mengurangi rasa nyeri saat haid

Terasa nyeri saat haid? jangan langsung minum obat, lebih baik atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun salam. Minumlah air rebusan daun salam ketika nyeri perut akibat haid.

Itulah khasiat daun salam untuk asam urat, kolesterol, gangguan ginjal dan bagi kesehatan tubuh. Setelah mengetahui khasiat daun salam dan cara penggunaannya, diharapkan agar anda memanfaatkan daun salam untuk pengobatan tradisional.

Tags: