Khasiat Kencur Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Khasiat kencur bagi kesehatan dan cara pengolahannya,- Kencur adalah jenis tanaman temuan-temuan yang sering biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Padahal kencur juga sama dengan jenis temuan-temuan lainnya memiliki manfaat yang bagi kesehatan. Hanya saja khasiat kencur bagi kesehatan dan pengobatan tradisional belum diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu, di website www.jamuobatherbal.com kali ini akan membahas tentang khasiat kencur lengkap dengan cara pengolahannya.

Sama dengan jenis temuan-temuan lainnya, kencur pun memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Kandungan yang ada didalam kencur diantaranya mineral, borneol, asam cinnamic, rthyl aster, alkolid, gom, paraeumarin, asam metal kanil, kamphane, zat pati dan sebagainya.

Khasiat Kencur Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Khasiat Kencur Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

  • Mengobati masuk angin

Khasiat kencur bagi kesehatan adalah mengobati masuk angin. Oleh karena itu bagi anda yang sedang mengalami masuk angin dan mencari pengobatan alami, kencur bisa menjadi pilihan untuk anda.

Cara pengolahannya: Sediakan 1 rimpang kencur dan cuci bersih, makanlah kencur dengan garam dan minumlah air hangat. Lakukan cara ini 2 kali sehari.

  • Mengobati keseleo

Anda mengalami keseleo, atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan kencur. Cara pengolahan dan penggunaannya sangat mudah yaitu cuci bersih 1 rimpang kencur, rendam segenggam beras, kemudian tumbuk kedua bahan yang telah disediakan tersebut sampai halus. Kemuan balurkan ramuan ini pada tubuh yang terkena keseleo.

  • Mengobatu perut mulas

Selain mengobati masuk angin, khasiat kencur bagi kesehatan juga dapat membantu mengatasi mulas pada perut. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengeluhkan mulas pada perut maka anda bisa memanfaatkan kencur.

Cara pengolahan dan penggunaannya yaitu sediakan 2 rimpang kencur, cuci bersih, parut dan tambahkan 2 sendok air masak. Tambahkan pula sedikit garam. Saring ramuan tersebut dan manfaatkan airnya. Minumlah ramuan tersebut 2-3 kali dalam sehari.

  • Mengobati batuk

Anda sedang batuk? jangan langsung minum obat, karena masih ada cara alami untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan kencur. Sehingga kencur bisa dijadikan sebagai obat batuk tradisional.

Cara pengolahannya: Sediakan 2 rimpang kencur, cuci bersih, parut dan tambahkan 1 gelas air hangat. Aduk sampai merata dan saring. Manfaatnya airnya. Tambahkan juga sedikit gram dan minumlah ramuan tersebut 1 kali sehari.

  • Mengobati diare

Khasiat kencur untuk pengobatan adalah mengobati diare. Sehingga bagi anda yang sedang mengalami diare dan mencari pengobatan alami, maka anda bisa memanfaatkan kencur.

Cara pengolahannya: cuci bersih 2 rimpang kencur. Sediakan pula bahan lainnya yaitu 2 siung bawang merah. Tumbuk keduanya hingga halus. Bungkus dengan daun pisang dan bakar hingga hangat. Ramuan tersebut bisa jadikan sebagai obat oles dan oleskanlah pada bagian perut.

  • Mengobati radang tenggorokan

Selain mengobati batuk, khasiat kencur juga dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Sehingga dapat dijadikan obat radang tenggorokan tradisional.

Cara pengolahannya: cuci bersih 2 rimpang kencur, parut dan tambahkan 1 gelas air hangat. Aduk sampai merata dan saring. Manfaatnya airnya. Tambahkan juga sedikit gram dan minumlah ramuan tersebut 1 kali sehari.

  • Mengatasi pegal-pegal

Selain mengobati keseleo, kencur juga berkhasiat dapat meredakan nyeri dan pegal-pegal. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mengalami pegal-pegal, gunakan ramuan tradisional dari kencur.

Cara pengolahan dan penggunaannya sangat mudah yaitu cuci bersih 1 rimpang kencur, rendam segenggam beras, kemudian tumbuk kedua bahan yang telah disediakan tersebut sampai halus. Kemudian baluran ramuan ini pada tubuh yang pegal.

Itulah khasiat kencur bagi kesehatan dan cara pengolahan serta cara penggunaannya. Lengkap dengan cara pengolahannya supaya memudahkan anda bila memang anda ingin memanfaatkan kencur sebagai pengobatan tradisional.

Tags: