Khasiat Nampu Hijau Untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat Nampu Hijau Dan Cara Membuat Ramuan Herbalnya,- Apakah Anda pernah mendengar sebelumnya tentang tanaman Nampu? Tanaman Nampu sebenarnya adalah nama lain dari Nyampu dari Jawa Tengah, dan Cariyang bodas (putih) dan Cariyang beureum (merah) dari Sunda.

Khasiat Nampu Hijau akan kami jelaskan selengkapnya serta kandungan apa saja yang terdapat pada tanaman Nampu tersebut. Untuk itu, tetap pastikan Anda berada di laman website kami.

Khasiat Nampu Hijau Untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat Nampu Hijau Untuk Pengobatan Tradisional

Khasiat Nampu Hijau,- Dikatakan jika tanaman Nampu memiliki nama ilmiah yaitu Homalomenae Rhizoma, Homalomena occulta yang masih satu famili dengan Araceae. Tanaman Nampu Hijau memiliki sejumlah ciri-ciri yang dapat dikenali. Diantaranya :

Daun tanaman Nampu hampir seperti tanaman ubu, namun lebih kecil. Tanaman Nampu biasanya tumbuh dipinggiran sungai, tepi danau, di pegunungan, atau di tempat-tempat tanaman hias.

Ciri-ciri dari tanaman Nampu.

Tanaman Nampu memiliki ukuran tinggi antara 50 – 100 cm, tidak berkayu, memiliki bantang bulat, warna yang kecokelatan serta membentuk rimpang memanjang. Daunnya tunggal dan panjang tungkainya bisa mencapai 50 sampai 60 cm, berujung runcing dengan permukaan licin. Warnanya sebenarnya tidak hanya hijau, tapi lebih ke hijau tua, memiliki bunga majemuk berwarna ungu yang berbentuk bongkol, tangkai yang sama-sama berwarna ungu. Selain itu tanaman ini juga memiliki buah yang berbentuk bulat, kecil, berwarna merah dengan biji panjang berwarna cokelat.

Adapun sejumlah kandungan yang dimiliki tanaman Nampu meliputi Saponin, Flavonoid, Tanin dan Polifenol.

Cara Membuat Ramuan Herbal Dari Tanaman Nampu.

Anda bisa memanfaatkan tanaman Nampu menjadi salah satu obat tradisional. Berdasarkan khasiat Nampu Hijau, diketahui dapat membantu mengatasi sejumlah penyakit seperti Rematik, Pegal-pegal, Nyeri linu, Menguatkan tulang Tendon hingga meningkatkan vitalitas pria dewasa.

Seperti apa cara membuatnya?

  • Siapkan akar rimpang.
  • Cuci bersih lalu keringkan.
  • Rebus rimpang akar tanaman Nampu kurang lebih 5 sampai 10 gram, setelah dingin, segera saring
  • dan minum airnya.

Jika ingin memanfaatkan khasiat nampu hijau sebagai obat kuat dan tahan lama pria dewasa, Anda bisa mengolahnya seperti berikut ini.

  • Cuci bersih rimpang Nampu segar kurang lebih 100 gram.
  • Kemudian parut rimpang akar Nampur tersebut.
  • Beri garam dapur dan kelapa parut secukupnya.
  • Kukus kurang lebih 20 menit.
  • Setelah itu, Anda bisa memakan rimpang yang sudah di kukus.

Selain manfaat yang dijelaskan diatas, rimpang Namu Hijau juga dapat membantu mengatasi sejumlah keluhan sindroma sumbatan angin-lembab, gejala perasaan dingin, sakit di pinggang bawah, nyeri pada lutut, hingga rasa keram dan kebas yang dirasakan pada tungkai bagian bawah.

Itu dia informasi kami mengenai Khasiat Nampu Hijau Untuk Pengobatan Tradisional hari ini. Besok kami akan berikan informasi terkait khasiat tanaman herbal lainnya.

Jangan lupa bagikan/share kembali melalui sosial media dibawah ini ya agar semakin bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan. Salam sejahtera!

Tags: