Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata Hingga Anti Penuaan

Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui,- Wortel adalah sayuran yang identik sebagai sumber Vitamin A dan bermanfaat untuk kesehatan mata. Akan tetapi, mungkin Anda baru tahu jika Wortel juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh lainnya, hingga dianggap sebagai sayuran yang memiliki sifat alami sebagai anti penuaan.

Khasiat Wortel selengkapnya akan kami bahas dibawah ini. Jadi, jangan sampai Anda menutup laman kami sebelum membaca artikel secara keseluruhan ya. Ini dia penjelasan selengkapnya hanya untuk Anda.

Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata Hingga Anti Penuaan

Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Mata Hingga Anti Penuaan

Wortel di Indonesia lebih sering ditemukan yang berwarna orange saja. Namun sebenarnya, Wortel memiliki sejumlah warna lain diantaranya kuning, ungu, merah, hitam dan putih. Jenis sayuran ini bisa dikonsumsi oleh semua kalangan usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Wortel dapat dimakan mentah, atau dimasak terlebih dahulu. Khasiat Wortel yang paling umum kita ketahui adalah sebagai sumber Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Namun, selain Khasiat Wortel sebagai sumber Vitamin A, Wortel juga memiliki kandungan lain di dalamnya. Diantaranya :

  • Biotin Vitamin B yang memiliki peranan dalam metabolisme protein dan lemak.
  • Vitamin K1 yang dapat membantu pembekuan darah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.
  • Kalium, yang merupakan salah satu mineral pada Wortel yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan tekanan darah, serta
  • Vitamin B6, yang membantu mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi.
  • Serat, termasuk macam-macam serta diantaranya hemiselulosa, lignin, dan pektin. Manfaatnya baik dalam membantu menurunkan kadar fula dalam darah, dan melambatkan pencernaan gula & pati.
  • Senyawa lainnya yang dimiliki Wortel, yaitu lycopene, anthocyanin, karotenoid, alpha karoten, beta karoten, juga Poliasetilenes yang merupakan senyawa aktif untuk melindungi tubuh dari serangan kanker.

Nah, berikut ini selengkapnya mengenai Khasiat Wortel Untuk Kesehatan Menyeluruh.

  • Merawat mata.

Kandungan Vitamin A, beta karoten, serta lutein pada Wortel sangat baik dalam membantu mencegah gangguan atau penyakit pada mata seperti Katarak, Glaukoma, serta kelainan refraksi seperti Miopi, Hipermetropi dan Astigmatisme.

  • Menjaga kesehatan mulut.

Mengonsumsi Wortel setelah makan bermanfaat untuk mengurangi risiko gigi berlubang. Khasiat Wortel yang satu ini bukan main-main, karena Wortel memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan produksi air liur yang akan membersihkan seluruh bagian mulut dan gigi.

  • Sebagai Anti Penuaan.

Zat yang terkandung pada Wortel yang berasal dari senyawa-senyawa seperti Antoksidan, polifenol dan karotenoid di dalam Wortel orange serta Wortel ungu akan membantu memperlambat penuaan dengan mengurangi zat berbahaya seperti radikal bebas, paparan sinar matahari dan polusi.

  • Menjaga kesehatan otak.

Asupan tinggi sayuran Wortel, dapat membantu memperbaiki daya ingat, serta daya kemampuan berpikir.

  • Berbagai jenis penyakit kanker.

Mengonsumsi Wortel secara rutin pun dapat membantu tubuh terlindung dari beragam jenis Kanker. Diantaranya adalah kanker prostat, kanker usus, kanker perut, kanker lambung, kanker paru, dan kanker payudara. Karotenoid dan beta karoten yang cukup tinggi, menjadikan Khasiat Wortel secara alami mencegah terjadinya semua penyakit tersebut. Dalam sebuah penelitian terbaru bahkan menunjukkan jika perokok yang rutin mengkonsumsi Wortel lebih dari satu buah dalam kurang lebih 7 hari, dapat membantu menurunkan risiko dan Kanker paru-paru.

  • Mencegah penyakit jantung.

Mengonsumsi lebih banyak Wortel dengan didukung oleh sayuran lainnya bermanfaat untuk membantu menurunkan risiko terhadap penyakit jantung koroner sebanyak 32%. Konsumsi Wortel secara rutin juga bermanfaat dalam membantu menurunkan risiko serangan jantung pada Wanita.

  • Sebagai Antiradang.

Ekstrak Wortel memiliki manfaat untuk mencegah tubuh dari peradangan. Efeknya bahkan hampir sama jika dibandingkan dengan konsumsi obatan-obatan antiradang.

Bagaimana? Sangat luar biasa bukan Khasiat Wortel yang mungkin belum kita ketahui seluruhnya. Jadi, untuk Anda yang menghindari Wortel selama ini, diharapkan untuk mulai mengkonsumsi Wortel setelah mengetahui manfaat dan khasiatnya.

Bagi Anda yang merasa artikel kami mengenai Khasiat Wortel diatas bermanfaat, silahkan bagikan kembali melalui sosial media dibawah ini. Salam sejahtera!