Khasiat Daun Tempuyung Untuk Pengobatan Beragam Penyakit

Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami www.jamuobatherbal.com yang selalu setia memberikan berbagai informasi tips dan kesehatan terkini. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai berbagai khasiat daun tempuyung untuk pengobatan beragam penyakit .

Daun tempuyung dengan nama lain yaitu daun lempung atau daun jombang yang memiliki bentuk lonjong dengan ujung daun yang lancip dan tepi daunnya berombak tak beraturan, dari sejak dulu tanaman ini sudah dikenal sebagai bahan alami untuk pengobatan herbal, tanaman inipun sangat mudah ditemukan disemak-semak yang terlindung sinarmatahari.

khasiat daun tempuyung

Khasiat Daun Tempuyung Untuk Pengobatan Beragam Penyakit

Daun tempuyung mengandung magnesium, kalsium, silica natrium, flavonoid, kumarin, taraksaterol, inositol, dan asam fenolat, semua kandungan tersebut mampu membantu tubuh dalam melawan penyakit sehingga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit yang menyerang tubuh anda.

Khasiat Daun Tempuyung

Berikut dibawah ini penjelasan beberapa khasiat daun tempuyang untuk pengobatan beragam penyakit beserta cara pengolahannya, antara lain :

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati batu ginjal

Daun tempuyung memiliki kandungan tinggi kalium sehingga membuat batu ginjal yang berupa kalsium kerbonat kuruh dan terbuang bersama dengan urin.

Cara mengolahnya, rebus daun tempuyung sebanyak 15-60 gr dengan 4 gelas air lalu tunggu hingga air rebusannya tersisa menjadi 2 gelas, dan minumlah air rebusan tersbeut sebanyak satu gelas setiap hari secara rutin.

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati tekanan darah tinggi

Konsumsi daun tempuyung sebagai lalapan sebanyak 5 lembar, lalu cuci hingga bersih dan makan mentah. Lakukanlah secara rutin tiga kali sehari untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi.

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati masitis

Masitis yaitu infeksi payudara yang dialami oleh ibu menyusui, dipicu oleh bakteri dan tersumbatnya saluran ASI.

Cara mengolahnya, rebus daun tempuyung sebanyak 15 gr dengan tiga gelas air lalu tunggu air rebusan hingga tersisa menjadi satu gelas dan diamkan air rebusan tersebut hingga dingin lalu saring. Setelah itu, minumlah air rebusan ini sebanyak 2 – 3 kali sehari.

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati infeksi kandung kemih

Penyebab infeksi kandung kemih yaitu karena adanya bakteri.

Cara mengolahnya, konsumsi daun tempuyung sebagai lalapan sebanyak 5 lembar , cuci bersih dan makan mentah, lakukan cara ini tiga kali sekali secara rutin.

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati disentri

Disentri yaitu infeksi pada usus yang menyebabkan diare disertai dengan lendir atau darah, dan termasuk penyakit menular.

Cara mengolahnya, rebus 300 gr daun tempuyung dengan 2 gelas air lalu diamkan hingga dingin kemudian saring, minumlah air rebusan daun tempuyung 2 – 3 kali sehari.

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati wasir

Wasir disebabkan karena terlalu sering mengejan saat BAB dan kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat.

Cara mengolahnya, rebus 30 gr daun tempuyung dengan 2 gelas air lalu diamkan hingga dingin kemudian saring, dan minumlah air rebusan tersebut 2 – 3 kali sehari.

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati usus buntu

Usus buntuk yaitu penyakit pembengkakan karena saluran menuju usus buntu dan tersumbat, dan kondisi yang paling parah usus buntuk menjadi pecah.

Cara mengolahnya, rebus 30 gr daun tempuyung dengan 2 gelas air dan diamkan hingga dingin lalu saring, minumlah air rebusan ini 2 – 3 kali sehari.

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati batu empedu

Batu empedu disebabkan oleh ketidakseimbangan kolesterol dengan senyawa kimia dalam cairan empedu.

Cara mengolahnya, cuci bersih daun tempuyung, bisa anda konsumsi sebagai lalapan sebanyak 5 lembar, lakukan 3 kali sehari secara rutin.

  • Khasiat daun tempuyung untuk mengobati infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing disebabkan oleh iritasu setelah melakukan hubungan intim atau bisa juga disebabkan karena adanya bakteri escherichia coli yang masuk kedalam saluran kencing sehingga berakibat saluran kencing terkena infeksi.

Cara mengolahnya, cuci bersih 5 lembar daun tempuyung bisa anda konsumsi sebagai lalapan, dan konsumsi secara rutin 3 kali sehari.

Demikianlah beberapa khasiat daun tempuyung untuk pengobatan beragam penyakit tanpa efek samping berbahaya dan perlu diperhatikan juga pola hidup sehat akan lebih baik diutamakan karena kesehatan zaman sekarang suatu hal yang mahal. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke sosial media yang ada dibawah ini !