Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Tradisional

Khasiat jahe bagi kesehatan dan pengobatan tradisional,- Sebelumnya membahas tentang khasiat kunyit. Dan kali di website www.jamuobatherbal.com akan membahas tentang khasiat jahe bagi kesehatan dan pengobatan tradisional lengkap dengan cara pengolahan dan penggunaannya. Sama seperti kunyit, jahe juga merupakan jenis rempah-rempah yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Sehingga tak ada salahnya untuk memanfaatkan jahe sebagai pengobatan tradisional.

Kandungan gizi dan nutrisi yang ada dalam jahe diantaranya kalsium zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, seng, serat, air, karbohidrat, vitamin A, B1, C, D dan E.

Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Tradisional

Khasiat Jahe Bagi Kesehatan Dan Pengobatan Tradisional Serta Cara Mengolahnya

  • Mengobati masuk angin

Khasiat jahe bagi kesehatan adalah mengobati masuk angin. Sehingga bagi anda yang sedang mengalami masuk angin jangan langsung minum obat, alangkah baiknya atasi dahulu dengan cara alami yaitu dengan menggunakan air rebusan jahe.

Caranya: Sediakan dahulu jahe berukuran seibu jari, cuci bersih dan memarkan. Rebuslah dengan 2 gelas air dan tambahkan gula aren secukupnya saja. Rebus selama 1/4 jam. Saring dan ambil airnya. Minum ramuan tersebut selagi hangat.

  • Meredakan batuk

Anda sedang mengalami batuk? atasi dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumai air rebusan jahe. Sehingga khasiat jahe bisa dijadikan sebagai pengobatan tradisional batuk.

Caranya: Cuci bersih jahe, iris dan rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa setengah saja. Minum ramuan tersebut selagi hangat.

  • Meredakan sakit kepala

Selain mengobati masuk angin, khasiat jahe juga mampu meredakan sakit kepala. Cara mengolah jahe untuk pengobatan sakit kepala adalah bakar jahe yang telah di cuci bersih, memarkan dan seduh dengan 1 gelas air. Tambahkan sedikit gula aren. Minum air seduhan jahe tersebut.

  • Mengobati sakit pinggang dan punggung

Pernah mengeluhkan nyeri di punggung atau pinggang? Jangan langsung minum obat, karena masih ada cara alami untuk mengobati sakit pinggang dan punggung yaitu dengan memanfaatkan jahe. Cuci jahe terlebih dahulu, tumbuk dan gosokkan pada punggung dan pinggang yang terasa nyeri.

  • Mengobati rematik

Berbagai tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai obat rematik tradisional dan salah satunya adalah jahe. Cara mengolah dan pengggunaan jahe yang digunakan sebagai obat rematik tradisional adalah menggosokkan ramuan jahe pada bagian yang terkena rematik.

Caranya: Sediakan jahe berukuran seibu jari, cuci bersih dan tumbuk. Kemudian ramuan tersebut dijadikan sebagai obat gosok.

  • Mengatasi mual

Mual adalah salah satu keluhan yang paling umum. Sama seperti masuk anging, mual juga dapat diatasi dengan tanaman tradisional yaitu dengan menggunakan jahe.

Cara mengolahnya: Sediakan bahan-bahannya yaitu jahe berukuran seibujari, asam jawa dan gula batu. Cuci terlebih dahulu jahe, memarkan atau iris-iris. Seduh dengan air hangat. Tambahkan sedikit gula batu dan asam jawa. Aduklah sampai merata, dan minum ramuan tersebut.

  • Mengobati eksim

Khasiat jahe untuk kesehatan adalah mengobati eksim. Sediakan jahe dan lobak. Cuci bersih keduanya, parut jahde dan peras serta manfaatkan airnya. Parut juga lobak kemudian campurkan dengan air perasan jahe. Tambahkan air hangat sedikit dan aduk sampai merata. Tempelkan ramuan tersebut pada bagian yang terkena eksim.

  • Mengobati panu

Selain mengobati eksim, khasiat jahe juga dapat mengobati panu. Sediakan 2 ruas jahe dan segenggam daun turi yang telah dicuci bersih, kemudian tumbuk keduanya. Dan balurkan pada bagian yang terkena panu.

  • Mengatasi asma

Selain meredakan batuk, khasiat jahe juga dapat mengatasi masalah pernafasan lainnya yaitu asma. Iris jahde yang telah dicuci bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa setengah saja. Minum ramuan tersebut selagi hangat.

  • Mengatasi pusing

Tidak hanya dapat meredakan sakit kepala saja, khasiat jahe juga mampu mengatasi pusing. Pertama-tama cuci bersih jahe kemudian bakar, memarkan dan seduh dengan 1 gelas air. Tambahkan sedikit gula aren. Minum air seduhan jahe tersebut.

  • Meredakan nyeri menstruasi

Sedang menstruasi dan mengeluhkan nyeri? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan jahe. Iri jahe yang telah dicuci bersih dan seduh dengan segelas air hangat. Bila anda tidak menyukai rasanya, maka tambahkan sedikit gula aren. Dan minumlah ramuan air seduhan jahe tersebut.

Masih banyak lagi khasiat jahde bagi kesehatan dan juga pengobatan tradisional. Setelah mengetahui khasiatnya, maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan jahe sebagai obat tradisional.

Tags: