Obat Herbal Cedera Hamstring

Obat Herbal Cedera Hamstring, Penyebab, Dan Penangannya,- Selamat datang di website kesehatan kami, Jamu Obat Herbal. Kali ini informasi yang akan kami bawakan atau ulas secara singkat yaitu mengenai Cedera Hamstring.

Dalam artikel yang berjudul Obat Herbal Cedera Hamstring, akan kami bahas mengenai apa penyebab Cedera Hamstring, Gejala, serta mengapa Cedera Hamstring terjadi dan tidak lupa penangannya baik melalui medis ataupun Obat Herbal Cedera Hamstring. Berikut selengkapnya.

Obat Herbal Cedera Hamstring

Obat Herbal Cedera Hamstring, Penyebab, Dan Penangannya

Mengenai Cedera Hamstring.

Obat Herbal Cedera Hamstring,- Hamstring merupakan tiga otot besar yang berfungsi sebagai penghubung antara otot dan juga tulang. Hamstring tidak terlalu banyak digunakan saat berdiri atau berjalan. Hamstring aktif saat kita beraktivitas seperti memanjat, melompat, berlari dan menekuk lutut.

Cedera pada Hamstring, adalah saat terjadi tarikan atau robekan pada otot Hamstring. Pada umumnya, Cedera Hamstring dialami oleh para atlit olahragawan dan terbagi kedalam 3 tingkatan berbeda. Yaitu :

  • Tingkat 1 : Tarikan ringan otot Hamstring.
  • Tingkat 2 : Robekan pada sebagian otot Hamstring.
  • Tingkat 3 : Robekan di hampir seluruh bagian otot Hamstring.

Gejala Cedera Hamstring.

Akibat Cedera Hamstring, beberapa gejala yang dirasakan diantaranya :

  • Mengalami pembengkakan.
  • Timbul rasa nyeri yang hebat dan sensasi robek (terputus) di belakang paha.
  • Terdapat memar di lokasi cedera.
  • Otot yang melemah bahkan tidak dapat menahan beban akibat kaki yang cedera.

Penyebab Cedera Hamstring.

Cedera Hamstring terjadi karena otot Hamstring meregang melalui batas kemampuannya saat beraktivitas seperti melompat dan berlari. Beberapa faktor berikut ini juga turut meningkatkan risiko Cedera Hamstring. Apa saja?

  • Olahraga. Jenis olahraga seperti berlari sangat berisiko menyebabkan Cedera Hamstring.
  • Kelenturan otot yang buruk. Kondisi ini membuat otot tidak dapat menahan beban dan tekanan saat beraktivitas.
  • Riwayat Cedera Hamstring. Jika sebelumnya pernah mengalami Cedera Hamstring, maka tidak menutup kemungkinan untuk mengalaminya kembali.
  • Perkembangan otot yang tidak seimbang. Menurut beberaoa ahli, Cedera Hamstring rentan terjadi saat otot paha bagian depan lebih kuat dibandingkan dengan otot Hamstring.

Diagnosis dan Pengobatan Cedera Hamstring.

Obat Herbal Cedera Hamstring,- Dalam tahap Diagnosis atau pemeriksaan, terlebih dahulu dokter akan melakukan wawancara medis pada pasien yang dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan MRI juga dilakukan dengan cukup akurat untuk membantu diagnosis cedera lebih tepat pada Hamstring walaupun tidak menjadi keharusan.

Pengobatan Hamstring didukung dengan kesadaran pasien untuk tidak beraktivitas yang berat hingga pasien dapat puluh kembali. Didukung dengan beberapa langkah dibawah ini, Cedera Hamstring diharapkan pulih dengan segera. Yaitu :

  • Mengkonsumsi obat-obatan untuk mengurangi sakit dan pembengkakan.
  • Mengompres dengan es batu beberapa kali dalam sehari. untuk mengurangi bengkak dan nyeri.
  • Membalut dan mengangkat kaki guna meminimalisir pembengkakan yang terjadi.
  • Menggunakan penyangga kaki (tongkat) untuk membantu menopang tubuh agar tidak memperparah cedera.
  • Melakukan pembedahan guna melekatkan kembali otot-otot Hamstring yang robek atau tertarik dari tulang panggul, maupun tulang kering. Pembedahan ini dilakukan pada cedera yang masuk kategori parah atau Tingkat 3.

Tips pencegahan terhadap Cedera Hamstring : Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Biasakan untuk berjalan kaki terlebih dahulu atau jogging untuk menjaga otot tidak menjadi ‘kaget’ saat tiba-tiba berjalan atau berlari untuk jarak jauh.

Obat Herbal Cedera Hamstring saat ini belum bisa kami rekomendasikan yang sesuai. Namun, beberapa bahan alami dibawah ini mungkin bisa membantu meredakan otot yang nyeri karena Cedera Hamstring.

Obat Herbal Cedera Hamstring

  • Minyak serai.

Berdasarkan penelitian dari para ahli kesehatan, disebut jika otot yang kaku dan nyeri serta mudah kram terjadi akibat aliran darah yang tidak lancar. Minyai serai bisa dimanfaatkan sebagai obat dengan mengoleskannya pada bagian otot yang terasa sakit.

  • Kamomil.

Bunga Kamomil beserta daun Kamomil sudah sejak lama dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang membantu mengatasi peradangan termasuk yang terjadi pada otot. Kandungan utama di dalamnya yaitu senyawa bernama Flavonoid yang berfungsi sebagai zat alami melawan rasa sakit dan peradangan pada otot dan sendi. Anda bisa menggunakan Kamomil ini dengan membuatnya menjadi minuman teh, atau mengoleskan minyak ekstrak essensial dari bunga Kamomil secara langsung pada area sendi yang terasa nyeri dan kaku.

  • Minyak daun mint.

Sedangkan berdasarkan penelitian dalam jurnal Anaesthesia, jika minyak daun Mint cukup ampuh dijadikan sebagai obat alami pereda nyeri otot, otot kaku dan gangguan otot lainnya termasuk Cedera Hamstring. Saat ini sudah banyak minyak gosok dengan tambahan kandungan Mentol dari daun Mint yang bisa digunakan.

Demikianlah selengkapnya artikel kami mengenai Obat Herbal Cedera Hamstring. Semoga bermanfaat untuk Anda pengunjung website kami. Salam sehat 🙂

Tags: