Khasiat Teh Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Luar Biasa

Khasiat teh,- Kapan anda terakhir minum teh? Bersyukurlah untuk anda yang rutin minum setidaknya secangkir teh setiap hari. Dibalik kesederhanaan secangkir teh ternyata menyimpan banyak khasiat yang mungkin sebelumnya anda belum mengetahui. Tidak hanya dapat membantu melepas dahaga, minuman teh yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih dapat juga memberi khasiat untuk kesehatan tubuh dan pikiran anda. Sebelum membahas mengenai khasiat minum teh, kami www.jamuobatherbal.com akan membahas terlebih dahulu kandungan yang terdapat pada teh.

Kafein yang terkandung pada teh lebih sedikit dibanding pada kopi, polyfenol yaitu sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C, essential oil yaitu protein yang berfungsi dalam pembentukan aroma pada teh.

khasiat teh

Khasiat Teh Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Luar Biasa

Khasiat Teh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain untuk kesehatan, teh juga berkhasiat untuk kecantikan, diantaranya :

1. Khasiat teh Menurunkan berat badan

Hasil Study mengatakan bahwa ekstrak teh hijau dapat mengurangi lemak dalam tubuh yang dapat menambah berat badan, namun perlu anda hindari teh hijau instan karena banyak mengandung gula, dan sebaiknya rebus teh hijau buatan anda sendiri.

2. Khasiat teh Melarutkan lemak

Teh mengandung essential oil yang dapat memberikan khasiat yang melancarkan pencernaan dan mengurangi lemak.

3. Khasiat teh Melindungi tulang

Hasil study penelitian menyebutkan bahwa orang yang minum teh selama lebih dari 10 tahun maka akan memiliki tulang yang kuat bahkan setelah disesuaikan untuk usia , berat badan , olahraga , merokok , dan faktor resiko lainnya. Para peneliti juga mengatakan bahwa kandungan phytochemical yaitu zat yang dapat membantu melindungi tulang.

4. Khasiat teh Mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung.

Kandungan polyfenol yang terdapat pada teh mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan gula darah yaitu penyebab dari penyakit stroke dan jantung. Selain itu, kandungan kaemferol, flavonoid quercetin, dan myricetin yang terkandung pada teh mampu menurunkan tekanan darah dan pengerasan arteri.

Study dari Belanda mengatakan bahwa jika setiap hari minum 2 atau 3 cangkir teh hitam dapat mengurangi resiko 70% terkena serangan jantung.

5. Khasiat teh Meningkatkan metabolisme tubuh

Polyfenol katekin yang terkandung pada teh hijau berkhasiat meningkatkan pengeluaran energi dalam tubuh karena bersifat menghangatkan tubuh. Selain itu, lemak yang dengan cepat teroksidasi dan sensitivitas insulin dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Khasiat teh Mencegah kanker

Kandungan antioksidan, polyfenol yang terkandung dalam teh mampu melawan sel kanker , namun khasiat ini belum meyakinkan karena beberapa peneliti masih banyak memberikan dampak positif dan dampak negatif.

7. Khasiat teh Membuat rambut sehat dan bercahaya

Teh hijau mengandung pathenol yang mampu mengurangi rambut bercabang dan rusak, dengan cara diendapkan dapat di basuhkan pada rambut, biarkan beberapa menit lalu bilas dengan shampo.

8. Khasiat teh untuk Tubuh

Kandungan antioksidan sebagai penangkal radikal bebas untuk mencegah penyebab timbulnya kerutan.

9. Khasiat teh untuk Wajah

Sumber antioksidan yang terkandung pada teh mampu membantu merawat wajah dan mata. Masker yang bahan dasar teh mampu mencegah kulit kering pada wajah. Kompreskan bagian bawah mata dengan teh, mampu mengurangi kantung mata, karena kandungan tanin dalam teh mampu memberikan kesegaran kembali pada kulit sekitar mata.

Meskipun sangat banyak sekali khasiat teh untuk kesehatan hingga kencantikan, tetapi anda perlu waspada efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi teh secara berlebihan.

Kesulitan tidur dimalam hari karena teh memiliki kandungan kafein. Kandungan kafein yang terdapat pada teh juga bisa mempercepat detak jantung yang cukup bahaya jika anda mengalami penyakit jantung kronis.
Untuk wanita hamil, tidak baik pada janin jika mengkonsumsi teh secara berlebihan.

Maka dari itu anda harus mengkonsumsi teh dengan wajar dan jangan berlebihan untuk mengantisipasi efek samping dari teh. Demikian ulasan khasiat teh, semoga bermanfaat.

Jangan lupa share kembali artike ini ke sosial media dibawah !

Tags: