Khasiat Teratai Untuk Pengobatan dan Cara Pengolahannya

Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami www.jamuobatherbal.com yang selalu setia memberikan berbagai informasi tips dan kesehatan terkini. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai berbagai khasiat teratai untuk pengobatan penyakit .

Tak disangka ternyata bunga yang harum nan indah tersebut memiliki khasiat sebagai obat tradisonal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat Teratai Untuk Pengobatan dan Cara Pengolahannya

Khasiat Teratai Untuk Pengobatan dan Cara Pengolahannya

Teratai adalah salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan tanaman hias karena bunganya yang harum dan indah yang menjulur keluar, serta memiliki daun yang lebar yang bisa menampung air.

Tanaman teratai mulai dari umbi, daun, bunga, hingga biji memiliki kandungan protein, karbohidrat, lemak, karoten, asam nikotinat, vitamin B1, B7, dan C. Selain itu, pada biji teratai mengandung kalsium, zat besi, dan fosfor yang ternyata memiliki banyak khasiat teratai untuk pengobatan tradisional.

Khasiat Teratai Untuk Pengobatan Tradisional

Berikut dibawah ini khasiat teratai dan cara pengolahannya yang cukup mudah :

1. Muntah atau diare

Bahan : rimpang 50 gr dan jahe 10 gr.
Cara membuat : cuci bersih kedua bahan tersebut lalu dijus atau diparut untuk diambil airnya, kemudian minum 3kali sehari.

2. Mimisan

Bahan : Akar teratai secukupnya.
Cara membuat : cuci bersih akar teratai lalu dijus dan peras airnya kemudian teteskan kedalam lubang hidung.

3. Mengatasi insomnia

Bahan : Biji teratai 5-12 gr.
Cara membuat : rendam akar teratai lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas dan biarkan hingga dingin, minumlah air rebusannya serta bijinya bisa anda makan. Untuk mendapatkan perubahan maka lakukanlah secara rutin.

4. Mengatasi mata merah, iritasi, bengkak atau lelah

Bahan : Biji 3 gr dan bunga seruni 9 gr
Cara membuat : cuci bersih kedua bahan tersebut, lalu kumpulkan dalam kain bersih kemudian dikukus, dan biarkan hingga dingin, kemudian kompreskan pada mata. Lakukan cara ini 2 kali sehari setiap pagi dan malam.

5. Mengatasi depresi atau stress

Bahan : Biji teratai 20 butir, biji kelengkeng 15 gr, angco 10 butir, dan kimcin 10 gr.
Cara membuat : rebus semua bahan tersebut dengan 600 cc air hingga mendidih dan tersisa 300 cc air rebusan, setelah dingin, bisa anda minum airnya dan ketiga bahan tersebut yang telah direbus bisa anda makan. Lakukan secara rutin hingga keluhan berkurang.

6. Batuk darah atau muntah darah

Bahan : rimpang teratai.
Cara membuat : cuci bersih rimpang teratai lalu dibuat jus hingga menjadi 1 gelas atau 200 cc. Minumlah ramuan jus rimpang teratai secara rutin selama 3 – 5 hari agar mendapatkan hasil maksimal.

7. Obat disentri

Bahan : rimpang teratai 50 gr, jahe 10 gr.
Cara membuat : cuci bersih kedua bahan tersebut lalu tambahkan 100 cc air kemudian dimasak hingga mendidih dan biarkan hingga dingin. Setelah itu, untuk mendapatkan rasa manis bisa anda tambahkan 1 sdm madu lalu aduk rata dan ramuan ini bisa anda minum.

8 Menurunkan darah tinggi

Bahan : Biji teratai 10 gr, tunas teratai 15 gr.
Cara membuat : rebus kedua bahan tersebut dengan 350 cc air hingga tersisa 200 cc kemudian minumlah air rebusan ini setiap hari seperti minum teh.

9. Panas dalam, liver, gondok, dan penyakit jantung

Bahan : rimpang teratai 100 gr, akar alang-alang 50 gr.
Cara membuat : cuci bersih semua bahan tersebut dengan air 500 cc hingga tersisa 250 cc dan tunggu hingga airnya dingin kemudian saring dan diminum seperti minum teh.

Demikianlah khasiat teratai untuk pengobatan tradisional. semoga dapat berguna bagi anda yang membutuhkannya.

Jangan lupa share artikel ini ke beberapa sosial media dibawah ! Terimakasih.

Tags: