Khasiat Daun Waru Landak Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Khasiat daun waru landak untuk pengobatan dan kesehatan,- Waru landak memiliki nama ilmiah Hisbicus Mutabilis L. Tanaman ini mempunyai daun yang berukuran besar, bunga yang berwarna pink atau putih dan buah berbentuk bulat. Karena memiliki bunga yang indah, sehingga tanaman ini sering dijadikan tanaman hias. Padahal tanaman ini juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan pengobatan. Bagi dari tanaman ini yang dimanfaatkan untuk pengobatan adalah bunga, daun akarnya. Namun di website jamu obat herbal kali ini akan membahas tentang khasiat daun waru landak untuk pengobatan dan kesehatan.

Sebelum membahas tentang khasiat daun waru landak, sebaiknya ketahui dahulu tentang kandungan yang ada pada tanaman ini. Daun waru landak mengandung senyawa aktif diantaranya fenol, asam amino dan tanin. Bahkan bunga waru landak juga mengandung berbagai senyawa aktif diantaranya antosianin, hyperin, hyperoside, isoquercitrin, glucoside, quercetin-4-, quercimtrin dan cyanidin.

Khasiat Daun Waru Landak Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

Khasiat Daun Waru Landak Untuk Pengobatan Dan Kesehatan

  • Mengobati abses paru

Salah satu khasiat daun waru landak adalah mengobati abses paru. Oleh karena itu, bagi anda yang mengidap abses paru dan memiliki cara alami untuk pengobatannya. Maka minum ramuan tradisional dari tanaman waru landak. Bagian dari tanaman ini yang dimanfaatkan untuk pengobatan abses paru adalah bunganya.

Cara mengolahnya yaitu sediakan 27 gram bunga waru landak yang masih segar dan cuci terlebih dahulu. Rebus dengan 3 air, biarkan sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas. Saring dan ambil airnya. Biarkan dulu sampai dingin, kemudian minum ramuan tersebut.

  • Batuk berdarah

Selain mengobati abses paru, khasiat daun waru landak juga mengobati batuk berdarah. Bagian dari tanaman ini yang dimanfaatkan untuk pengobatan batuk berdarah adalah daunnya.

Cara mengolahnya yaitu cuci terlebih dahulu daun waru landak sebanyak 27-100 gram, rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa 1 gelas saja. Saring air rebusannya bila sudah dingin, minum air rebusannya tersebut sekali sehari.

  • Infeksi paru-paru

Infeksi paru-paru adalah salah satu gangguan pada paru-paru. Untuk pengobatan infeksi paru-paru bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun waru landak. Oleh karena itu, bagi penderita infeksi paru yang ingin merasakan khasiat daun waru landak, maka manfaatkan tanaman tersebut sebagai pengobatan infeksi paru.

Caranya sediakan dahulu 27-100 gram daun waru landak, cuci bersih, kemudian rebus daun waru landak dengan 3 gelas air sampai airnya tersisa separuhnya yaitu sekitar 1 gelas saja. Saring air rebusannya bila sudah dingin, minum air rebusannya tersebut sekali sehari.

  • Mengobati bisul

Anda sedang mengalami bisul? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun serta bunga waru landak. Cuci bersih terlebih dahulu bunga dan daun waru landak, giling atau tumbuk hingga halus dan tambahkan sedikit air, kemudian aduk. Cara penggunaan daun waru landak untuk pengobatan bisul yaitu dengan membalurkan ramuan tersebut ke bagian yang terkena bisul.

  • Mengobati flu

Khasiat daun waru landak selain untuk mengobati batuk berdarah adalah mampu mengobati flu. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang flu sebaiknya atasi dulu dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan tanaman waru landak.

Cara mengolahnya yaitu sediakan dahulu 30 gram waru landak dan 10 gram jahe. Cuci kedua bahan tersebut, kemudian rebus dengan 700 ml air sampai airnya tersisa setengahnya. Saring bila sudah dingin, kemudian minum air rebusannya 3 kali sehari.

  • Batuk kronis

Selain mengobati flu, khasiat waru landak untuk pengobatan juga bisa dijadikan pengobatan batuk kronis. Bagian dari tanaman ini yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan batuk kronis adalah bunganya.

Caranya sediakan dahulu bunga waru landak sebanyak 50 gram. Sediakan pula 15 gram jamur putih yang sudah dikeringkan dan 7 gram kulit jeruk mandarin yang sudah dikeringkan. Rebus semua bahan dengan air 500 ml selama setengah jam, angkat dan saring air rebusannya. Minum airnya selagi hangat.

  • Mengobati penyakit gondongan

Khasiat daun waru landak juga dapat mengobati penyakit gondongan. Jemur daun waru landak sampai kering, tumbuk sampai bubuk. Campurkan bubuk daun waru landak dengan putih telur, dan aduk sampai menjadi pasta. Cara penggunaannya balurkan atau oleskan ramuan tersebut pada bagian leher.

  • Mengobati rematik

Berbagai bahan alami atau tanaman untuk obati rematik, salah satunya adalah daun waru landak. Oleh karena itu, manfaatkan khasiat daun waru landak sebagai pengobatan rematik.

Caranya cuci terlebih dahulu daun waru landak, kemudian jemur sampai kering, tumbuk sampai bubuk, campurkan bubuk daun waru landak dengan bubuk jahe dan lidah buaya. Balurkan ramuan tersebut pada bagian yang terkena rematik.

Setelah mengetahui khasiat daun waru landak serta cara pengolahan dan penggunaannya, maka anda bisa memanfaatkan tanaman tersebut untuk pengobatan tradisional.

Tags: