Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik, Pengertian Kondisi Dan Komplikasi

Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik Meringankan Kecanduan Alkohol,– Dari sebagian besar masalah ‘kecanduan’ di dunia kesehatan, salah satunya yang paling sulit dihindari adalah kecanduan alkohol. Namun sayangnya, kecanduan alkohol telah menjadi yang paling umum di dunia dan menjadi salah satu yang paling sulit diatasi.

Pada kesempatan kali ini, dalam website Jamu Obat Herbal, saya akan mengulas tentang bagaimana kondisi secara menyeluruh si pecandu alkohol, atau disebut Ketoasidosis Alkoholik (bisa disebut juga sebagai hasil akhir, serta akibat), mulai dari pengertian, penyebab hingga komplikasi juga Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik.

Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik

Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik, Pengertian Kondisi Dan Komplikasi

Ketoasidosis alkohol atau disingkat AKA, merupakan kondisi ‘kegawatan medis’ yang berkaitan dengan alkohol. Kondisi ini merupakan sebutan bagi seorang pecandu minuman beralkohol yang telah berhenti minum alkohol dalam waktu kurang lebih 2 hingga 4 hari. Para medis menyebut kondisi ini sebagai sindrom AKA, sindrom putus obat alkohol yang ditandai dengan gejala dehidrasi, sakit perut, mual, muntah hingga bau aseton pada nafas.

Sederhananya, Ketoasidosis alkoholik, merupakan keadaan dimana pecandu alkohol seperti ‘kehabisan bahan bakar’. Namun yang dibutuhkan mereka sebenarnya bukan alkohol, mereka membutuhkan asupan karbohidrat dan air dalam tubuhnya. Maka dari itu, tubuh mereka dengan sendirinya akan memulai sistem metabolisme / membakar protein dan lemak untuk menggantikan karbohidrat, kedalam bentuk benda keton untuk kemudian menghasilkan energi. Benda keton merupakan asam yang menumpuk di dalam darah, menyebabkan keasaman lebih tinggi, menyebabkan pecandu alkohol lebih menderita dari sebelumnya. Terdengar lebih menakutkan bukan?

Bukan hanya itu saja, karena kecanduan alkohol pada seseorang bisa menyebabkan mereka mengalami gangguan kesehatan yang serius, diantaranya gangguan kejiwaan yang meliputi depresi, kecemasan, psikosis, hingga bipolar. Gangguan kejiwaan ini biasanya menyebabkan orang-orang yang ketergantungan dengan alkohol seperti sering mendengar suara-suara, membuat gelisah, hingga menyebabkan mereka melakukan usaha bunuh diri. Bagaimana mengatasi kondisi ini? Adakah jenis pengobatan ataupun alternatif Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik untuk meringankan gejala kecanduan alkohol tersebut?

Pengobatan dari sisi medis.

Menurut sisi medis, media untuk pengobatan Ketoasidosis alkoholik dilakukan melalui terapi. Terapi penanganan Ketoasidosis alkoholik dilakukan dalam 3 tahapan penting. Antara lain :

  • Terapi penurunan cairan esktraseluler.
  • Terapi penurunan glikogen, dan
  • Terapi untuk perbaikan rasio NADH dengan NAD+.

Cairan infus khusus nantinya akan diberikan dokter kepada penderita Ketoasidosis Alkoholik, yang terdiri dari dextrose (cairan gula) dengan laruan garam fisiologis. Obat juga akan diberikan untuk membantu mencegah efek samping kecanduan minuman beralkohol. Lebih lanjut lagi, dokter akan melakukan beberapa pengecekan rutin pada tekanan darah, detak jantung pasien serta cara mereka bernapas.

Pengobatan dengan obat herbal.

Pengobatan dari sisi herbal yang akan membantu mengurangi efek kecanduan alkohol, kami tidak dapat memberikan secara spesifiknya untuk jenis Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik. Namun, bahan-bahan alami berikut, bisa dijadikan sebagai alternatif terbaik yang dapat membantu.

Rekomendasi Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik.

1. Bearberry.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan metilarbutin dan arbutin yang sangat baik jika diberikan pada pecandu alkohol. Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan kedua daun dari tanaman tersebut yang telah kering / dikeringkan, dengan segelas air. Minumlah sebanyak 6 kali, 1 sendok setiap harinya disela-sela waktu makan.

2. Anggur, lidah buaya dan Madu.

Bahan-bahan alami berikutnya mudah untuk didapat. Anda bisa menggunakan kurang lebih 7 daun besar lidah buaya kemudian simpan terlebih dahulu di lemari pendingin / kulkas selama 2 minggu. Kemudian, pisahkan daging dari kulitnya, lumatkan daging lidah buaya dengan cara menggilingnya, tambahkan 700 ml anggur merah, dan madu asli sekitar setengah liter saja. Setelahnya, simpan kembali pada wadah tertutup / toples.

Cara minumnya mulailah dengan bertahap dan dalam dosis kecil, misalnya setengah sendok teh 3 kali sehari, allu naik menjadi 2 sendok makan 3 kali sehari. Pengobatan dengan ramuan herbal ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari, untuk mendapatkan hasil membaik, lakukan minimal 3 bulan.

3. Poeny.

Peony termasuk tanaman herbal yang akan membuat pecandu alkohol berat enggan untuk kembali kepada kebiasaan minumnya.

Cara mengolah obat herbal ketoasidosis alkoholik dari tanaman Peony adalah dengan menggilingnya sampai halus dan berair. Jika sudah ada airnya, masukan setidaknya 1 sendok teh dari air gulingan tanaman herbal Peony pada panci, tambahkan 2 gelas air dingin. Kemudian rebus kurang lebih selama 5 menit, saring, lalu dinginkan. Minum sebanyak 100ml, disela waktu makan. Lamanya dengan pengbatan jenis ini kira-kira memakan waktu 3 hingga 6 bulan.

4. Resep herbal terkenal bagi penderita kecanduan alkohol.

Artemisia absinthium 50 gr, Daun barberry 100 gr, Buah barberry 50 gr

Cara membuatnya :

Rendam semalaman dalam satu liter air dingin dan biarkan sampai pagi. Rebus campuran semua bahan tersebut selama 1 – 2 menit kemudian saring. Minumlah satu gelas 3 sampai 4 kali sehari, satu jam setelah makan.

5. Resep tradisional ramuan herbal china.

Bahan-bahan herbal china yang digunakan sebagai obat herbal ketoasidosis alkoholik, diantaranya daun mint 50 gr, teh hijau 50 gr, daun buah coklat 100 gr, jahe 100 gr, dan akar ginseng 50 gr.

Cara membuatnya :

  • Campurkan semua bahan dan giling sampai halus.
  • Masukan 3 sendok hasilnya, campurkan ke dalam 1 liter air yang sedang dipanaskan dan biarkan semalam dalam wadah / termos yang dibungkus selimut.
  • Setelah itu, saring campuran tersebut, tambahkan satu sendok teh madu, sejuput kayu manis dan satu sendok teh jus lemon.
  • Minum ramuan tersebut tanpa tambahan air.

Macam-macam ramuan Obat Herbal Ketoasidosis Alkoholik diatas, bisa mulai dicoba untuk dilakukan secara rutin. Pilih salah satu saja dimana bahan-bahannya mudah di dapatkan.

Jika tidak segera dilakukan pengobatan, kapan lagi? Jangan sampai menunggu hingga menjadi semakin memburuk dan menyebabkan tubuh mengalami komplikasi kesehatan.

Komplikasi dari Ketoasidosis Alkoholik juga tidak boleh sampai terjadi. Berikut adalah komplikasi Ketoasidosis Alkoholik pada penderita kecanduan alkohol.

  • Pneumonia, penyakit kronis yang terjadi di paru-paru.
  • Radang pankreas.
  • Mengalami pendarahan pada sistem saluran pencernaan.
  • Kejang.
  • Mengalami koma.

Semoga artikel diatas senantiasa bermanfaat bagi para pengunjung website kami. Jika demikian, tidak ada salahnya untuk membantu kami membagikan artikel tersebut melalui sosial media yang Anda miliki.

Salam sejahtera!

Tags: