Obat Herbal Ketombe Alami dan Mudah Didapatkan

Obat Herbal Ketombe – Selamat berkunjung di website https://jamuobatherbal.com, situs yang menyediakan berbagai informasi tentang kesehatan serta gangguan pada tubuh. Untuk pembahasan kali ini adalah tentang obat herbal ketombe dengan herbal alami. Ketombe (Dandruff) merupakan serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut atau terlihat di bahu. Untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan Anda simak pembahasan di bawah ini.

obat herbal ketombe

Pengertian Ketombe

Ketombe (Dandruff) merupakan serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan yang mengelupas dan menempel pada rambut atau terlihat di bahu. Meski ketombe tidak menular atau jarang sekali menjadi penyakit yang serius, keadaan ini dapat terlhiat memalukan dan terkadang sulit untuk diatasi. Ketombe bukanlah permasalahn pada rambut atau seberapa sering mencuci rambut. Tetapi, ketombe yaitu masalah pada kulit kepala.

Gejala ketombe begitu mudah diketahui. Serpihan kulit mati berwarna putih atau ke abu-abuan dan kadang berimnyak bisa nampak dengan jelas ketika menempel pada rambut atau saat berjatuhan pada bahu. Tidak hanya itu, umumnya ketombe di ikuti dengan rasa gatal yang timbul di kulit kepala. Sedangkan pada bayi, ketombe yang timbul selalu di istilahkan dengan nama cradle cap. Ini yaitu keadaan kelainan yang menimbulkan kulit kepala bayi menjadi bersisik. Biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir, namun dapat juga timbul pada masa perkembangan bayi. Cradle cap umumnya bukanlah sebuah keadaan yang serius dan cenderung hilang dengan sendirinya ketika bayi memasuki usia 1 tahun.

Gejala Utama Ketombe

Kulit kepala gatal

  • Ini merupakan gejala ketombe yang paling biasa. Apabila mempunyai ketombe pada kulit kepala, rasa gatal mungkin merupakan gejala umum yang akan dialami. Rasa gatal ini ditimbulkan oleh serpihan yang longgar. Serpihan yang nampak ini yaitu sel mati yang bermula dari kulit kepala. Kulit kepala kering adalah penyebab utama ketombe.

Rambut rontok

  • Rambut rontok yaitu pengalaman biasa ketika menderita masalah kulit kepala ini. Biasanya kehilangan 20-50 helai rambut setiap hari. Ini merupakan rentang normal dari rambut rontok. Tingkat kerontokan rambut yang tinggi dapat menjadi gejala ketombe.

Rambut kering dan kusam

  • Ketombe cenderung mengeluarkan minyak yang ada dari kulit kepala, membuat rambut kering dan tidak bernyawa. Rambut mungkin terlihat kusam dan tidak terkendali bahkan sesudah disikat dengan benar. Untuk memperlakukan hal ini harus dengan hati-hati. Lakukan perawatan rutin untuk menghilangkan ketombe pada kulit kepala.

Penyebab Terjadinya Ketombe

  • Kulit yang mengalami iritasi dan berminyak (Dermatitis seboroik) merupakan suatu penyebab ketombe paling umum dan menimbulkan kulit memerah dan berminyak yang tertutupi oleh sisik putih atau kuning.
  • Tidak cukup sering mencuci rambut. Jika tidak mencuci rambut dengan rutin, minyak dan sel kulit dari kulit kepala dapat menimbun dan menimbulkan ketombe.
  • Jamur, disebut malassezia, hidup di kulit kepala pada kebanyakan orang dewasa. Dalam sebagian kasus, malessezia mengiritasi kulit kepala dan bisa menimbulkan lebih banyak sel kulit tumbuh.
  • Kulit kering. Serpihan dari kulit kering ini biasanya lebih kecil dan kurang berminyak dibanding penyebab ketombe yang lainnya. Tidak hanya itu, kulit memerah atau radang tidak mungkin timbul.
  • Sesitivtas terhadap produk perawatan rambut. Terkadang sensitivitas terhadap bahan tertentu dalam produk perawatan rambut atau pewarna rambut dapat menimbulkan kulit kepala merah, gatal, atau bersisik.

Obat Herbal Ketombe Alami

Minyak Zaitun

  • Minyak zaitun mempunyai berbagai khasiat didalamnya, termasuk mampu mengatasi ketombe yang membandel. Sebab, minyak zaitun bisa melembabkan kulit kepala secara optimal. Sehingga tidak ada lagi serpihan sel kulit mati yang menimbulkan ketombe. Maka minyak zaitun dapat dijadikan sebagai obat herbal ketombe secara alami.

Air Perasan Lemon

  • Kandungan asam yang tinggi pada air lemon mampu menghilangkan ketombe dengan alami. Tidak heran sebab rasa asamnya mampu mengembalikan tingkatan pH pada kulit kepala ke angka normal. Sehingga tidak ada lagi ketombe membandel yang akan menempel.

Kuning Telur

  • Kuning telur memiliki khasiat untuk mengatasi ketombe dengan alami. Sebab terdapat kandungan protein yang menutrisi kulit kepala secara optimal. Sehingga sel kulit tetap sehat dan terhindar dari kekeringan yang mampu menimbulkan ketombe.

Tea Tree Oil

  • Kandungan anti-nakteri yang terdapat pada tea tree oil mampu mencegah timbulnya ketombe. Sehingga kulit kepala akan tetap sehat dan bersih.

Minyak Kelapa

  • Mengoleskan minyak kelapa pada kulit kelapa dengan teratur bisa menghilangkan ketombe. Sebab, mengandung zat anti-bakteri yang mampu dalam merawat kesehatan rambut. Terutama penyebab ketombe, sehingga kulit kepala akan terasa lebih segar. Selan itu, rambut juga akan tumbuh lebih lebat dan tebal.

Cuka Apel

  • Tingkat keasaman dari cuka apel mampu mengatasi ketombe. Sebab mampu mengubah pH kulit kepala, sehingga scalp akan lebih segar dan bersih karena tidak ada ketombe yang menempel dikulit kepala. Apple cider vinegar juga selalu digunakan untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut.

Garam

  • Untuk mengatasi ketombe, cukup dengan menggosokan garam dengan lembut pada scalp. Teksturnya yang sedikit kasar mampu meluruhkan serpihan ketombe. Tidak hanya itu, terdapat zat anti-bakteri pada garam yang mampu merawat kebersihan kulit kepala. Serta dapat dijadikan solusi terbaik sebagai obat herbal ketombe.

Lidah Buaya

  • Lidah buaya dapat dijadikan sebagai obat herbal ketombe, sebab mengandung pectin dan polysaccharides yang mampu menstimulasi perkembangan sel kulit baru yang lebih sehat. Tidak hanya itu, gel nya yang dingin juga mampu melembabkan kulit kepala sehingga tidak terdapat lagi masalah ketombe pada kulit kepala.

Bawang Putih

  • Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat herbal ketombe, sebab memiliki kandungan anti-bakteri yang mampu mengatasi masalah ketombe. Sehingga kulit kepala menjadi lebih sehat dan terawat kebersihannya.

Kulit Jeruk

  • Kulit jeruk ini dapat dijadikan sebagai obat herbal ketombe, sebab mampu mengatasi masalah ketombe dengan alami. Sebab terdapat zat anti-peradangan yang mampu dalam menangani kulit kepala kering. Maka bisa menghilangkan masalah ketombe yang ditimbulkan oleh kotoran atau debu.

Demikian informasi dari kami seputar kesehatan terutama tentang obat herbal ketombe. Segera bagikan kepada sesama, sosial media, atau kerabat terdekat agar mereka dapat memahami tentang pengobatan, gejala dan penyebabnya serta bagi yang mengalami semoga segera diberikan kesembuhan amin. Semoga bermanfaat & Terima kasih.

Tags: