Khasiat Seledri Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat Seledri Bagi Kesehatan, – Selamat datang di www.jamuobatherbal.com yang mana merupakan situs penyedia informasi kesehatan. Pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi tentang khasiat seledri bagi kesehatan dan pengobatan. Mungkin anda semua sudah mengetahui tanaman ini, tapi tahukah anda? Selain untuk bumbu masakan, seledri juga bisa anda konsumsi sebagai obat herbal yang sangat baik untuk kesehatan.

Jadi, apa saja khasiat seledri bagi kesehatan? Silakan untuk simak informasi dibawah ini.

Khasiat Seledri Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat Seledri Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Seledri merupakan salah satu jenis daun-daunan dari tumbuhan apium graveolens yang sering digunakan para ibu sebagai bumbu masakan. Beberapa negara seperti Korea, Cina dan Jepang memanfaatkan bagian tangkai daun untuk bahan makanan. Tanaman seledri di Indonesia dikenalkan oleh para penjajah Belanda serta dimanfaatkan daunnya untuk penyedap sup atau sebagai lalap. Di eropa seledri hampir dimanfaatkan seluruhnya mulai dari daun, tangkai, buah dan umbinya.

Sejak ribuan tahun lalu tanaman seledri sangat dikenal sebagai penyedap makanan dan unsur pengobatan. Seledri merupakan tanaman yang batangnya lunak yang tidak membentuk kayu (Terna) serta mempunyai tinggi kurang dari 1m dan mempunyai daun berpola gemuk serta bertangkai pendek.

Jenis – Jenis Seledri

Selain itu, tanaman seledri memiliki 3 jenis yang bisa dibudidayakan diantaranya:

  • Tanaman seledri umbi atau nama asingnya A. graveolens masuk dalam kelompok rapecum, untuk jenis ini biasanya membentuk umbi di permukaan tanah dan secara umum digunakan untuk sup, dan bisa dijadikan semur atau schnitzel. Umbi ini kaya akan provitamin A dan K.
  • Tanaman seledri daun atau seledri idris yang mempunyai nama asingA. graveolens kelompoksecalinum. Jenis ini secara umum sering dimanfaatkan daunnya dan banyak dipakai di masakan Indonesia.
  • Tanaman seledri tangkai atau A. graveolens kelompok dulce. Mempunyai tangkai daun yang besar serta beraroma segar untuk jenis ini biasanya digunakan untuk bahan salad.

Kandung Gizi Didalam Seledri

Selain itu seledri merupakan jenis sayuran yang rendah kalori serta mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Maka dari itu, selain dapat digunakan jadi penyedap dalam menu masakan, seledri juga dapat dijadikan bahan dasar pembuatan obat herbal yang berkhasiat bagi kesehatan serta pengobatan beberapa penyakit secara alami. Karena selendiri memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan dan pengobatan diantaranya:

  • Asam amino esensial.
  • Vitamin. Selendri kaya akan beberap vitamin serperti Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, vitamin C, E dan vitamin K
  • Mineral. Seledri juga mempunyai kandungan mineral yaitu kalsium, potasium, magnesium, natrium, zat besi dan fosfor.

Khasiat Daun Seledri Bagi Kesehatan Serta Pengobatan

Semua kandungan yang ada dalam selendri dapat memberikan banyak khasiat bagi kesehatan dan pengobatan pada beberapa penyakit seperti :

  • Membantu Menurunkan Darah Tinggi

Kandungan zat flavonoid serta nutrisi yang tinggi pada seledri dipercaya bisa menurunkan tekanan darah yang sedang meningkat. Maka dari itu, buat anda yang mempunyai tekanan darah tinggi, kami sarankan untuk mengkonsumsi daun seledri untuk menstabilkan tekanan darah serta mencegah naik kembali. berikut ini caranya :

  • Siapkan 20 tangkai seledri yang sudah dicuci bersih
  • Selanjut haluskan seledri dengan ditambah sedikit air
  • Setelah itu peras dan ambil airnya saja
  • Minumlah air seledri tersebut 3x sehari. Dengan takaran 2 sendok makan

  • Menurunkan Kolesterol
    Seledri merupakan tanaman yang kaya akan nutrisi yang mana bermanfaat mampu menurunkan kolesterol. Sebab kandungan potassium mempunyai hubungan yang sangat kuat terhadap penurunan tekanan darah. Menurut penelitian Wageningen University and Research Center di belanda dan sudah diterbitkan pada 13 maret 2010. Di setiap secangkir jus seledri mengandung 263 mg potassium yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan untuk menurunkan kadar kolesterol.

  • Membantu Mengobati Rematik
    Khasiat seledri selanjutnya adalah membantu mengobati rematik. Karena kandungan anti radang, anti bakteri, vitamin dan mineral yang komplit pada seledri diketahui mampu meredakan rasa nyeri bagi penderita rematik. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu mengurangi zat purin dalam persendian yang mana dapat menimbulkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat.

  • Mengatasi Penyakit Anemia
    Kandunga zat besi yang tinggi pada seledri, berkhasiat mencegah serta menyembuhkan penyakit anemia. khasiat tersebut sangat berlaku bagi wanita yang sedang dalam masa menstruasi dan wanita hamil.

  • Membantu Mencegah Kanker
    Di dalam daun seledri terdapat kandungan senyawa kumarin fitokimia dan asam fenolat, yang mana dapat mengatasi kanker. Kandungan tersebut, di percaya mampu mencegah serta menghancurkan aktivitas sel abnormal yang mana merupakan penyebab munculnya sel kanker.

Itulah beberapa khasiat seledri bagi kesehatan dan pengobatan berbagai penyakit. Selain khasiat yang diatas perlu anda ketahui, seledri juga berkhasiat bagi kesehatan mata seperti mengatasi mata kering, menyehatkan jaringan retina serta kornea mata. Sehingga mampu mempertahankan kualitas ketajaman penglihatan mata anda dan mencegah serangan radikal bebas.

Sekian informasi mengenai Khasiat Seledri Bagi Kesehatan Dan Pengobatan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih

Tags: