Obat Herbal Gangguan Tidur

Obat Herbal Gangguan Tidur – Selamat berkunjung di website https://jamuobatherbal.com, situs yang menyediakan berbagai informasi tentang kesehatan serta gangguan pada tubuh. Untuk pembahasan kali ini adalah tentang obat herbal gangguan tidur dengan tanaman herbal alami. Gangguan tidur yaitu kelainan yang dapat menimbulkan gangguan pada pola tidur. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan Anda simak pembahasan di bawah ini.

obat herbal gangguan tidur

Obat Herbal Gangguan Tidur dengan Alami

Pengertian Gangguan Tidur

Gangguan tidur yaitu kelainan yang dapat menimbulkan gangguan pada pola tidur. Gangguan tidur yang lebih parah bisa mengganggu aspek jiwa, fisik, emosional, serta sosial dari kehidupan seseorang. Insomnia yaitu jenis gangguan tidur yang begitu diketahui, tetapi gangguan tidur juga bisa berupa teror malam yang selalu terjadi dan menggertakkan gigi ketika tidur.

Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh gangguan tidur, yaitu :

  • Kelelahan.
  • Merasa lemas dan mengantuk.
  • Mudah marah.
  • Sulit untuk konsentrasi di siang hari.

Gejala Utama Gangguan Tidur

  • Mendengkur
  • Sulit tidur
  • Mengompol
  • Emosi yang tidak stabil
  • Sering terlihat mengantuk
  • Mengantuk pada siang hari
  • Sulit mengingat atau menyimpan informasi
  • Sering marah tanpa alasan yang jelas pada siang hari
  • Sering terbangun pada malam hari
  • Teror malam atau sering mimpi buruk
  • Kesulitan bernapas saat tidur
  • Membutuhkan rangsangan kimia (Dalam bentuk kafein) untuk tetap terbangun
  • Berkurangnya reaksi atau respon terhadap rangsangan
  • Sangat mengantuk dan tertidur ketika menyetir
  • Sulit berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas dirumah, tempat kerja, atau sekolah

Penyebab Terjadinya Gangguan Tidur

  • Faktor lingkungan – konsumsi obat terlarang dan alkohol.
  • Faktor psikologis – depresi atau kegelisahan akan memperngaruhi pola tidur.
  • Rasa sakit dan gangguan pada tubuh – nyeri pada organ dalam bisa membangunkan penderita dan menimbulkan penderita sulit tidur kembali.
  • Berbagai penyakit dan gangguan kesehatan – gangguan pernapasan akibat asma bisa mengganggu tidur.

Obat Herbal Gangguan Tidur

Akar Valerian

obat herbal gangguan tidur

Valerian yaitu tanaman herbal asal Eropa dan beberapa wilayah Asia. Akar valerian ini selalu dipakai sebagai obat herbal untuk mengatasi gejala kecemasan, depresi, menopause, sampai sulit tidur. Sebagian ahli pun sudah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi 300-900 mg valerian sebelum tidur bisa menjadi pemicu rasa kantuk lebih cepat sekaligus mengembangkan kualitas tidur. Tetapi, semua hasil penelitian ini tergantung pada pengukuran objektif yang dijalani selama tidur, melewati gelombang otak dan denyut jantung. Selain itu, akar valerian ini aman untuk dewasa dan tidak memiliki efek samping. Namun, hindari untuk ibu hamil dan menyusui. Maka dari itu, akar valerian ini dapat dijadikan sebagai obat herbal gangguan tidur.

Chamomile

obat herbal gangguan tidur

Chamomile juga dapat dijadikan sebagai obat herbal gangguan tidur, sebab mampu melawan insomnia serta mampu memperbaiki kualitas tidur. Tentunya aman untuk dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping.

Melatonin

obat herbal gangguan tidur

Melatonin memiliki kandungan hormon yang memberi sinyal pada otak untuk tidur, tepatnya pada kelenjar pineal yang berada di pusat otak. Oleh karena itu, semakin banyak hormon melatonin yang terdapat di dalam tubuh, semakin meningkat juga perasaan kantuk yang dialami. Selain itu, melatonin juga bisa mengembangkan kualitas tidur pada orang yang menderita gangguan tidur. Secara khusus, melatonin berfungsi untuk mengatur jam biologis tubuh. Jam biologis atau ritme sirkadian inilah yang ikut memastikan kapan rasa kantuk datang dan berapa lama akan tidur. Melatonin ini bisa didapatkan dari makanan misal kacang almond, kacang walnut, buah ceri, dan oatmeal.

Magnesium

obat herbal gangguan tidur

Magnesium dapat dijadikan sebagai obat herbal gangguan tidur, sebab magnesium penting untuk fungsi kerja otak dan jantung. Selain itu, magnesium juga mengandung mineral yang mampu untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh, sehingga membuat tubuh lebih cepat terlelap. Relaksasi dari magnesium dipercaya bermula dari keahliannya dalam mengatur produksi hormon melatonin, yang memandu jam biologis tubuh. Tidak hanya itu, magnesium juga cenderung rendah dalam tubuh yang berpengaruh terhadap timbulnya gangguan tidur seperti insomnia. Magnesium ini bisa didapat dari makanan seperti ikan, biji gandum utuh, sawi hijau, brokoli, bayam, susu, pisang, alpukat, serta kacang-kacangan.

Passion flower (Passiflora incarnata)

obat herbal gangguan tidur

Passion flower dapat dijadikan sebagai obat herbal gangguan tidur, sebab memiliki khasiat dimana mampu mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Untuk mengkonsumsi, teh passion flower ini dikonsumsi 1 jam sebelum tidur. Serta lebih berkhasiat saat diolah sebagai teh dibanding suplemen.

Glycine

obat herbal gangguan tidur

Glycine yaitu asam amino yang berperan penting dalam kerja sistem saraf tubuh. Selain itu, dapat juga berfungsi untuk memperbaiki kualitas tidur, dengan cara menurunkan suhu tubuh guna menandakan sudah waktunya untuk tidur. Konsumsi glycine ini secara rutin sebelum tidur, karena mampu memicu rasa kantuk dan mempercepat tidur. Obat herbal gangguan tidur ini bisa didapatkan dari daging, telur, unggas, ikan, kacang, bayam, kubis, pisang, dan kiwi.

Lavender

obat herbal gangguan tidur

Aroma dari lavender memiliki manfaat untuk menenangkan tubuh sekaligus mempercepat waktu tidur. Bahkan, sebagian studi sudah menunjukkan bahwa mencium aroma lavender selama 30 menit sebelum tidur mampu untuk mengembangkan kualitas tidur. Selain itu, studi lain yang menunjukkan keahlian lavernder juga menyatakan bahwa aroma lavender mempunyai khasiat yang sama efektifnya dengan obat tidur konvensial, namun dengan kemungkinan efek sampingnya yang jauh lebih sedikit.

Demikian informasi dari kami seputar kesehatan terutama tentang obat herbal gangguan tidur. Segera bagikan kepada sesama, sosial media, atau kerabat terdekat agar mereka dapat memahami tentang pengobatan, gejala dan penyebabnya serta bagi yang mengalami semoga segera diberikan kesembuhan amin. Semoga bermanfaat & Terima kasih.

Tags: