Khasiat Tanaman Tanduk Rusa Untuk Pengobatan Tradisional

Tanduk rusa merupakan sejenis tanaman paku pakuan, tanaman ini juga sering disebut dengan daun tanduk rusa atau di daerah Jawa dan Bali sering disebut simbar menjangan dan di daerah sunda disebut paku uncal.

Tanduk rusa sering dijadikan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk daun yang menjuntai panjang dan indah dilihatnya yang hidup dengan cara menempel pada tanaman induk, meskipun hidupnya menempel tanaman ini tidak merugikan tanaman inangnya karena memiliki sifat epifit.

Khasiat Tanaman Tanduk Rusa Untuk Pengobatan Tradisional

khasiat tanaman tanduk rusa

Pada dasarnya tanaman ini termasuk tumbuhan tegak yang menempel pada inang dengan pokok penumpu berupa rimpang batang dan akar membentuk bungkah kool yang memiliki warna coklat serta juntaian helaian daun berwarna hijau mirip kulit rusa dan daunnya menjuntai kebawah bercabang seperti tanduk binatang rusa terbalik.

Tanduk rusa tumbuh ditempat yang tidak langsung terkena sinarmatahari, cara pengembangbiakan tanduk rusa dilakukan dengan cara spora atau dengan memindahkan akar rimpangnya. Apakah anda tahu, ternyata tanduk rusa bisa memiliki banyak khasiat dan banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal atau tradisional berikut cara pengolahannya :

1. Obat Haid Tidak Teratur

Khasiat tanaman tanduk rusa dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal haid tidak teratur, cara pengolahannya, seduhlah 2 lembar daun tanduk rusa dengan air panas secukupnya kemudian minumlah ramuan ini 3 atau 4 hari sebelum haid.

2. Obat Radang Rahim Luar

Khasiat tanaman tanduk rusa bisa dijadikan sebagai obat radang rahim luar, cara pengolahannya, tumbuklah 2 – 5 lembar daun tanduk rusa hingga halus kemudian tambahkan minyak kayu putih secukupnya. Cara penggunaannya, anda bisa tempelkan pada perut atau rahim dan di balur dengan kain stagen.

3. Obat demam

Khasiat tanaman tanduk rusa juga bisa dijadikan sebagai obat demam secara alami dengan menyediakan 1 lembar daun tanduk rusa kemudian tumbuk hingga halus tambahkan sedikit garam lalu seduh dengan air panas 1 gelas setelah itu saringlah dan bisa anda minum 2 kali sehari 1 cangkir setiap pagi dan sore.

4. Obat abses

Khasiat tanaman tanduk rusa juga bisa mengobati abses, adalah suatu penimbunan nanah yang biasanya terjadi karena adanya suatu infeksi bakteri. Cara pengolahannya, tumbuk 1 lembar daun tanduk rusa hingga halus, beserta 1 siung bawang merah, dan adas pulawaras secukupnya kemudian pakailah dengan cara dikompres ke absesnya atau bisul.

5. Menyuburkan kandungan

Ternyata khasiat tanaman tanduk rusa dapat menyuburkan kandungan, cara pengolahannya sediakan 1/4 lembar daun tanduk rusa dan sebesar ibu jari kunyit lalu tumbuk hingga halus, tambahkan 1/2 cangkir air matang kemudian peras dan saring tambahkan gula jawa dan asam kawak secukupnya lalu minum ramuan ini secara rutin.

6. Obat gondok / kelenjar ludah / bengkak

Khasiat tanaman tanduk rusa bisa dijadikan sebagai obat gondok, cara pengolahannya sediakan 3 lembar daun tanduk rusa kemudian tumbuk hingga halus tambahkan air dan garam secukupnya, dan cara penggunaanya cukup anda oleskan di sekeliling yang terkena gondok.

Sebenarnya masih banyak lagi khasiat tanduk rusa bagi kehidupan sehari-hari kita, tanaman ini seringkali diracik dengan tanaman obat yang lain dan sering digunakan sebagai obat yang mujarab oleh orangtua pada zaman dahulu, karena memiliki kandungan senyawanya tidak jarang diambil dan dijadikan sebagai bahan tambahan racikan obat yang ada saat ini.

Tags: