Khasiat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

Khasiat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh,- Selamat datang dan terimakasih telah berkunjung ke situs kami www.jamuobatherbal.com yang selalu setia memberikan berbagai informasi tips dan kesehatan terkini. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai berbagai khasiat tomat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Tomat paling sering digunakan sebagai sayuran, namun tomat juga termasuk sebagai jenis buah-buahan. Rasa asam pada tomat sering dijadikan sebagai pelengkap masakan. Sebagai jenis buah, tomat juga sangat lezat jika dikonsumsi mentah. Selain itu, tomat juga bisa dijadikan untuk minuman buah ataupun di jus.

khasiat tomat

Khasiat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh

Kandungan antioksidan kuat (lycopene) dalam jumlah banyak yaitu zat yang membuat warna merah pada tomat. Selain itu, tomat juga mengandung senyawa asam alfa lipoic yang mampu membantu mengontrol glukosa dalam darah, membantu kelestarian otak dan jaringan saraf, dan meningkatkan vasodilatasi serta melindungi retinopati pada penderita diabetes.

Senyawa nutrisi yang terkandung dalam tomat bermanfaat untuk fungsi gerak otot, belajar dan fungsi memory.

Kandungan kolin pada tomat mampu membantu penyerapan lemak, membantu mempertahankan struktur membran sel, dan mampu mengurangi peradangan kronis.

Beberapa Khasiat Tomat Yang Perlu Anda Ketahui

  • Menurunkan Resiko Kanker

Tomat memiliki kandungan berbagai antioksidan yang sangat kuat seperti lycopene dan vitamin C yang mampu membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui dapat menyebabkan kanker termasuk jenis kanker yang umum yakni kanker usus dan kanker prostat. Kandungan lycopene pada tomat mampu menurunkan resiko kanker prostat, dan kandungan betakaroten tinggi pada tomat mampu mencegah kanker kolorektal.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Tomat memiliki banyak kandungan seperti serat, vitamin C, kalium, dan kolin yang mampu mendukung kesehatan jantung. Kalium yang terkandung pada tomat mampu membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, asupan kalium yang tinggi juga mampu menurunkan resiko stroke, menjaga kepadatan mineral tulang, mencegah kehilangan masa otot, dan menurunkan pembentukan batu ginjal.

  • Mengontrol Diabetes

Tomat memiliki kandungan mineral kromium yang berfungsi untuk membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula dalam darah.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Tomat mengandung kaya akan vitamin A yang mampu menutrisi mata tetap sehat dan jika anda mengalami masalah penglihatan dimalam hari.

  • Mencegah Batu Ginjal

Konsumsi tomat tanpa biji ternyata mampu menurunkan resiko batu ginjal maka dari itu rutinlah makan tomat.

  • Menormalkan Tekanan Darah

Kandungan nutrisi kalium dan vitamin B dalam tomat mampu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

  • Memperkuat Tulang

Tomat yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin K yang mampu menjaga kekuatan tulang. Selain mengkonsumsi suplemen, perbanyaklah konsumsi tomat supaya tulang anda semakin kuat.

  • Mencerahkan Kulit

Nutrisi kandungan pada tomat mampu mencerahkan kulit, caranya gunakan kulit tomat sebagai masker wajah lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas. Untuk mendapatkan wajah yang bersih dan bercahaya maka lakukan cara ini secara rutin.

  • Membuat Rambut Menjadi Berkilau

Tomat yang mengandung kaya akan vitamin A dapat membuat rambut anda lebih berkilau jika anda secara rutin konsumsi tomat.

  • Mencegah Sembelit

Tomat memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga mampu membantu melancarkan BAB dan mencegah sembelit.

Perlu anda perhatikan, bahwa tomat termasuk salah satu buah yang paling banyak menerima insketisida sehingga jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan berakibat fatal jika dalam membersihkannya kurang baik. Bagi penderita gangguan lambung dan maag tidak diansarankan konsumsi tomat karena rasa asamnya dapat memperparah gejala. Tetapi bagi orang yang sehat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi sayur dan buah seperti tomat dan rasakan khasiat dan manfaat tomat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Itulah berbagai khasiat tomat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, untuk mendapatkan berbagai khasiatnya, konsumsi dan nikmati dalam keadaan masih segar !

Jangan lupa share dan tag artikel ini ke sosial media yang ada dibawah !

Tags: