Khasiat Mengkudu Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Khasiat Mengkudu Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya,- Tahukah anda apa khasiat mengkudu bagi kesehatan? Mengkudu memang tanaman yang mudah ditemui. Hanya saja banyak orang yang tidak memanfaatkan tanaman ini. Karena buah mengkudu bau menyengat bila sudah matang, sehingga sebagian orang tidak menyukai aroma baunya. Meskipun bau menyengat, mengkudu memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan juga pengobatan. Bagian tanaman mengkudu yang bisa dimanfaatkan adalah buah dan daunnya.

Khasiat Mengkudu Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Khasiat Mengkudu Bagi Kesehatan Dan Cara Pengolahannya

Di website www.jamuobatherbal.com kali ini akan membahas tentang khasiat mengkudu bagi kesehatan dan pengobatan serta cara pengolahannya:

  • Membantu menurunkan tekanan darah tinggi

Khasiat mengkudu bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bagian tanaman mengkudu yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tekanan darah tinggi adalah buahnya. Hal ini dikarenakan buah mengkudu memiliki kandungan zat xeronine yang berfungsi untuk menormalkan tekanan darah.

Cara mengolahnya yaitu konsumsi buah mengkudu yang telah dikupas kulitnya. Cara lainnya yaitu dengan cara direbus dan konsumsi air rebusan mengkudu.

  • Mengobati radang lambung

Selain menurunkan tekanan darah, khasiat buah dan daun mengkudu untuk kesehatan juga adalah mengobati radang lambung dan perut kembung. Sehingga bagi anda yang mengidap radang lambung dan perut kembung dan memilih cara alami untuk pengobatannya, maka manfaaktkanlah  buah dan daun mengkudu.

Cara mengolahnya yaitu rebus buah dan daun mengkudu dengan air sampai mendidih. Angkat dan saring. Dan konsumsilah air rebusan mengkudu 3 kali sehari.

  • Mengobati batuk

Khasiat mengkudu bagi kesehatan ialah mengobati batuk. Sehingga bagi anda yang sedang mengalami batuk, anda bisa memanfaatkan buah mengkudu. Karena buah mengkudu memiliki zat antibakteri yang berfungsi membasmi bakteri atau kuman penyebab batuk.

Cara mengolahnya: Sediakan dahulu 2 buah mengkudu yang matang dan daun bujanggut, cuci bersih dan rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih hingga airnya tersisa setengahnya saja. Angkat dan saring, kemudian minum ramuan ini 2 kali sehari.

  • Mengobati sakit kuning

Selain mengobati batuk, khasiat mengkudu juga dapat mengobati sakit kuning. Bagian tanaman mengkudu yang dimanfaatkan untuk sakit kuning adalah buahnya.

Cara mengolahnya: Sediakan dahulu 2 buah mengkudu yang matang, haluskan dan peras. Ambil sarinya dan tambahkan madu secukupnya, aduk sampai merata. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

  • Mengobati borok

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan adalah mengobati borok. Cara mengolahnya yaitu parut buah mengkudu, kemudian tempelkan pada bagian kulit yang terkena borok.

  • Meredakan demam

Ketika demam biasanya langsung minum obat demam, padahal demam bisa diatasi dengan cara alami yaitu dengan memanfaatkan mengkudu. Bagian tanaman mengkudu yang digunakan sebagai pengobatan demam adalah buah mengkudu.

Caranya: Sediakan 1 buah mengkudu dan kencur, kemudian cuci kedua bahan tersebut. Parut kencur terlebih dahulu, kemudian rebus kedua bahan tersebut dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai airnya tersisa 1 gelas. Angkat dan saring. Minum ramuan ini secara teratur.

  • Mengobati ambeien

Khasiat mengkudu untuk kesehatan adalah mengobati ambeien. Bagian tanaman mengkudu yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan amebein adalah buah dan daun mengkudu.

Cara mengolahnya: Cuci terlebih dahulu buah dan daun mengku, kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih sampai airnya tersisa setengahnya, angkat dan saring. Ambil airnya dan minum ramuan ini secara teratur.

Demikian informasi tentang khasiat mengkudu bagi kesehatan dan pengobatan lengkap dengan cara pengolahannya. Khasiat lainnya mengkudu yaitu mengobati luka bakar, mengobati radang tenggorokan, mengobati radang usus dan masih banyak lagi.