Khasiat Tembelekan dari Bunga Hingga Akar Untuk Kesehatan

Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami www.jamuobatherbal.com yang selalu setia memberikan berbagai informasi tips dan kesehatan terkini. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai berbagai khasiat tembelekan dari bunga hingga akar untuk kesehatan dan pengobatan penyakit .

Pernahkah anda mendengar tanaman tembelekan sebelumnya? Nama lain dari tanaman ini yaitu lantana, kembang satek, saliraya, tembelek, teterapan, mainco, cente, atau saliyere.

khasiat tembelekan

Khasiat Tembelekan dari Bunga Hingga Akar Untuk Kesehatan

Tanaman ini awalnya berasal dari kawasan tropis Amerika, dan termasuk dalam keluarga tumbuhan verbenaceae. Tanaman ini juga dapat anda temukan didataran rendah hingga ketinggian 1700m dpl serta tumbuh ditempat terbuka yang langsung terkena sinarmatahari.

Tanaman tembelekan memiliki ciri-ciri diantaranya banyak cabang, bentuk segiempat pada ranting, ujungnya berbentuk runcing, tepi berbentuk gerigi, permukaan atasnya memiliki banyak rambut, dan saat dipegang terasa kasar, serta bentuk daun yang menyirip. Selain itu, bunganya memiliki beberapa warna seperti merah muda, putih, kuning, dan berbentuk rangkaian yang bersifat rasemos serta memiliki buah mirip buah huni serta berwarna hitam pekat jika buah sudah matang.

Khasiat Tembelekan

Tanaman tembelekan mengandung berbagai zat yang penting diantaranya asam laktat, minyak, lantadene A dan B, p-cymene, a pinene, terpidenem R caryophyllene, serta asam lantonalat. Bunga dan akar tanaman ini bersifat hemostatik. Selain itu akarnya juga memiliki fifat antitoksik, analgesik, dan antipiretik.

Berikut ini khasiat tembelekan dari bunga hingga akar untuk kesheatan :

  • Mengobati permasalahan tulang dan sendi

Khasiat tembelekan mampu menyembuhkan nyeri pinggang, otot, pegal linu, rematik, dan keseleo. Selain itu, tanaman ini juga mampu mengobati luka, memar dan bengkak. Caranya, lumatkan daun tembelekan dan tempelkan langsung pada bagian tubuh yang bengkak, memar, atau luka.

  • Mengobati masalah pada sistem pencernaan

Mengobati masalah sistem pencernaan seperti sakit perut atau diare dengan cara seduh 7 gr bubuk bunga tembelekan dengan satu gelas air panas dan konsumsilah secara teratur.

  • Mengobati berbagai jenis penyakit kulit

Khasiat tembelekan untuk kesehatan kulit yaitu mampu menyembuhkan radang kulit, jamur kulit, dan eksim. Caranya dengan merebus daun tembelekan yang dicampur dengan daun ketapang cina, dan sambiloto, air rebusan bisa anda gunakan untuk mencuci bagian tubuh yang terkena penyakit kulit.

  • Dapat meningkatkan nafsu makan

Jika anda mengalami kurang nafsu makan, maka konsumsilah secara rutin air rebusan kulit tanaman tembelekan agar nafsu makan anda kembali meningkat.

  • Dapat memulihkan stamina ibu yang baru lahir

Caranya, tumbuk daun tembelekan, daunrumput knop, dan daun bandotan kemudian peras airnya lalu saring dan minumlah ramuan ini hingga kembali pulih.

  • Dapat mengobati keracunan makanan untuk merangsang agar muntah

Caranya seduh segenggam daun tembelekan yang masih segar dengan setengah gelas air panas kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit dan minum ramuan ini selagi hangat.

  • Berbagai khasiat tanaman tembelekan lainnya

Selain dapat mengobati berbagai penyakit yang sudah dijelaskan diatas, tanaman tembelekan pun berkhasiat untuk mengatasi masalah rongga pernafasan seperti batuk pada, batuk berdahak, asma, dan TBC paru. Dan penyakit lainnya seperti mampu mengobati kencing nanah, terlalu sering kencing, keputihan, sakit kepala, sakit gigi, dan bengkak pada kelenjar limpa.

Demikianlah beragam khasiat tanaman tembelekan untuk pengobatan penyakit. Perlu anda perhatikan, jangan berlebihan mengkonsumsi tanaman ini karena dapat menyebabkan muntah dan pusing, serta wanita hamil tidak dianjurkan meminum ramuan ini karena dapat mengalami keguguran.

Jangan lupa share kembali artikel ini ke sosial media yang ada dibawah !

Tags: