Khasiat Waru Lengis Untuk Menyembuhkan Asma

Khasiat Waru Lengis,- Tanaman Waru Lengis atau tanaman Waru, dipercaya masyarakat sebagai salah satu tanaman herbal dengan kemampuan mengobati asma. Benarkah demikian?

Website Jamu Obat Herbal kali ini akan mengulas sedikit informasi yang berkaitan dengan manfaat dan khasiat Waru Lengis. Berikut selengkapnya.

Khasiat Waru Lengis

Khasiat Waru Lengis Untuk Menyembuhkan Asma

Tanaman Waru Lengis atau lebih dikenal sebagai daun Waru telah lama digunakan sebagai salah satu tanaman herbal untuk membantu mengobati dan menyembuhkan asma atau sesak napas yang diiringi dengan bunyi mengi (bengek). Anda bisa membuat ramuannya dengan mudah, cukup merebus daun Waru Lengis, lalu air rebusannya diminum sekali dalam sehari.

Tidak hanya sampai disitu saja. Khasiat Waru Lengis juga dapat membantu mengobati sejumlah penyakit lain diantaranya :

  • Mengobati batuk.

Jenis batuk kering hingga batuk berdahak, keduanya dapat diobati dengan minum air rebusan daun Waru. Khasiat Waru Lengis akan bekerja dalam mengeluarkan dahak yang ada di tenggorokan maupun paru-paru, yang menghambat saluran pernapasan.

  • Melancarkan menstruasi.

Terkadang periode menstruasi terasa menyakitkan dan tidak lancar, membuat sebagian besar mengeluhkan rasa nyeri pada bagian dada dan juga perut. Bagi para wanita yang memiliki keluhan tersebut, bisa memanfaatkan daun Waru Lengis untuk membantu meredakan rasa sakit pada masa menstruasi serta melancarkan tanpa rasa sakit. Anda cukup minum air rebusan daun Waru Lengis baik sebelum atau sedang dalam masa menstruasi.

  • Mengobati BAB berdarah.

Pada umumnya, seseorang yang menderita BAB berdarah disebabkan adanya infeksi terutama pada usus mereka. Manfaatkan daun Waru Lengis dengan merebusnya dan minum sekali dalam sehari saja.

  • Mengobati bisul.

Manfaat dan khasiat daun Waru Lengis juga dikatakan membantu menyembuhkan luka lama seperti bisul dan borok. Cara membuat ramuannya adalah dengan menumbuk daun Waru Lengis hingga lembut dan tempelkan pada bagian luka bisul atau borok. Setelah itu tutup dengan kain bersih atau perban.

  • Menyuburkan rambut.

Ekstrak daun Waru Lengis ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok hingga menyuburkan rambut. Caranya gunakan seperti masker rambut, haluskan daun Waru Lengis dan setelah cukup lembut usapkan pada bagian rambut serta kulit kepala. Atau Anda juga bisa mengambil air rebusan daun Waru Lengis, biarkan mendingin dan gunakan sebagai tonik rambut.

  • Mengobati sakit mata.

Manfaatkan daun Waru Lengis untuk membantu mengatasi pembengkakan pada mata akibat peradangan. Pilihannya bisa dengan meminum rebusan daun Waru Lengis, atau menumbuk daunnya sampai lembut dan tempelkan pada bagian mata yang membengkak. (Untuk mata bengkak bagian luar).

Kandungan alami bermanfaat yang dimiliki daun Waru Lengis terdiri dari :

  • Tannin.
  • Saponin.
  • Polifenol.
  • Flavonoid.
  • Dll.

Tanaman Waru Lengis yang memiliki nama lain Hibiscus Tiliaceus termasuk dalam kategori tanaman kapas. Manfaat dan Khasiat Waru Lengis dijadikan sebagai obat tradisional tidak perlu diragukan lagi.

Itu dia Khasiat Waru Lengis, semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk membagikan ulang / share kembali melalui sosial media dibawah ini agar bisa berguna untuk orang lain juga. Salam sehat 🙂

Tags: