Khasiat Kumis Kucing Lengkap Dengan Cara Mengolahnya

Khasiat Kumis Kucing Lengkap Dengan Cara Mengolahnya,- Berbagai tanaman bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit dan salah satunya adalah tanaman kumis kucing. Tanaman ini memiliki nama latin Orthosipon stamineus. Bagian tanaman kumis kucing yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit adalah bunga, daun, batang dan akarnya. Oleh karena itu, bagi anda yang telah mengetahui khasiat kumis kucing untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Maka manfaatkanlah tanaman ini bila memang tanaman ini ada di halaman rumah anda atau di lingkungan sekitar anda.

Sama seperti beberapa tanaman tradisional lainnya, kumis juga merupakan tanaman tradisional yang memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan. Dan kandungan yang ada dala tanaman kumis kucing adalah tanin, saponin, orthophonin, fenol terpenoid dan flavonoid.

Khasiat Kumis Kucing Lengkap Dengan Cara Mengolahnya

Khasiat Kumis Kucing Lengkap Dengan Cara Mengolahnya

  • Mengobati radang ginjal

Di website www.jamuobatherbal.com kali ini akan membahas tentang khasiat kumis kucing untuk kesehatan dan salah satunya adalah mengobati radang ginjal. Oleh karena itu bagi anda yang mengidap radang ginjal dan memilih pengobatan alami untuk mengatasi radang ginjal, maka anda bisa memanfaatkan tanaman kumis kucing.

Cara mengolahnya: Sediakan daun kumis kucing sebanyak 60 atau 120 gram, cuci bersih dan rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga air rebusannya tersisa 1 gelas saja. Dan minumlah ramuan ini 3 kali sehari.

  • Mengobati penyakit sipilis

Salah satu ramuan tradisional untuk penyakit sipilis adalah daun kumis kucing. Rebus beberapa lembar daun kumis kucing dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas, angkat dan saring. Minum ramuan ini saat masih hangat.

  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Selain mengobati penyakit sipilis,khasiat kumis kucing lainnya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga bagi anda yang mengidap tekanan darah tinggi dan memilih cara alami untuk pengobatannya, maka anda bisa memanfaatkan kumis kucing.

Cara mengolahnya: Siapkan daun kumis kucing kering dan basah masing-masing 50 gram, rebus daun kumis kucing kering dengan air yang secukupnya. Kemudian seduh daun kumis basah dengan air panas atau mendidih. Campurkan kedua ramuan alami tersebut dan minum 1 kali sehari dengan dosis 1 gelas saja.

  • Mengobati diabetes

Berbagai khasiat kumis kucing dan salah satunya adalah mengobati diabetes. Bagian tanaman kumis kucing yang dimanfaatkan untuk pengobatan diabetes adalah daunnya.

Cara mengolahnya: Sediakan 15 lembar daun kumis kucing yang telah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengah. Lalu minum ramuan ini 1 kali sehari.

  • Mengobati sembelit

Sedang mengalami sembelit? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun kumis kucing. Caranya yaitu sediakan dahulu beberapa lembar daun kumis kucing dan cuci bersih, kemudian rebus dengan segelas air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengah. Minum ramuan daun kumis kucing sesudah dingin.

  • Mengobati asam urat

Khasiat kumis kucing untuk kesehatan sangatlah banyak, salah satunya adalah mengobati asam urat. Sehingga bagi anda yang memiliki penyakit asam urat dan gejalanya mengganggu aktivitas anda maka sebaiknya atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan daun kumis kucing.

Cara mengolahnya: Sediakan bahan-bahannya yaitu daun kumis kucing 4 atau 5 lembar dan daun meniran , cuci kedua bahan tersebut. Rebus dengan dengan 1 gelas air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengah. Minum air rebusannya 3 kali sehari.

  • Mengobati masuk angin

Gejala masuk angin membuat anda tidak nyaman? maka atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan kumis kucing. Sehingga khasiat kumis kucing tidak hanya untuk mengobati sembelit saja, tapi juga mengobati masuk angin.

Cara mengolahnya: Cuci terlebih dahulu daun kumis kucing, rebus dengan dengan segelas air dan biarkan hingga mendidih hingga airnya tersisa setengah. Bila air rebusannya sudah dingin, minumlah ramuan tersebut.

  • Mengobati batuk

Cara mengobati batuk secara alami yaitu dengan memanfaatkan kumis kucing. Cuci terlebih dahulu debus daun kumis kucing sebanyak 20 gram dengan dan rebus dengan 1 gelas air. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari 1 gelas setiap kali minumnya.

  • Mengobati rematik

Selain mengobati asam urat, khasiat kumis kucing juga dapat mengobati rematik. Cara mengolahnya pun sangat mudah yaitu sediakan dahulu 5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran dan cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Bila sudah dingin, minum ramuan tersebut 3 kali sehari 1/2 gelas setiap kali meminumnya.

  • Mengobati sakit pinggang

Sakit pinggang adalah salah satu keluhan yang paling umum ditemui. Untuk mengobatinya bisa dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan kumis kucing. Sehingga khasiat kumis kucing tidak hanya untuk mengobati asam urat dan rematik saja, tapi juga berkhasiat untuk mengobati sakit pinggang. Minumlah air rebusan kumis kucing bila anda merasakan sakit pinggang.

  • Mengobati amandel

Mengalami amandel bengkak? atasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan kumis kucing. sediakan 1 genggam daun kumis kucing, cuci bersih, kemudian rebus dengan 6 gelas air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengah. Bila sudah dingin minum ramuan tersebut 3 kali sehari 1 gelas setiap kali meminumnya.

Demikian informasi tentang khasiat kumis kucing lengkap dengan kandungan dan cara mengolahnya. Selamat mencoba dirumah dan semoga dapat membantu anda.

Tags: