Obat Herbal Alergi Dingin – Atasi Alergi dengan Efektif

Obat Herbal Alergi Dingin – Selamat berkunjung di website https://jamuobatherbal.com, situs yang menyediakan berbagai informasi tentang kesehatan serta gangguan pada tubuh. Untuk pembahasan kali ini adalah tentang obat herbal alergi dingin alami dengan tanaman herbal. Alergi dingin merupakan penyakit yang berawal dari virus burung dan mamalia. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan Anda simak pembahasan di bawah ini.

obat herbal alergi dingin

Obat Herbal Alergi Dingin

Pengertian Alergi Dingin

Alergi dingin (urtikaria) yaitu reaksi kulit terhadap dingin yang mengakibatkan timbulnya bilur yang terasa gatal dan kulit menjadi berwarna kemerahan. Tingkat keparahan gejala alergi dingin yang timbul pada tiap masing-masing orang berbeda-beda. Beberapa orang dapat hingga kehilangan kesadaran, mengalami tekanan darah yang begitu rendah, dan bahkan yang terparah dapat menimbulkan kematian. Usia remaja yaitu usia yang paling sering terkena alergi dingin, tetapi umumnya akan menghilang sepenuhnya dalam waktu beberapa tahun.

Gejala Alergi Dingin (Urtikaria)

Umumnya gejala alergi dingin timbul ketika kulit terpapar air dingin atau cuaca dingin (dibawah 4 derajat celcius). Alergi dingin juga lebih miliki resiko timbul dalam keadaan yang berangin dan lembab. Adapun berikut sebagian gejala alergi dingin, yaitu :

  • Kulit berwarna kemerahan
  • Tangan terasa bengkak ketika memegang benda dingin
  • Bibir dan tenggorokan terasa bengkak ketika mengkonsumsi makanan atau minuman dingin
  • Timbul bilur yang terasa gatal pada area kulit yang terpapar udara dingin

Reaksi alergi umumnya paling parah ketika seluruh tubuh terpapar oleh suhu dingin, misal ketika berenang pada air dingin. Reaksi yang disebakan bisa berpotensi membahayakan nyawa, misal pembengkakan pada tenggorokan dan lidah sampai sulit bernapas, tekanan darah menurun drastis, jantung berdebar, pingsan, dan membengkaknya lengan serta kaki.

Pada biasanya, alergi dingin akan menghilang dengan sendirinya sesudah beberapa minggu atau bulan, tetapi ada juga yang bertahan lebih lama. Apabila tenggorokan atau lidah terasa bengkak, merasa pusing, dan sulit bernapas, segera datangi medis.

Penyebab Alergi Dingin (Urtikaria)

Reaksi alergi dingin terjadi ketika pelepasan histamin dan kimia lain ke dalam alirah darah yang dipicu oleh cuaca dingin. Sebagian hal diduga menjadi penyebab alergi dingin, termasuk faktor genetika mempunyai sel kulit yang terlalu sensitif, virus atau penyakit tertentu.

Berikut sebagian faktor yang mengembangkan resiko terkena alergi dingin, yakni :

  • Anak-anak dan remaja : usia ini begitu sering terkena alergi dingin dan umumnya membaik dengan sendirinya dalam beberapa tahun.
  • Penyakit dasar tertentu : ada sebagian masalah kesehatan atau penyakit, misal kanker atau hepatitis yang mengembangkan resiko terkena alergi dingin.
  • Infeksi : mereka yang baru-baru saja terkena infeksi misal pneumonia atau radang paru-paru lebih memiliki resiko mengalami alergi dingin.
  • Genetika : ada anak yang mewarisi penyakit ini dari orang tuanya, tetapi hal ini begitu jarang terjadi.

Obat Herbal Alergi Dingin

Bawang Putih

  • Jika telah mengalami kedinginan hingga bersin-bersin, dapat mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk apapun. Dapat juga di iris kecil-kecil kemudian menelannya langsung seperti saat minum obat biasa, atau menambahkannya ke makanan yang akan dikonsumsi.

Minyak Jarak

  • Minyak jarak merupakan suatu bahan yang juga dapat dijadikan obat oleh penderita alergi dingin. Jika bersin-bersin dan hidung mulai berair, dapat langsung mengoleskan minyak jarak pada bagian tengah kepala. Minyak jarak ini mampu menurunkan gejala alergi tersebut.

Bawang Merah

Bawang merah mengandung quercetin yang begitu terbukti akan keahliannya dalam menurunkan histamin yang tubuh produksi. Selain itu, dapat menurunkan resiko gejala laergi dingin. Kandungan anhistamin alaminya akan menghambat inflamasi untuk berkembang dan dapat membantu bernapas lebih lega jika telah terjadi sesak napas.

  • Caranya pembuatannya : sediakan 1 siung bawang merah, air 4 cangkir serta madu murni organik. Bawang merah harus dipotong dan iris tipis-tipis, kemudian masukkan ke dalam air. Diamkan selama 1/2 hari atau 8-12 jam, sebelum akhirnya dikonsumsi secara rutin setiap hari dan jika ingin, tambahkan madu secukupnya sebelum mengkonsumsi supaya rasanya jauh lebih enak.

Air Kelapa Muda

  • Air kelapa memiliki sifat pembersih racun, air kelapa muda yang dikonsumsi bisa membersihkan semua toksin pada tubuh dan mengeluarkannya. Saat racun telah keluar, ini otomatis meredakan resiko gejala alergi dingin di dalam tubuh.

Kayu Manis

  • Gunakan kayu manis dalam bentuk bubuk untuk dijadikan sebagai obat herbal alergi dingin. Bisa dicampurkan langsung bersama dengan madu murni sebanyak 1 sendok teh untuk meringankan gejala sekaligus mengembalikan suhu tubuh yang terlalu dingin.

Jahe

  • Jahe juga dapat menjadi obat herbal alergi dingin. Meski efek samping jahe memang cukup mengkhawatirkan, asalkan jumlah takaran yang dikonsumsi tidak berlebihan maka sebenarnya tidak akan berbahaya sama sekali untuk tubuh.

Madu

  • Madu asli dan murni begitu tinggi manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia, serta mampu menjadi obat herbal alergi dingin.

Demikian informasi dari kami seputar kesehatan terutama tentang obat herbal alergi dingin. Segera bagikan kepada sesama, sosial media, atau kerabat terdekat agar mereka dapat memahami tentang pengobatan, gejala dan penyebabnya serta bagi yang mengalami semoga segera diberikan kesembuhan amin. Semoga bermanfaat & Terima kasih.

Tags: