Khasiat Ngokilo Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Tradisional

Khasiat Ngokilo,- Selamat datang di website jamu obat herbal kami. Senantiasa kami akan selalu memberikan informasi terkait kesehatan, pengobatan, dan tanaman herbal berkhasiat.

Ngokilo, termasuk tanaman herbal berkhasiat lainnya yang mungkin cukup asing ditelinga kita. Bagaimana tidak, sebab tanaman yang satu ini lebih banyak tumbuh dipedesaan wilayah Jawa yang hampir berada di pelosok, serta sering tumbuh berdekatan dengan tanaman / rumput liar lainnya. Namun berdasarkan asalnya, Ngokilo berasal dari China yang memiliki nama latin yaitu Stachytarpheta Mutabilis, Vahl. Seperti apa khasiat Ngokilo? Berikut penjelasannya.

Khasiat Ngokilo

Khasiat Ngokilo Untuk Kesehatan Dan Pengobatan Tradisional

Khasiat Ngokilo,- Tanaman Ngokilo, memiliki ciri-ciri yakni serupa dengan rumput biasa. Batangnya tegak dan tumbuh sebagai semak-semak. Makanya kadang-kadang orang menganggap tanaman ini hanya tanaman liar. Menurut besarnya, Ngokilo memiliki diameter 0,2 sampai 0,7 cm, kulit luar tang berwarna ungu dengan sedikit bintik-bintik hijau yang akan menjadi coklat saat berubah semakin tua. Daunnya sendiri berbentuk bulat dengan tepian bergerigi, berbulu halus yang tidak terlalu terlihat. Tanaman ini tumbuh subur di lingkungan yang terbuka sekalipun.

Dilansir dari laman kesehatan, manfaat dan khasiat Ngokilo bekerja pada sejumlah penyakit berikut ini.

  • Mengobati Bisul.

Anda bisa menggunakan Ngokilo sebanyak kurang lebih 10 lembar yang masih segar. Lalu siapkan Adas pulosari, serta kapur sirih. Ketiganya ditumbuk hingga halus, lalu setelahnya oleskan pada Bisul. Lakukan dengan rutin agar cepat membaik.

  • Obat wasir atau ambeien.

Siapkan daun Ngokilo yang masih segar 3 lembar. Anda bisa mengkonsumsinya langsung sebagai lalapan untuk mengobati wasir dan ambeien. Perlu dilakukan setiap hari untuk terapi pengobatannya. Sedikit tambahan, bagi penderita ambeien yang sedang dalam pengobatan, sebaiknya tidak dulu mengkonsumsi memakan daging kambing dan masakan pedas.

  • Obat alami untuk sakit Maag.

Gunakan setidaknya 3 lembar daun Ngokilo yang masih segar, lalu cuci hingga bersih. Langsung saja makan sebagai lalapan dan makanlah setiap sehari secara rutin. Adapun pantangan yang sebaiknya dilakukan adalah : Tidak makan makanan yang pedas dan asam.

  • Obat alami Eksim.

Anda bisa menggunakan Ngokilo sebanyak kurang lebih 7 lembar yang masih segar, kemudian tambahkan asam 10 gr, rimpang temulawak 5 biji, gula jawa 20 gr, dan segenggam daun Sambiloto. Rebus semuanya dengan tambahan dua gelas air. Lakukan perebusan hingga air tersisa separuhnya. Air rebusan bisa diminum selama kurang lebih 5 hari berturut-turut.

  • Sebagai tanaman tradisional pengobatan darah tinggi.

Khasiat Ngokilo dapat digunakan oleh penderita darah tinggi. Caranya, gunakan 7 helai, cuci bersih dengan air matang. Makan sebagai lalapan, atau dapat dimasak dengan cara ditumis dan dikukus sebentar sebelum dimakan hingga dibuat minuman jus.

  • Tanaman Ngokilo pertolongan pertama mengatasi racun / bisa ular atau semut hitam.

Caranya, gunakan lembar daun Ngokilo yang masih segar. Gosok pada bagian tubuh yang sakit atau gatal hingga daun mengeluarkan air. Terapi ini bisa dilakukan setiap dua jam sekali.

  • Alternatif untuk menangani Tetanus.

Sediakan 5 lembar daun Ngokilo yang ditambahkan dengan asam trengguli 3 jari, rimpang kencur cukup 2 jari, rimpang bangle setengah jari saja, dan daun sambung 10 lembar, serta gula enau / gula aren 3 jari. Potong / rajang semua bahan dan rebus dengan 4 gelas air mendidih. Angkat setelah air berkurang kira-kira menjadi setengahnya dari jumlah air pada awalnya. Saring, lalu minum 3 kali sehari.

Demikianlah khasiat Ngokilo dan cara membuatnya untuk Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat. Jangan lupa bagikan kembali / share melalui sosial media yang tertera dibawah ini. Salam sehat 🙂