Khasiat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

Khasiat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Dan Cara Memanfaatkannya,- Setiap tanaman/tumbuhan, memiliki fungsinya masing-masing. Diantaranya bahkan bermanfaat sebagai tanaman yang dapat membantu mengatasi, hingga menyembuhkan penyakit tertentu. Tak terkecuali tanaman Nanas Kerang. Tanaman yang satu ini disebut-sebut sebagai tanaman herbal berkhasiat yang biasa dijadikan sebagai obat tradisional penyakit batuk dan flu, hingga mencegah Tuberkulosis.

Khasiat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

Khasiat Nanas Kerang Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Penyakit

Pada umumnya, tanaman Nanas Kerang lebih banyak dijadikan sebagai tanaman hias oleh sebagian besar orang-orang karena memiliki bentuk dan rupa yang cukup cantik. Tanaman yang satu ini tumbuh subur di Indonesia karena cocok tumbuh di daerah 2 musim.

Tanaman Nanas Kerang juga tidak terlalu tinggi, biasanya tumbuh kurang dari 1 meter, memiliki struktur tanaman yang simpel karena hanya terdiri antara daun yang dihubungkan dengan akar (serupa daun pandan). Warna yang mendominasi dari tanaman ini adalah perpaduan antara hijau dengan ungu.

Untuk dimanfaatkan sebagai obat tradisional, tanaman Nanas Kerang bisa dimanfaatkan antara daun dan bunganya.

Khasiat Nanas Kerang

Memanfaatkan Khasiat Nanas Kerang Sebagai Obat Tradisional.

Seperti yang dijelaskan tadi, jika tanaman Nanas Kerang memiliki manfaat yang baik sebagai obat tradisional sejumlah penyakit. Berikut ini adalah cara memanfaatkan khasiat Nanas Kerang sebagai obat penyakit serta cara mudah membuatnya.

  • Mengatasi batuk dan sakit tenggorokan.

Khasiat Nanas Kerang untuk mengatasi penyakit batuk, baik batuk berdahak, dan juga batuk 100 hari (batuk rejan). Tidak hanya itu, tanaman unik yang satu ini juga disebut-sebut dapat membantu mengatasi keluhan Bronchitis, dan Disentri.

Adapun bagian yang dimanfaatkan untuk mengatasi sejumlah penyakit tersebut, antara lain adalah daunnya. Dengan minum rebusan bunga Nanas Kerang secara rutin akan membantu mengatasi keluhan batuk, sakit tenggorokan, Bronchitis, hingga Disentri. Anda dapat menambahkan gula jawa pada rebusan Nanas Kerang guna mengatasi muntah darah.

  • Membantu menghilangkan memar dan bengkak karena benturan.

Selain untuk mengobati batuk, daun Nanas Kerang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi memar dan bengkak akibat benturan.

Caranya dengan menggunakan beberapa helai Nanas Kerang cuci hingga bersih, lalu dihaluskan dan dibalurkan pada bagian tubuh yang memar atau membengkak. Lakukan dalam beberapa kali hingga bagian tubuh yang memar membaik.

  • Mengatasi bagian tubuh yang terkilir.

Untuk terkilir, Nanas Kerang dapat dimanfaatkan daunnya. Caranya membuatnya mudah, cukup menghalungkan beberapa helai daun Nanas Kerang sesuai kebutuhan saja. Lalu, balurkan pada bagian tubuh yang terkilir.

  • Membantu mengobati buang air besar berdarah.

Bunga serta daun Nanas Kerang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati bab berdarah. Caranya, rebus kedua bahan tersebut, lalu tambahkan gula aren secara bersamaan dan minum airnya. Ramuan jamu herbal dari Nanas Kerang ini dapat diminum dua gelas sehari untuk mempercepat penyembuhan.

  • Meringankan Tuberkulosis dan mimisan.

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit yang cukup berbahaya, yang disebabkan oleh bakteri menginfeksi paru-paru. Pada umumnya, orang yang menderita penyakit tersebut menjalani pengobatan dokter dan meminum obat kurang lebih sampai 6 bulan. Untuk membantu pengobatan tersebut, Anda bisa memanfaatkan rebusan daun Nanas Kerang.

Anda bisa merebus sejumlah helai daun Nanas Kerang dan meminum air rebusannya untuk meringankan Tuberkulosis. Selain Tuberkulosis, rebusan daun Nanas Kerang juga dapat mengatasi mimisan yang terjadi diakibatkan pembuluh darah pecah.

Sangat luar biasa Khasiat Nanas Kerang untuk kesehatan dan pengobatan penyakit. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk keperluan kapan saja.

Semoga artikel diatas, mengenai Khasiat Nanas Kerang serta cara memanfaatkannya dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk membagikan kembali melalui sosial media dibawah ini ya! Salam sejahtera 🙂

Tags: