Khasiat Daun Sembung Herbal Alami Untuk Mengatasi Penyakit

Khasiat daun sembung – Selamat berkunjung di website https://jamuobatherbal.com, situs yang menyediakan berbagai informasi tentang kesehatan serta gangguan pada tubuh. Untuk pembahasan kali ini adalah tentang khasiat daun sembung yang mana berkhasiat untuk menangani berbagai penyakit yang menyerang pada tubuh seperti penyakit kronis atau non-kronis. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan Anda simak di bawah ini.

khasiat daun sembung

Khasiat Daun Sembung Herbal Alami Untuk Mengatasi Penyakit

Daun sembung ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan ataupun keluhan pada tubuh seperti sesquiterpen, cineole, pirokathecin, zat bergetah, minyak atsiri, borneol, myristin, asam palmitin, limonene, glikosida, dan tannin yang umum dimanfaatkan sebagai produksi kapur barus.

Selain itu, khasiat daun sembung ini juga berfungsi untuk meluruhkan keringat, melancarkan aliran darah, mencairkan dahak, menghangatkan tubuh, serta membasmi kuman karena didalamnya terdapat senyawa flavanol yang bersifat diuretik dan anti-inflamasi.

Ciri-Ciri Tanaman Daun Sembung

Tanaman ini sering ditemukan di area tropis dan sub-tropis Asia, utamanya di India dan Asia Tenggara. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di ladang dengan bentuk tegak, tinggi mencapai 4 m dan berambut halus. Terdapat tangkai pada daun bagian bawah, ada pula daun yang tumbuh berseling di bagian atas yang memiliki bentuk lonjong dan bundar telur. Berbentuk lancip pada bagian ujung dan pangkal, serta bergigi pada bagian pinggir. Tekstur permukaan tanaman ini sedikit kasar, adapun tekstur halus pada bagian bawahnya.

Berikut adalah khasiat dari daun sembung untuk mengatasi penyakit :

  • Bersifat Anti-inflamasi : Anti-inflamasi ini begitu penting untuk mencegah suatu pembengkakan atau peradangan, karena memiliki kandungan flavanol yang baik untuk radang jerawat di wajah dan meredakan kaki yang keselo, dll.
  • Bersifat Diuretik Diuretik berperan untuk melancarkan saluran kemih (air seni). Jika mengalami keluhan dalam membuang air kecil, bisa memanfaatkan khasiat daun sembung sebagai obat alternatifnya.
  • Bersifat Anti-bakteri, kuman, virus, dan mikroba : Sifat-sifat ini mampu menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh, mampu juga menghambat perkembangan kuman atau bakteri yang tidak baik untuk kesehatan pada tubuh.
  • Mengatasi Masuk Angin : Khasiat daun sembung ini dapat melawan gejala masuk angin seperti sering bersendawa, begah, kembung, serta meriang karena daun sembung dapat menghangatkan tubuh.
  • Meringankan Gejala Flu  : Khasiat dari daun sembung ini juga dapat mengatasi flu dan sesak nafas (asma) yang disebabkan oleh pergantian musim seperti musim dingin (hujan) yang menjadi infeksi pada saluran pernafasan.
  • Menghentikan Diare : Penyakit ini diakibatkan oleh jenis makanan yang menjadikan sistem pencernaan terganggu, dapat juga dikarenakan oleh kuman yang ada pada lambung. Solusi terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan khasiat dari daun sembung.
  • Mencegah Penyakit Beri-beri : Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin C pada tubuh, untuk mengatasi penyakit tersebut dapat memanfaatkan daun sembung sebagai pengobatannya dengan dikonsumsi secara teratur supaya kondisi kesehatan tubuh tetap stabil.
  • Mengatasi Penyakit Kulit : Daun sembung ini memiliki khasiat juga untuk mengatasi penyakit kulit misalnya kurap, kadas, korengan, dan gatal-gatal dengan cara membasmi atau membunuh kuman yang ada didalam tubuh.
  • Mengobati sakit perut : Sakit perut ini disebabkan oleh adanya masalah pada lambung sehingga membuat ketidaknyaman pada perut, sebab terlalu banyak gas maupun hal-hal lain yang masih terikat.

Demikian informasi dari kami seputar kesehatan terutama tentang Khasiat Daun Sembung Herbal Alami Untuk Mengatasi Penyakit. Semoga bermanfaat untuk Anda sebagai wawasan untuk mengetahui khasiat daun sembung, serta bagi yang mengalami keluhan atau gangguan pada tubuh semoga segera diberikan kesembuhan amin. Selamat datang & Terima kasih.

Tags: