Khasiat Putri Malu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Yang Harus Diketahui

Khasiat Putri Malu – Selamat berkunjung di website https://jamuobatherbal.com, situs yang menyediakan berbagai informasi tentang kesehatan serta gangguan pada tubuh. Untuk pembahasan kali ini adalah tentang khasiat putri malu yang berkhasiat untuk menangani berbagai penyakit yang menyerang pada tubuh seperti penyakit kronis atau non-kronis. Semua bagian dari putri malu dapat digunakan terutama bagian daun akar. Untuk pembahasan lebih lanjut, silahkan Anda simak di bawah ini.

khasiat putri malu

Khasiat Putri Malu Untuk Mengobati Penyakit

Putri malu (Sensitive plant) merupakan suatu tanaman yang apabila disentuh akan langsung menutup dengan otomatis. Hal ini terjadi karena tanaman ini mempunyai kerentanan terhadap rangsangan yang lebih kuat bila dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Selain memiliki keunikan dengan menutup sendiri, tanaman putri malu ini juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh serta mampu mengobati segala macam penyakit yang menyerang pada tubuh. Sebab putri malu mengandung nutrisi yang banyak seperti tanin, pipekolinat, mimosin, serta kandungan berkhasiat lainnya.  Untuk memanfaatkan tanaman putri malu ini, cukup digunakan sebagai obat herbal yang direbus lalu ambil sari patinya sembari dihaluskan.

Berikut adalah khasiat putri malu untuk mengobati penyakit :

  • Menghentikan Pendarahan dan Mencegah Infeksi – Tanaman putri malu ini memiliki khasiat untuk merawat kesehatan kulit sebab memiliki kandungan anti-oksidan tinggi dan tanin. Kandungan tersebut begitu berkhasiat untuk mencegah resiko infeksi, gangguan pendarahan serta membantu dalam proses pembuatan jaringan kulit baru yang sehat.
  • Menyembuhkan Luka Penderita Diabetes – Khasiat putri malu bagian akarnya ini mampu menyembuhkan luka diabetes dengan memaksimalkan serta mempercepat proses pemulihan luka pada bagian gusi dan gigi dengan kandungan yang ada didalamnya. Untuk pengolahannya, jemur akar putri malu sampai kering, lalu ambil ekstraknya dan hancurkan sampai berbentuk bubuk. Kemudian rendam bubuk tersebut dengan methanol dengan waktu 3 minggu, setelah 3 minggu saring bubuk tersebut lakukan pengekstrakan dan diuapkan. Lalu gunakan ramuan tersebut sebagai obat tetes luka.
  • Menyembuhkan Batuk – Selain menyembuhkan luka penderita diabetes, khasiat putri malu ini juga mampu menyembuhkan batuk, pilek dan meredakan penyakit saluran pernapasan bagian atas. Untuk memanfaatkannya, ambil tanaman putri malu sebanyak 10 – 15 gram lalu cuci bersih. Rebus dan tiriskan ramuan tersebut, lalu konsumsi hingga batuk tersebut pulih.
  • Mengobati Hepatitis – Penyakit hepatitis juga dapat diatasi dengan tanaman putri malu ini, cukup dengan konsumsi air rebusan putri malu secara rutin untuk menetralisir penyebab virus hepatitis dengan timbulnya gejala radang pada organ hati.
  • Mengatasi Insomnia – Insomnia (sulit tidur) sangat mengganggu seseorang yang ingin tidur ketika malam, serta berpengaruh terhadap kesehatan juga. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, manfaatkan kandungan pada tanaman putri malu agar tidur lebih nyaman serta nyenyak dengan cara rebus tanaman putri malu sebanyak 30 gram dengan air. Kemudian konsumsi air rebusan tersebut secara rutin sebelum tidur.
  • Mengobati Rematik – Rematik yaitu penyakit radang sendi yang terjadi akibat gangguan autoimun pada tubuh, biasanya wanita lebih umum terkena penyakit rematik ini daripada pria. Untuk mengatasi penyakit rematik ini, cukup dengan rendam tanaman putri malu dengan arak putih dan biarkan dalam waktu 2 minggu. Kemudian, ambil tanaman putri yang direndam tersebut dan tempelkan pada bagian tubuh yang terasa sakit atau nyeri.
  • Menangkal Bisa Ular – Tanaman putri malu ini dapat menangkal bisa atau racun ular cobra yang begitu membahayakan. Untuk mengatasinya, jemur akar tanaman putri malu kemudian direbus. Manfaatkan ekstraknya sebagai pengobatan untuk menangkal bisa ular tersebut. Namun, penggunaan ramuan putri malu ini hanya dapat dilaksanakan oleh orang yang telah memiliki pengalaman atau herbalis.

Adapun khasiat putri malu untuk pengobatan lainnya yaitu :

  • Mengatasi Penyakit Kuning (Liver)
  • Leucoderma
  • Mengatasi ejakulasi dini
  • Mengatasi kelelahan 
  • Mengatasi sakit atau nyeri pada organ kewanitaan serta rahim
  • Mengobati kusta / lepra
  • Mengatasi wasir dan lain sebagainya

Demikian informasi dari kami seputar kesehatan terutama untuk Khasiat Putri Malu Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit Yang Harus Diketahui. Semoga bermanfaat untuk Anda sebagai wawasan untuk mengetahui khasiat putri malu, serta bagi yang mengalami keluhan atau gangguan pada tubuh semoga segera diberikan kesembuhan amin. Selamat datang & Terima kasih.

Tags: