Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa, Pengertian dan Gejalanya

Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa,- Selamat datang kembali di website Jamu Obat Herbal. Seperti biasa kami akan membagikan informasi terkait informasi penyakit. Untuk kali ini, kami akan membahas tentang salah satu penyakit kulit yang bernama Hidradenitis Suppurativa.

Penyakit kulit yang umum kita ketahui biasanya adalah gatal kurap, kudis, cacar, campak, dll. Apakah Anda pernah mendengar Hidradenitis Suppurativa? Tentu mungkin jarang Anda dengan sebab nama ini adalah nama medisnya. Penyakit Hidradenitis Suppurativa termasuk jenis penyakit kulit jangka panjang yang biasanya muncul pada kulit yang memiliki rambut dan kelenjar keringat. Ingin tahu selengkapnya? Mari simak tentang Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa, Pengertian dan Gejalanya berikut ini.

Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa

Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa, Pengertian dan Gejalanya

Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa,- Hidradenitis Suppurativa menurut pengertiannya, merupakan sejenis penyakit kulit jangka panjang yang timbul di kulit yang memiliki rambut dan kelenjar keringat. Kemunculan Hidradenitis Suppurativa ini diawali dengan tumbuhnya benjolan kecil sebesar kacang di area pergesekan kulit, seperti ketiak atau lipat paha / selangkangan. Benjolan kecil yang muncul tersebut bisa menyebabkan nyeri dan terkadang berisi nanah.

Pengertian dan Gejala Hidradenitis Suppurativa.

Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa,- Kemunculan penyakit kulit Hidradenitis Suppurativa saat lubang folikel (lubang tumbuhnya) rambut atau kelenjar keringat tersumbat, lalu menyebabkan peradangan. Sampai saat ini belum diketahui apa yang menjadi penyebab kemunculannya. Akan tetapi, faktor hormon serta respon sistem kekebalan tubuh dianggap paling berpengaruh yang menyebabkan kondisi ini terjadi.

Sejumlah faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko terkena Hidradenitis Suppurativa diantaranya adalah :

  • Genetik.

Merupakan salah satu faktor yang menyebabkan penyakit kulit Hidradenitis Suppurativa muncul. Sepertiga kasus Hidradenitis Suppurativa yang terjadi, penyebabnya diketahui karena anggota keluarga lain memiliki / pernah mengidap keluhan serupa dan tidak ada kaitannya dengan menjaga kebersihan.

  • Jenis kelamin.

Berdasarkan kasus yang sudah-sudah, banyak dari penderita Hidradenitis Suppurativa yang ternyara diderita oleh kaum wanita.

  • Usia.

Walaupun Hidradenitis Suppurativa dapat dialami oleh beragam jenis usia, namun lebih umum bisa dialami orang-orang berusia 20 sampai 29 tahun.

  • Faktor lain.

Faktor lain yang mempengaruhi seseorang mengalami Hidradenitis Suppurativa bisa berasal dari sejumlah kondisi kesehatan lainnya, seperti obesitas, diabetes, penyakit Crohn, gangfuan sistem metabolik, serta kebiasaan merokok.

Gejala penyakit kulit Hidradenitis Suppurativa.

Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa,- Sejumlah gejala pun biasa terjadi pada penderita Hidradenitis Suppurativa. Diantara gejala yang umum, adalah kemunculan benjolan di kulit sekitar folikel rambut dimana area tersebut memiliki banyak kelenjar keringat, diantaranya ketiak, lipat paha, paha dalam, belahan bokong atau sekitar dubur. Benjolan yang muncul biasanya meradang dan memiliki jenis benjolan keras/mengeras. Terkadang benjolan akan hilang dengan sendirinya dalam 30 hari. Akan tetapi kondisi semakin parah jika kemudian muncul nanah dan menyebabkan nyeri.

Dikatakan jika jenis benjolan Hidradenitis Suppurativa dapat menghilang, namun bisa timbul kembali serta meninggalkan bekas luka / jaringan parut permanen di kulit. Selain benjolan, tanda-tanda Hidradenitis Suppurativa juga berupa komedo berwarna hitam.

Dalam kasus yang lebih parah, Hidradenitis Suppurativa membuat saluran nanah terbentu dibawah permukaan kulit. Hal ini menyebabkan saluran-saluran sinus menghubungkan area-area benjolan dan menyebabkan peradangan serta infeksi menyebar lebih luas.

Berdasarkan keterangan para ahli, Hidradenitis Suppurativa memiliki 3 tingkatan / stadium berbeda berdasarkan peningkatan kondisinya, diantaranya :

  • Stadium 1 : Saat abses muncul di satu atau beberapa area di kulit, namun terpisah satu sama lain tanpa membentuk jaringan parut dan saluran sinus.
  • Stadium 2 : Kemunculan Abses sering kambuh di satu atau beberapa area kulit, dan saluran sinus mulai terbentuk.
  • Stadium 3 : Abses muncul di sejumlah area dan saling terhubung oleh saluran sinus.

Pemeriksaan Hidradenitis Suppurativa dilakukan dengan bertanya / berkonsultasi dengan ahlinya, yaitu dokter. Dokter nantinya akan memberikan pemeriksaan terlebih dahulu.

Pengobatan pada penderita Hidradenitis Suppurativa.

Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa,- Pengobatan untuk Hidradenitis Suppurativa disesuaikan dengan kondisi pasien serta kondisi penyakit yang diderita. Jika penyakit kulit Hidradenitis Suppurativa masih dalam tahapan stadium 1 atau awal, penanganannya cukup dengan pemberian obat-obatan. Namun, jika penderita Hidradenitis Suppurativa memasuki stadium 3 atau akhir, penanganan medis yang dianjurkan adalah penanganan bedah atau operasi.

Sayang sekali untuk pilihan Obat Herbal Hidradenitis Suppurativa, kami tidak dapat menginformasikan bahan alami apa yang cocok untuk membantu penanganan Hidradenitis Suppurativa. Mungkin dalam artikel selanjutnya. Sementara ini, ada baiknya tetap melakukan pemeriksaan dan pengobatan seperti yang diharuskan.

Perlu Anda ketahui jika Hidradenitis Suppurativa yang dibiarkan hingga kondisi semakin parah menyebabkan sejumlah komplikasi terjadi. Diantara komplikasi yang muncul akibat Hidradenitis Suppurativa yang parah, diantaranya :

  • Mengalami pembengkakan di daerah lain, misalnya Hidradenitis Suppurativa yang berasal dari ketiak, mengalami bengkak menjalar hingga lengan ikut membengkak.
  • Hidradenitis Suppurativa berakibat menghambat aliran cairan getah bening di dalam tubuh.
  • Depresi.
  • Mengalami gangguan fungsi organ Ginjal dan Anemia akibat Infeksi kronis.
  • Mengalami nyeri dan radang sendi.
  • Kanker kulit. Dalam sebagian kasus Hidradenitis Suppurativa yang parah memicu timbulnya penyakit kulit berbahaya lain seperti Kanker Kulit.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang disampaikan didalamnya bermanfaat untuk Anda.

Jangan lupa bagikan/share ulang artikel kami melalui sosial media dibawah ini ya. Salam sejahtera 🙂

Tags: